27.2 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

SELUK BELUK DUNIA ASURANSI KESEHATAN (2)

duniafintech.com – Setiap pekerjaan tentu memiliki risiko. Tapi risiko itu bisa diminimalisir. Bagaimana caranya? Biasanya perusahaan memberikan jaminan asuransi atau proteksi, sehingga karyawannya dapat nyaman bekerja.

Selain jaminan hari tua, asuransi kesehatan menjadi hal yang diincar oleh calon karyawan. Pasalnya, setiap karyawan dapat memanfaatkan fasilitas dari jaminan kesehatan itu dan tak perlu risau akan biaya yang muncul saat berobat.

Dari situ dapat dipahami bahwa asuransi kesehatan [baca juga : SELUK BELUK DUNIA ASURANSI KESEHATAN (1)] memiliki manfaat besar bagi penggunanya. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini :

– Tabungan kesehatan

Asuransi kesehatan dapat dijadikan sebagai tabungan kesehatan yang dapat digunakan saat kondisi tubuh tak lagi bugar. Pemeriksaan kesehatan tentunya jadi mudah untuk dilakukan, tanpa perlu merasa khawatir besarnya biaya yang akan dikeluarkan karena asuransi kesehatan yang membayarnya. Hal itu bisa pula mengurangi kondisi cemas keluarga pengguna asuransi tersebut.

– Rawat jalan

Pengguna bisa memanfaatkan fasilitas rawat jalan ini, dan bisa memilih ingin dokter umum maupun dokter spesialis sehingga upaya kesehatan dapat ditangani dengan cepat. Namun jangan lupa, pada tiap tahunnya untuk fasilitas ini terdapat limit manfaat kesehatan.

– Rawat inap

Ketika rawat jalan belum bisa memberikan solusi kesehatan yang membaik untuk pengguna, maka tak perlu risau, fasilitas rawat inap bisa pengguna manfaatkan. Biaya-biaya seperti uji laboratorium ditanggung oleh asuransi kesehatan.

– Rawat gigi

Fasilitas rawat gigi dapat pengguna manfaatkan misalnya untuk perawatan gigi dasar, pencegahan dari kerusakan gigi, dan sebagainya.

– Disiplin keuangan

Dengan adanya kewajiban membayar premi asuransi, tentunya akan menjadikan pengguna disiplin dalam finansial. Hal tersebut otomatis membuat pengguna dapat mengelola perencanaan keuangan.

Dari uraian di atas, manfaat asuransi kesehatan dapat memengaruhi perilaku pengguna, yaitu mengenai perencanaan keuangan. Pengguna dapat menyusun atau mengatur biaya pengeluaran pada setiap bulannya. Jangan lupa dengan ketentuan dari perjanjian yang telah disetujui. Pastikan bahwa Anda sebagai pengguna telah memahami polis asuransi kesehatan dengan baik.

Written by : Fenni Wardhiati

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE