33.6 C
Jakarta
Minggu, 3 Juli, 2022

SETAHUN – TRANSAKSI BITCOIN INDONESIA NAIK 10 KALI LIPAT

duniafintech.com – Direktur Utama Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan transaksi bitcoin meningkat 10 kali lipat dalam setahun terakhir. Saat ini, transaksi uang virtual Bitcoin itu sudah mencapai US$ 50 ribu atau Rp 587 juta per hari.

Pada Desember 2013 transaksi Bitcoin di Indonesia baru mencapai 5 bitcoin per hari dengan nilai transaksi sekitar Rp 40 juta,” katanya di Jakarta, Selasa (9/9).

Oscar berharap Bank Indonesia segera memberikan kejelasan terkait posisi Bitcoin sebagai nilai tukar atau sebatas teknologi. “Kami belum tahu BI ingin mengutarakan Bitcoin seperti apa,” katanya.

Menurut dia, status Bitcoin di Singapura saat ini berupa komoditas atau barang, sedangkan di california, Bitcoin dianggap sebagai legal tender atau sama dengan uang.

Dia menegaskan akan taat pada hukum yang berlaku di Indonesia. Namun akibat ketidakjelasan status Bitcoin ini, pihaknya merasa sulit dalam membuat perijinan dan pembayaran pajak.

Menurut Oscar, perijinan juga terhambat karena belum mengetahui kemana Bitcoin harus bertanggung jawab, apakah kepada kementerian atau lembaga. Jika Bitcoin bisa disetara dengan emas, Oscar siap untuk mengurus izin ke Bapepam. “Kalau dinyatakan ini teknologi IT, ya bisa diurus ke kementrian. Kalau ini mata uang, ya jelas kita perusahaan keuangan,” ujar dia.

Oscar mengatakan transaksi Bitcoin di Indonesia mencapai 0,05 persen dari volume transaksi di seluruh Indonesia. Jumlah itu masih jauh di bawah transaksi di beberapa negara seperti Cina yang mencapai US$ 16 juta per hari dan Rusia yang mencapai US$ 1 juta tiap harinya.

Sebelumnya Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan Bitcoin. Menurut dia barang itu bukan alat transaksi yang sah, sehingga tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran. “Risiko untuk membeli dan menyimpan mata uang ini sangat tinggi karena nilainya naik-turun dengan cepat,” kata dia.

Bitcoin adalah mata uang virtual (cryptocurrency) yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Mata uang ini diperdagangkan dengan acuan (benchmark) dolar Amerika. Awalnya, Bitcoin dipergunakan sebagai media transaksi oleh pengguna Internet. Lama-kelamaan uang berbentuk rekening online ini diperdagangkan oleh penggunanya. Di Indonesia ATM Bitcoin pertama disediakan di Legian Bali menyusul besarnya minat turis asing bertransaksi melalui uang virtual itu.

Penggunaan Bitcoin di Indonesia mulai mulai marak dua tahun terakhir. Melalui situs resmi Bitcoin.co.id, perubahan harga terlihat cukup cepat dalam interval tiga jam. Hari ini, harga satu Bitcoin sebesar Rp 5.77 juta.

Source : CNN Indonesia

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Facebook Segera Luncurkan NFT, Ini Mata Uang Crypto yang Dipakai

JAKARTA, duniafintech.com - Meta Platforms Inc sudah mulai meluncurkan rencana untuk memasuki pasar NFT (non-fungible token) pada platform Facebook. Sebelumnya, perusahaan Meta telah mulai menguji...

Cari Tabungan Qurban? Ini Beberapa Pilihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Produk tabungan qurban adalah hal penting yang harus kamu miliki sekiranya kamu hendak ikut berkurban suatu waktu nanti. Seperti diketahui, perintah berkurban...

Daftar Aplikasi Penghasil Uang 2022 Terbaru, Patut Dicoba!

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi penghasil uang yang ada saat ini bisa kamu manfaatkan sebagai sarana penghasil uang tambahan. Aplikasi yang bisa diinstal di HP ini...

Cara Bayar Tagihan Kartu Kredivo di ATM, Gampang Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan cara bayar tagihan kartu Kredivo di ATM penting diketahui oleh para pengguna Kredivo. Dalam hal ini, para pengguna Kredivo diketahui sudah...

Trader Sukses di Dunia, Patut Jadi Panutan Nih!

JAKARTA, duniafintech.com - Trader sukses di dunia siapa saja yang Anda ketahui? Nama-nama investor kelas dunia, seperti Warren Buffett, Carl Icahn, hingga Carlos Slim,...
LANGUAGE