33.8 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Shopee Putuskan Tutup di India, Sebelumnya Angkat Kaki dari Prancis

JAKARTA, duniafintech.com – Shopee putuskan tutup dari pasar India. Raksasa e-commerce ini hanya enam bulan hadir di negara berjuluk Anak Benua tersebut, dan akhirnya memutuskan untuk berhenti beroperasi alias angkat kaki dari Negeri Bollywood.

Adapun terhitung sejak akhir Maret 2022, Shopee yang mulai beroperasi di India pada Oktober 2021 itu bakal hengkang secara penuh. Juru bicara Shopee menyatakan, keputusan itu diambil atas dasar “ketidakpastian” yang melanda pasar global.

Namun, tidak diterangkan maksud dari ketidakpastian ini. Meski demikian, yang jelas, Shopee sendiri akan membantu para penjual yang sudah bergabung dengan platform mereka untuk proses penutupan bisnis yang lancar.

“Selama masa transisi ini, kami akan fokus untuk mendukung komunitas penjual dan pembeli lokal kami, begitu juga tim lokal kami, untuk membuat prosesnya semulus mungkin,” ucap seorang juru bicara Shopee, dikutip dari TechCrunch via Kompas.com.

Menurut pihak Shopee, perusahaan bakal terus memfokuskan upaya untuk memberikan dampak positif terhadap komunitas global dan memperbaiki kehidupan pengguna yang kurang terlayani melalui teknologi.

Shopee sendiri berencana untuk menutup layanannya di India dan memproses seluruh pesanan yang masuk sebelum Selasa (29/3/2022) dini hari waktu setempat. Kemudian, mereka akan membuka layanan purna jual (after sales) dan keluhan pelanggan—hingga beberapa waktu ke depan.

Sebagai informasi, peluncuran Shopee di India memang terlihat kurang mendapat sambutan yang baik. Hal itu terjadi usai salah satu perkumpulan pedagang di situ, yakni CAIT, sempat mengkritik Shopee dan protes kepada pemerintah, di antaranya kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi.

CAIT sendiri mempermasalahkan kehadiran Shopee yang tergolong sebagai perusahaan asing, yang dinilai bakall ikut mengancam para pedagang lokal dan ekosistem pasar atau e-commerce yang telah berjalan di sana, misalnya saja Meesho atau Flipkart.

Shopee putuskan tutup juga di Prancis

Sebelum angkat kaki dari India, Shopee pun diketahui telah lebih dulu hengkang dari pasar Perancis. Adapun Shopee secara resmi menghentikan seluruh operasional situs web miliknya di Perancis sejak tanggal 6 Maret 2022 lalu.

Melalui sebuah notifikasi di situs Shopee Perancis, mereka berjanji bakal menyelesaikan seluruh pesanan yang masuk ke Shopee Perancis hingga tanggal 6 Maret. Usai tanggal 6 Maret itu, operasional dan layanan purna-jual Shopee Perancis ini bakal dihentikan seluruhnya.

Kendati berhenti beroperasi, situs web Shopee Perancis sendiri masih dapat diakses oleh pengguna. Pada halaman muka, tampak hanya ada notifikasi bahwa operasional Shopee Perancis dihentikan per 6 Maret.

Akan tetapi, marketplace yang bermarkas di Singapura itu tidak memberikan penjelasan lebih jauh terkait alasan di balik keputusannya untuk tutup di Perancis.

 

Penulis: Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU