34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Shopee tidak Bisa Cicilan Pakai Akulaku? Begini Mengatasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Shopee tidak bisa cicilan pakai Akulaku? Jangan khawatir! Kamu akan  segera tahu cara mengatasinya dalam ulasan berikut ini.

Seperti diketahui bersama, Shopee memang menjadi salah satu merchant belanja online paling favorit di Indonesia dan beberapa negara lain, mulai dari Vietnam, Malaysia, hingga China.

Hal ini terjadi karena Shopee memang sering kali menjual barang dengan harga murah. Bukan itu saja, Shopee pun sudah mendukung fitur pembayaran menggunakan Akulaku, yang membuat pelanggan bisa membeli barang dengan sistem cicilan.

Baca jugaCara Transfer DANA ke ShopeePay: Langsung & via Aplikasi Neu

Uniknya, metode ini pun terkadang tidak meminta DP alias pembayaran awal sehingga pelanggan bisa langsung checkout barang di Shopee. Akan tetapi, belakangan ini kabarnya ada beberapa pelanggan Shopee yang tidak bisa beli barang pakai Akulaku.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara mengatasi hal ini sekaligus mencari penyebabnya, simak yuk ulasannya berikut ini.

Shopee tidak Bisa Cicilan Pakai Akulaku

Shopee tidak Bisa Cicilan Pakai Akulaku

Kehadiran fitur bayar Shopee pakai Akulaku memang menjadi kemudahan tersendiri bagi pelanggan Shopee. Akan tetapi, cara ini tentunya berlaku kalau kamu telah melakukan registrasi dan memperoleh limit Akulaku.

Nah, saat fitur pembayaran Akulaku tidak muncul di Shopee, itu artinya kamu tidak bisa beli barang di Shopee pakai Akulaku. Tentu saja, ini akan menjadi masalah tersendiri buat kamu yang demikian bergantung pada limit Akulaku saat berbelanja di Shopee atau merchant lainnya.

Penyebab Cicilan Akulaku Hilang di Shopee

Mengapan Shopee tidak bisa cicilan pakai Akulaku? Ada beberapa kemungkinan yang terjadi, tetapi yang terutama, yakni karena harga barang tidak mencapai batas minimal untuk cicilan.

Baca jugaCara Daftar Shopee Food: Keuntungan dan Syarat Pendaftaran

Sebagai contoh, kamu membeli sebuah barang dengan harga di bawah Rp10 ribu dan secara otomatis semua fitur cicilan di Shopee tidak bisa digunakan. Di samping itu, masalah ini juga bisa terjadi karena beberapa hal sebagai berikut.

1. Masih Menggunakan Aplikasi Versi Lama

Masalah ini bisa terjadi saat aplikasi Shopee atau Akulaku di HP kamu masih versi lama. Hal itu membuat beberapa fitur tidak dapat dinikmati, termasuk cicilan pakai Akulaku.

2. Limit Akulaku tidak Mencukupi

Saat menu Akulaku tidak muncul di pilihan metode pembayaran di Shopee, hal ini pun bisa terjadi lantaran limit atau saldo Akulaku kurang dari harga barang yang dibeli.

Oleh sebab itu, sebaiknya segera cek limit Akulaku terlebih dahulu sebelum transaksi di Shopee pakai Akulaku.

3. Kredit Poin Kurang dari Batas Minimal

Di samping limit yang kurang, kalau kredit poin Akulaku di bawah angka 800, hal ini juga bisa membuat fitur ini menghilang dari Shopee. Sebagai pengingat, kredit poin adalah penilaian Akulaku atas setiap pengguna. Kredit poin yang tinggi menandakan bahwa si pengguna berkualitas, demikian sebaliknya.

4. Terlalu Sering Telat Bayar Cicilan Akulaku

Terakhir, karena terlalu sering melakukan pembayaran melebihi batas waktu yang ditentukan. Hal ini pun dapat menurunkan kredit poin sehingga fitur cicilan Akulaku tidak tersedia di Shopee.

Cara Mengatasi Shopee tidak Bisa Cicilan Pakai Akulaku

Sudah tahu kan ya apa saja penyebab Shopee tidak bisa cicilan pakai Akulaku? Nah, berikut ini cara mengatasi hal tersebut yang perlu kamu coba.

1. Melakukan Upgrade Aplikasi sebagai Cara Mengatasi Shopee tidak Bisa Cicilan Pakai Akulaku

Pertama, silakan kamu melakukan upgrade aplikasi Akulaku sesuai prosedur. Selain itu, jika kamu perlu update Shopee maka silakan lakukan pembaruan lewat Google Play Store maupun App Store. Kemudian, login menggunakan akun yang dimiliki.

2. Melakukan Transaksi secara Cash di Akulaku

Kedua, agar fitur cicilan Akulaku di Shopee ini kembali muncul, silakan lakukan transaksi apa saj, kecuali pembelian produk digital, di Akulaku secara cash.

Cara berikut ini cukup efektif untuk meningkatkan kredit poin sekaligus mengembalikan metode pembayaran pakai Akulaku di Shopee.

3. Memperbaiki Riwayat Pembayaran

Terakhir, kamu juga harus berusaha untuk selalu membayar tagihan Akulaku tepat waktu. Dengan cara tersebut, jumlah kredit poin akan meningkat dan sekaligus mengembalikan limit kredit Akulaku sehingga dapat digunakan kembali di Shopee untuk membeli barang impian.

Sekian ulasan tentang Shopee tidak bisa cicilan pakai Akulaku yang perlu kamu ketahui. Semoga berhasil ya!

Baca jugaCara Bayar Shopee lewat ATM Mandiri hingga Internet Banking

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...

Kinerja Positif Kementerian BUMN Tercapai di Tahun 2021

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan pencapaian kinerja berada dalam posisi positif ditengah situasi pandemi global di tahun 2021. Hal...

UU Perlindungan Data Pribadi Lahir, Hacker Bjorka Lenyap?

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) telah resmi disetujui oleh DPR dan Presiden pada 20 September lalu. Peraturan ini dipandang...
LANGUAGE