26 C
Jakarta
Kamis, 8 Desember, 2022

Sisi Lain KTT G20: Menlu Rusia Masuk RS hingga Joe Bidang Bertemu Xi Jinping

JAKARTA, duniafintech.com – Sisi lain KTT G20 adalah hal menarik yang terjadi di balik suksesnya helat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tersebut.

Inilah deretan sisi lain selama forum internasional itu berlangsung, seperti dinukil dari CNBC Indonesia, Jumat (18/11/2022).

Baca juga: KTT G20 Digelar di Bali, Inilah Manfaatnya bagi Indonesia

Sisi Lain KTT G20: Menlu Rusia Masuk RS

Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia, diketahui masuk rumah sakit tidak lama setelah dirinya tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20. Melangsir Associated Press (AP), Lavrov sempat dilaporkan sakit dan dirawat lantaran masalah jantung. Akan tetapi, tidak lama kemudian, Rusia membantah laporan itu.

Menurut Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, laporan itu adalah sebuah kebohongan. Ia pun mengunggah video Lavrov yang tengah duduk di luar di teras, mengenakan celana pendek serta kaus dan membaca dokumen.

“Ini, tentu saja, adalah puncak pemalsuan,” tuturnya, dikutip Reuters.

Di samping itu, Zakharova juga mengunggah video Lavrov yang berusia 72 tahun tersebut sedang duduk di luar di teras, mengenakan celana pendek serta kaus dan membaca dokumen.

“Kami di sini bersama Sergei Viktorovich (Lavrov) di Indonesia, membaca berita dan kami tidak dapat mempercayai mata kami. Ini adalah jenis permainan yang bukan hal baru dalam politik. Wartawan Barat harus lebih jujur, mereka harus menulis kebenaran,” sebutnya.

Hal itu pun terbukti dengan kehadiran Lavrov dalam keadaan sehat ketika pembukaan acara puncak KTT G20 Bali, Selasa (15/11/2022).

sisi lain ktt g20

Sisi Lain KTT G20: Joe Biden Bertemu Xi Jinping

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, bertemu Presiden China, Xi Jinping, di tengah ketegangan geopolitik dunia. Pertemuan itu terjadi di sela-sela agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Bali, selama 3,5 jam pada Senin (14/11/2022).

Pertemuan itu diawali dengan salaman oleh kedua pimpinan negara. Tidak ada terlihat raut ketegangan atau marah dari wajah Biden dan juga Xi Jinping. Keduanya bahkan melempar senyuman ketika kamera media memotret pertemuan mereka.

Biden pun mengaku sangat senang dengan pertemuan tersebut. Kata dia, pertemuan ini ditujukan untuk menghindari konflik antara AS dan China.

“Kami akan berkompetisi dengan semangat, tetapi saya tidak mencari konflik,” ucapnya di sesi konferensi pers.

Di lain sisi, Xi Jinping menginginkan agar ada keterbukaan masing-masing negara sehingga bisa membahas isu-isu strategis ke depan.

“Dunia mengharapkan China dan Amerika Serikat akan menangani hubungan dengan baik,” tutur Xi, dikutip dari AFP.

Baca juga: KTT G20 Resmi Dibuka, Ini Daftar Pemimpin Dunia yang Hadir

PM Kanada & PM Inggris Curi Perhatian

Sementara itu, sorotan juga mengarah kepada Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak saat mereka menghadiri undangan makan malam KTT G20, Selasa (15/11/2022).

Adapun Trudeau datang dengan menggunakan batik berwarna fuschia dan dirinya terlihat berjalan dengan percaya diri di karpet merah. Ia membiarkan dua kancing kemeja batiknya terbuka. Trudeau lantas langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Widodo.

Di lain sisi, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga pun ikut tampil memukau, dengan kehadirannya yang mengenakan batik berwarna merah magenta. Ia kemudian berfoto bersama Presiden Joko Widodo dan ibu negara disambut seruan heboh awak media.

Akrabnya Iriana Jokowi & Ibu Negara Korsel

Sisi lain KTT G20 lainnya datang dari Ibu Negara Republik Korea, Kim Keon-hee, yang tiba di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, Senin (14/11/2022) sekitar pukul 16.30 WITA. Kedatangannya langsung disambut oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) di lobi kedatangan dan langsung menuju pendopo hotel untuk melakukan sesi foto bersama.

Keduanya pun tampak akrab dan menunjukkan kehangatan sebagai dua orang yang memiliki hubungan dekat. Usai berfoto bersama, Iriana mengajak Kim untuk melihat sejumlah penampilan budaya Indonesia di antaranya Gamelan Bali dan Tarian Penyambutan Panyembrama.

Bukan itu saja, Iriana pun mengajak Kim berkeliling melihat sejumlah kain tenun Endek Bali dan juga kerajinan silver Bali yang ditampilkan di sebuah gebyok.

Suasana pun kian hangat saat Iriana menjamu Kim dengan minum teh bersama di Ruang Kashi. Mereka berbincang layaknya dua teman lama sambil menikmati jamuan minum teh ditemani alunan musik biola dan juga sasando yang membawakan sejumlah lagu-lagu Indonesia.

Sekian ulasan tentang sisi lain KTT G20 yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Menteri Erick Pastikan Partisipasi BUMN Sukseskan KTT G20

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE