25.2 C
Jakarta
Jumat, 14 Agustus, 2020

Sosmed di Hack! Ini yang Harus Anda Lakukan

duniafintech.com – Saat ini manusia tidak lepas dari penggunaan Social Media atau biasa disingkat sosmed, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat dan masih banyak lagi.

Setiap kita membuat akun sosmed, pasti kita diharuskan mengisi data seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat email, password, hingga pertanyaan rahasia in case Anda lupa password. Namun sayangnya, seringkali data pribadi kita tersebut disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

Baca juga

Salah satu contohnya adalah kejadian data pengguna akun facebook di Indonesia bocor oleh Cambridge Analytica beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut sempat membuat resah para pengguna facebook. Kalau Anda pernah mengalami kejadian akun sosmed Anda di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, coba cara berikut ini :

  1. Jangan Gunakan Akun Sosial Untuk Data Keuangan

Ini hal paling penting, jangan pernah gunakan email yang sama antara data keuangan Anda seperti email kartu kredit, dengan akun social media Anda. Hal ini dapat memudahkan seorang hacker mendapatkan info lebih tentang data keuangan Anda. Fatalnya, bisa jadi tagihan kartu kredit Anda membludak tanpa sepengetahuan Anda.

2. Hindari Password yang Sama

Biasanya, agar tidak lupa sebagian orang membuat password yang sama pada akun social media mereka. Hal ini sangat tidak disarankan karena akan sangat memudahkan hacker meretas akun social Anda. Sebaiknya, gunakan password yang berbeda-beda pada setiap akun social yang Anda punya. Apabila Anda mudah lupa, sebaiknya dicatat dan disimpan dengan baik agar tidak hilang.

3. Gunakan Kombinasi Password

Ini hal yang terkadang menjadi rumit. Biasakan mulai dari sekarang untuk menggunakan password dengan kombinasi yang rumit. Gabungkan antara huruf kapital, huruf kecil, angka hingga simbol-simbol untuk menyulitkan seorang hacker meretas akun Anda. Biasanya saat membuat password akun, terdapat parameter yang menilai apakah password Anda cukup mudah ditebak atau sangat sulit ditebak.

4. Jangan Berikan Password Ke Siapapun

Percaya kepada seseorang memang hal yang biasa. Namun, sebisa mungkin untuk tidak membagi atau memberitaukan kepada siapapun mengenai password Anda. Pertama karena akun social media Anda adalah privacy Anda. Kedua, akan sangat berbahaya apabila orang yang kita percaya tiba-tiba menggunakan akun kita untuk hal yang tidak bertanggung jawab.

5. Laporkan Apabila di Hack

Apabila social media Anda saat ini sudah di hack oleh seseorang, segera laporkan. Sosial media seperti instagram memiliki fitur help.instagram.com. Didalamnya, Anda bisa memilih Pusat Privasi dan Keamanan. Jika akun Anda di hack, Anda bisa pilih Melaporkan Sesuatu. Didalamnya akan ada pilihan masalah akun Anda seperti Akun yang Dibajak. Ikuti alur yang diberikan oleh instagram. Nantinya, bila laporan Anda sudah diterima oleh Instagram, akan ada email masuk untuk Anda yang meminta Anda berfoto dengan sign kata-kata atau huruf yang sudah ditentukan oleh instagram. Selesai, Anda tinggal menunggu hingga akun Anda kembali. Akun yang di hack akan terhapus oleh instagram. Biasanya Anda harus mengirimkan email lagi untuk mengaktifkan kembali akun tersebut. Jangan lupa untuk rajin memeriksa email masuk dari Instagram.

Written by : Arina Calista Putri

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

4 Kebijakan Pinjaman Karyawan Jika Hendak Ajukan Kredit di P2P Lending? Simak Disini

DuniaFintech.com - Meningkatnya kebutuhan sehari-hari ini tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan bulanan alias gaji di kantor. Maka dari itu, mau tak mau...

IBM Rencana Kenalkan Manfaat DeFi Kepada Bank

DuniaFintech.com - Salah satu korporasi teknologi dan piranti lunak terbesar di dunia, International Business Machines (IBM) berencana untuk mengenalkan sistem desentralisasi keuangan,...

Ini Dia Industri yang Berpotensi Tumbuh Lewat Digitalisasi

DuniaFintech.com - Hantaman pandemi COVID-19 membuat setiap pelaku industri harus melakukan perubahan dalam mengelolanya. Terbatasnya aktivitas di masa pandemi, mau tidak mau...

Fintech Ilegal 2020, Berikut Daftar Perusahaannya

DuniaFintech.com - Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan kembali fintech ilegal dari segmen peer to peer (P2P) lending sebanyak 105...

Peluang Usaha dengan Bisnis Untung 200 Ribu per Hari, Ini Pilihannya

DuniaFintech.com - bisnis untung 200 ribu per hari kini bisa didapatkan dengan mudah. Kebanyakan orang saat akan memulai bisnis langsung memiliki keinginan...
LANGUAGE