31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Menggali Startup Fintech Insurance Indonesia

duniafintech.com – Asuransi sebagai produk pilihan guna melindungi atau menjamin konsumen dari berbagai hal misalnya mengobati penyakit, keterlambatan waktu terbang, jaminan hari tua, kerusakan mobil, dll. Lantas bagaimana pertumbuhan startup fintech insurance Indonesia?

Terkait asuransi, banyak pelanggan tentunya ingin proses klaim berjalan dengan lancar, mudah, dan cepat. Oleh karenanya, banyak  bermunculannya startup fintech insurance Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Dimana menawarkan produk asuransi dengan cara mudah yaitu melalui online.

Hal itu tentunya membakar semangat masyarakat Indonesia untuk mau berasuransi. Sebagaimana yang dikutip dari laman Kompas.com, Cigna baru saja merilis hasil survei tahunan Cigna 360 Well-being yang mengukur persepsi masyarakat mengenai kesehatan dan kesejahteraan dengan fokus pada dampak teknologi digital terhadap layanan kesehatan. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa di Indonesia penggunaan aplikasi mobile terkait kesehatan semakin meningkat, dan lebih dari setengah responden mengizinkan data kesehatan mereka diakses oleh pihak ketiga, lebih tinggi dari 45 persen rata-rata global.

Oleh karena itu, kesempatan startup khususnya di bidang asuransi bisa meraih tempat yang luas di hati pengguna dengan ragam fitur dan kemudahan yang ditawarkan. Startup apa saja yang berkaitan dengan produk asuransi? duniafintech.com merangkumnya sebagai berikut:

  • Startup pembanding hanya produk asuransi yaitu: RajaPremi, CekPremi, PremiKita, Premiro, Futuready, Asura, PasarPolis, dan Asuransi88.
  • Startup asuransi yang membuat produknya sendiri, yaitu Jagadiri.
  • Startup pembanding produk asuransi bersama dengan produk keuangan lainnya yaitu: KreditGoGo, duitpintar.com, cermati.com, CekAja, dan AturDuit.

Layanan berbasis teknologi yang mudah untuk diakses secara online, sangat menjembatani antara konsumen dengan perusahaan asuransi. Cukup dengan smartphone, konsumen dapat memanfaatkan produk asuransi dengan segala fitur yang disediakan. Begitupula halnya dengan perusahaan asuransi yang akan dengan cepat membantu konsumen menangani klaim yang diajukan.

Dilansir dari Kompas.com, dituliskan bahwa adopsi teknologi yang cepat membuka kesempatan dunia usaha Indonesia, termasuk industri asuransi untuk semakin relevan dengan kebutuhan pelanggan. Munculnya teknologi finansial menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi industri ini; mengevolusi produk asuransi konvensional menjadi InsurTech dan mentransformasi penyedia layanan tradisional menjadi HealthTech.

Dengan kehadiran startup yang berkaitan dengan produk asuransi, bisa menambah pilihan bagi konsumen untuk semangat berasuransi. Tidak lagi perlu cemas dengan memburu waktu untuk pengajuan klaim atau proses pendaftaran. Sebab teknologi telah memudahkannya.

-Fenni Wardhiati-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...

Jenis KPR yang ada di Indonesia, Catat Ya!

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis KPR ada apa saja? tentu masih ada yang bertanya-tanya tentang hal tersebut. KPR merupakan pembiayaan yang diberikan bagi seseorang yang...
LANGUAGE