29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Startup Healthtech Bantu Fasilitasi Layanan Kesehatan secara Online

Salah satu manfaat dari perkembangan teknologi adalah munculnya startup kesehatan (healthtech) untuk membantu masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan lewat medium digital. Di Indonesia sendiri, sudah banyak startup healthtech yang menawarkan layanannya.

Tentunya, hal ini sangat bagus terutama di era pandemic saat ini. Dengan hadirnya layanan kesehatan secara digital, artinya masyarakat tidak harus lagi pergi ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau klinik dan mencegah penularan Covid-19.

Nah, apa saja startup health tech yang menyediakan layanan kesehatan secara online ini? Berikut daftarnya.

Daftar Startup Healthtech di Indonesia

1. Halodoc

Halodoc merupakan startup yang berdiri pada tahun 2016 dan memiliki aplikasi yang bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan. Platform kesehatan ini memberikan kemudahan kepada para pasien yang ingin berkonsultasi secara online, melakukan pemeriksaan lab secara on demand, serta melakukan pembelian dan pengantaran obat melalui smartphone saja.

Hingga kini, Halodoc juga telah menjalin kerja sama ke berbagai pihak di Indonesia untuk melancarkan dan meluaskan jangkauan pelayanannya. Sehingga bisa diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat Indonesia, dan memberikan manfaat secara merata.

2.Klikdokter

Klikdokter merupakan startup health tech yang punya fokus menjadi portal edukasi dan informasi seputar isu-isu kesehatan saat ini. Platform ini dipegang oleh para dokter dan tenaga medis yang punya kompetensi dalam menyediakan layanan kesehatan seperti daftar rumah sakit yang tersedia, obat-obatan, apotek, serta direktori daftar dokter secara online.

3.Alodokter

Alodokter merupakan platform kesehatan digital yang resmi meluncur pada 2014 lalu, dan hingga kini, telah digunakan oleh 18 juta pengguna yang aktif melakukan konsultasi seputar kesehatan. Kehadiran platform ini tentunya akan memberikan solusi nyata kepada masyarakat terkait kesehatan, apalagi platform ini juga terintegrasi secara lengkap demi memberikan fasilitas dan pelayanan kesehatan ke seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Sebagai catatan, semua rekan dokter yang terdaftar di Alodokter telah tersertifikasi Surat Tanda Registrasi (STR) yang telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

 4.Konsula

Konsula, startup health tech yang didirikan oleh Shinta Nurfauzia, Johannes Ardiant, dan Ronald Wijaya ini punya tujuan untuk menjadi wadah bertemunya pasien dengan dokter yang kompeten.

Platform yang menjadi marketplace antara pasien dan dokter ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk melakukan konsultasi seputar kesehatan. Pasien dapat mencari dokter yang sesuai dengan masalah kesehatannya, dan melakukan konsultasi terkait permasalahan tersebut.

5. Dokter.id

Startup Dokter.id yang didirikan oleh Grace Tahir ini memiliki fitur layanan yang bisa diakses masyarakat umum, salah satunya adalah forum diskusi online Tanya Dokter. Di forum tersebut, masyarakat dapat bertanya seputar kesehatan kepada dokter secara online dan melakukan diskusi-diskusi seputar permasalahan kesehatan.

Selain itu, platform health tech ini juga memiliki fitur ulasan tentang rumah sakit yang bisa dijadikan parameter untuk masyarakat yang membutuhkan layanan rumah sakit yang tepat. Dalam fitur tersebut, masyarakat bisa berbagi informasi terhadap rumah sakit, fasilitas, dan layanan kesehatan yang tersedia.

6. Good Doctor 

Platform selanjutnya adalah Good Doctor, yang memiliki visi menyediakan satu dokter untuk satu keluarga di Indonesia. Platform ini bekerja sama dengan Grab dalam menyediakan akses ke dokter dan spesialis kepada seluruh keluarga yang membutuhkan layanan kesehatan instan.

Kamu dapat mengakses layanan konsultasi bersama dokter secara daring selama 24 jam penuh, selain itu juga bisa membeli produk kesehatan di 300 lebih jaringan apotek yang berada di Indonesia dan terdaftar di platform ini. Selain itu, kamu juga bisa mendapat informasi terkait kesehatan di sini.

Tentunya, dengan kehadiran Good Doctor ini, diharapkan bahwa selain mengobati, layanan yang disediakan oleh platform ini juga dapat mencegah segala potensi penyakit yang bisa saja terjadi pada setiap keluarga atau individu di Indonesia. Dengan begitu, kehidupan di Indonesia pun bisa semakin sehat.

7. MoCehat

Platform MoCehat yang didirikan oleh Combiphar pada Oktober 2018 ini bisa dimanfaatkan untuk konsultasi seputar kesehatan, membeli produk kesehatan secara daring, serta menyediakan fitur teknologi penghitung langkah demi kehidupan yang lebih sehat dan produktif.

Dengan platform ini, kamu bisa mengandalkan layanannya untuk berkonsultasi, membeli obat, menebus resep secara digital.

Nah, itulah 7 perusahaan startup di Indonesia yang bergerak di bidang health tech. Kamu bisa mengaksesnya melalui smartphone untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal terkait kesehatan. Selain 7 perusahaan di atas, masih ada startup healthtech lainnya yang bisa kamu temukan yang mungkin akan kami bahas di sesi berikutnya.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU