26.7 C
Jakarta
Kamis, 29 September, 2022

Startup Ini Berhasil Lipatgandakan Hasil ICO dengan DAI Loans

duniafintech.com – Dibanding tahun 2017 lalu, ICO tahun-tahun setelahnya memang cenderung sepi. Tapi bukan berarti keuntungan yang didapatkan dari ICO ini ikut sepi juga. Monolith, sebuah startup yang mengadakan ICO di tahun 2017 lalu berhasil melipatgandakan nilai aset $16,9 juta yang mereka miliki menjadi $25 juta dengan memanfaatkan bullish tahun di tahun tersebut lalu mengambil pinjaman DAI. DAI sendiri merupakan strategi yang semakin populer digunakan oleh perusahaan yang menggunakan jaringan Blockchain milik Ethereum.

CEO Monolith Mel Gelderman mengatakan kepada CoinDesk bahwa dia ingin mempromosikan “gaya hidup Ethereum” dimulai dengan caranya menjalankan token startup yang berbasis di London.

Dari sudut pandangnya, gaya hidup itu adalah tentang mencari solusi keuangan di luar bank tradisional.

Baca juga: Bank Dunia Berhasil Kumpulkan $33 Juta Lebih dari Penjualan Obligasi Blockchain

Karena Monolith didanai oleh penawaran koin awal (ICO) dari token TKN yang mengumpulkan $ 16,9 juta dari investor ritel pada Mei 2017, Gelderman mengatakan timnya mengubah dana ICO menjadi aset senilai sekitar $ 25 juta melalui penjualan yang tepat waktu dan posisi utang yang dijaminkan (CDP), menggunakan Ethereum sebagai jaminan untuk mengambil pinjaman dalam token DAI yang dipatok dolar.

“Kami sudah mulai menggunakan platform MakerDAO untuk melakukan lindung nilai alih-alih menjual Ether kami,” kata Gelderman. “Kami mengerahkan ekonomi itu sendiri untuk mencapai tujuan kami.”

Sementara banyak startup yang didanai ICO kehabisan tenaga pada tahun 2018 ketika harga Ethereum jatuh, strategi yang dilakukan oleh Monolith memberikan ide yang cukup brilian untuk banyak perusahaan rintisan lain.

Aset saat ini dari startup meliputi 80.000 Ethereum (sekitar $ 14,6 juta) dan $ 10 juta dari kedua 16 juta TKN dan sekitar $ 3 juta dalam kepemilikan fiat. Akhir-akhir ini, Monolith berhenti menjual dan mulai menjaminkan Ethereum untuk pinjaman DAI. Dan Gelderman bukanlah satu-satunya pengusaha yang mengambil jalan ini.

Baca juga: WhatsApp Berencana Luncurkan Pembayaran Digital di Indonesia

Bagian dari Tren Manajemen Keuangan

Perwakilan pengembangan bisnis MakerDAO, Gustav Arentoft mengatakan kepada CoinDesk bahwa dia berbicara dengan lima startup, seperti Axie Infinity dan Balance, yang telah menggunakan pinjaman DAI untuk membantu membayar ruang kantor dan gaji.

Di luar MakerDAO CDP, Arentoft juga dikenal sebagai pengelola startup yang menggunakan pinjaman serupa dari perusahaan pemberi pinjaman seperti Compound, yang bisa mendapatkan bunga 11 persen menurut LoanScan.io. Ini mendukung sistem yang lebih luas, setidaknya untuk saat ini, karena orang lebih memilih untuk membayar kembali uang pinjaman mereka ke DAI ini daripada melikuidasi DAI mendapatkan fiat.

-Dita Safitri-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indodax Trading Fest Oktober 2022 Berhadiah Ratusan Juta, Komitmen Indodax Demi Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com – Indodax, platform kripto terbesar di Indonesia dengan 5,5 juta member terdaftar kembali menggelar Indodax trading fest Oktober 2022 secara rutin.  Pelaksanaan lomba atau...

Sri Mulyani Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa, tertinggi se-Asia Tenggara. Hal itu tercermin sejak...

Erick Keluhkan Generasi Saat Ini Tidak Mau Jadi Petani

JAKARTA, duniafintehch.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai generasi muda saat ini enggan menjadi Petani lantaran tidak memiliki jaminan masa...

Pertamina Bantah Tudingan Produk Pertalite Bikin Boros

JAKARTA, duniafintech.com - Pertamina buka suara terkait beberapa hari ini viral mengenai keluh kesah konsumen pengendara yang menggunakan Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite. Para...

Cara Cicil iPhone di iBox, Bisa Pakai Shopee Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cicil iPhone di iBox dengan kartu kredit hingga Shopee berikut ini penting banget lho untuk diketahui. Pasalnya, hingga detik ini, iPhone...
LANGUAGE