33.4 C
Jakarta
Sabtu, 11 Juli, 2020

Startup yang Paling Diminati Investor di Tahun 2020, Apakah Termasuk Startup Fintech?

duniafintech.com – Memasuki tahun baru, beberapa modal ventura nampaknya menilai startup yang paling diminati investor di tahun 2020. Modal ventura menilai minat investor terhadap sektor startup di Indonesia tidak akan banyak berubah dibanding tahun lalu.

Setidaknya, teknologi finansial (fintech), pendidikan dan kesehatan masih akan menjadi startup yang paling diminati investor di tahun 2020. William Gozali selaku Vice President Investment BRI Ventures mengatakan, investor masih akan mengincar startup di bidang-bidang yang vertikal bisnisnya sudah matang karena tren industri tidak akan berubah dalam waktu yang sangat singkat.

Menurut William, startup yang paling diminati investor di tahun 2020 adalah startup yang bergerak dalam sektor fintech. Begitu pula yang dikatakan Eddi Danusaputro selaku Chief Excecutive Office Mandiri Capital, Eddi sepakat bahwa fintech masih akan diminati oleh para investor.

Baca juga :

Di sisi lain, Partner Venturra Capital Raditya Pramana menyampaikan, investor akan melihat kemampuan fintech yang akan diiinvestasi dalam mengukur risiko kredit. Bahkan dalam empat tahun terakhir, Raditya mencatat bahwa fintech di bidang pembiayaan (lending) dan pembayaran (wallet) yang paling banyak mendapat pendanaan. Kini, investor berfokus pada penggunaan (usecase) layanan fintech.

Tidak hanya itu, menurut Raditya terdapat banyak sub bidang fintech yang dapat digali oleh pelaku usaha seperti pinjaman untuk pendidikan, asuransi teknologi (insurtech), mata uang virtual (cryptocurrency), dan lainnya. Seperti yang disampaikan oleh Eri Reksoprodjo selaku Managing Partner Kejora Ventures.

Menurut Eri, digital inklusi memberi ruang investasi yang sangat baik. Pertumbuhan kepemilikan rekening perbankan di Indonesia merupakan salah satu yang tercepat di Asia Timur dan Pasifik. Di satu sisi, pengguna ponsel pintar (smartphone) di Tanah Air juga cukup banyak. Hal ini menjadi peluang bagi pelaku fintech.

Selain fintech, startup yang bergerak di bidang pendidikan dan kesehatan juga akan menjadi startup yang paling diminati investor di tahun 2020  karena pemerintah menggelontorkan dana yang cukup besar untuk kedua pos keuangan ini. William menambahkan bahwa  investor masih akan berinvestasi di e-commerce. Namun, yang pendekatannya Direct-to-Consumer (D2C).

Startup penunjang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta Software as a Service (SaaS) juga dinilai akan terus bertumbuh. Begitu juga dengan digital media akan berevolusi menjadi semakin interaktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kabar Baik untuk Milenial, Beli Rumah dengan DP Mulai dari 5% Hingga Cashback

DuniaFintech.com - Bukalapak dan Bank Mandiri secara resmi meluncurkan BukaRumah yang bisa diakses melalui aplikasi Bukalapak. Terobosan digital ini akan membantu milenial yang berpenghasilan rendah untuk beli...

Kunci Sukses Jadi Miliarder di Usia Muda

DuniaFintech.com - Bagaimana kunci sukses jadi miliarder di usia muda? Menjadi miliarder di usia muda pasti menjadi dambaan banyak orang. Tentunya hal...

Terganggu dengan Layanan Pinjaman Online Ilegal? Segera Laporkan!

DuniaFintech.com - Pinjaman online (pinjol) banyak bermunculan di Indonesia, baik untuk pinjaman produktif maupun konsumtif. Tidak mengherankan, kehadiran pinjaman online ini sangat...

Layanan Taksi Daring Tiongkok Siap Terima Mata Uang Digital

DuniaFintech.com - Bank sentral Tiongkok (PBOC) berencana melakukan uji coba mata uang digital sebagai alat transaksi yang sah untuk penggunaan jasa transportasi...

Dari Kecoa Hingga Hectocorn, Inilah Daftar Golongan Startup

DuniaFintech.com - Dengan beragamnya ekosistem usaha rintisan (startup) di Indonesia, membuat publik perlu mengenal lebih lanjut serba-serbi informasi yang ada didalamnya. Istilah...
LANGUAGE