31.9 C
Jakarta
Sabtu, 26 September, 2020

Sukses tapi Sederhana, 5 Tips Kaya Raya ala Mark Zuckerberg ini Bisa Anda Contek

DuniaFintech.com – Sosok ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Tentu semua berpikir, dia bisa membeli apapun dengan kekayaan yang dimilikinya. Namun ternyata pendiri dan CEO Facebook ini tetap menjadi seseorang yang membumi. Dia kedapatan sedang mendatangi toko Costco, yang tengah menggelar diskon. Itulah yang menjadi ciri khas kaya raya ala Mark Zuckerberg, seorang pengusaha sukses namun tetap sederhana.

Dengan harta kekayaan USD 77,6 miliar (Rp 1.086,4 triliun), menurut Forbes, Zukckerberg tentu bisa dibilang tak perlu mencari barang diskon. Apalagi sebelumnya dia diketahui mengeluarkan USD 100 juta (Rp 1,4 triliun) untuk membeli 700 hektar properti di Kauai, Hawaii, pada 2015. Dan di usianya yang ketiga puluh ini, ada beberapa hal yang bisa dicontek agar bisa kaya raya ala Mark Zuckerberg menurut David Kirkpatrick, penulis buku The Facebook Effect: The Inside Story of the Company That is Connecting the World.

Percaya Diri

Nasehat klasik ini memang sangat penting. Keyakinan diri yang sangat besar serta sifat positif membuat Zuckerberg mampu membangun Facebook dari nol. David Kirkpatrick mengatakan “Zuckerberg punya keyakinan luar biasa bahwa dia mampu membuat impiannya jadi kenyataan.”

Kontras dengan citranya yang terlihat arogan di film The Social Network, Zuckerberg yang sesungguhnya tidak demikian. “Dia hanya seseorang yang sangat percaya diri,” ucap Kirkpatrick.

Selesaikan Tugas, Jangan Menunggu Sempurna

Zuckerberg fokus menyelesaikan sesuatu tanpa ditunda atau menunggu sampai sempurna. Jika ada kesalahan, dia berpikir akan selalu bisa memperbaikinya kemudian. Menurutnya, kesalahan adalah hal wajar. Menurut Kirkpatrick, Zuckerberg memiliki sebuah filosofi tentang hal ini. Filosofi itu berbunyi, “Selesai itu lebih baik daripada sempurna.”

Berpegang Teguh pada Visi

“Zuckerberg dulu berada dalam posisi di mana tiap orang di sekitarnya mengatakan dia akan gagal dan apa yang ingin dicapainya terlampau tinggi,” kata Kirkpatrick. Zuckerberg memang punya impian besar suatu saat Facebook akan digandrungi banyak orang.

Dia sangat yakin dengan visi itu sehingga menolak Yahoo yang ingin membeli Facebook tahun 2006 dengan harga USD 1 miliar. Visinya terbukti, sekarang Facebook memiliki lebih dari semiliar pengguna dan membuat Zuck kaya raya.

Hidup Sederhana dan Tidak Berlebihan

Siapa sangka Mark Zuckerberg pernah masih tinggal di rumah sewaan di dekat kantor pusat Facebook. Penampilannya pun biasa-biasa saja. Padahal jumlah kekayaannya mencapai USD 33,1 miliar.

“Dia tidak pernah berlebihan dan pada akhirnya dia bisa saja memberikan semua uangnya,” ucap Kirkpatrick. Ya, Zuckerberg juga dikenal sebagai sosok dermawan. Dia ikut program Giving my Pledge yang menyarankan orang-orang kaya menyumbangkan sebagian besar hartanya.

Ikuti Passion, Bukan Uang

Kala membangun Facebook, uang bukan tujuan utama Zuckerberg. Dia mengikuti passionnya. Dia sangat bahagia mengoprek Facebook dan menciptakan cara baru untuk membantu orang terkoneksi itulah salah satu rahasia kaya raya ala Mark Zuckerberg yang terakhir.

Kesuksesan finansial mungkin akan mengikuti jika seseorang melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan gembira. “Baginya ini bukan tentang uang. Jika Zuckerberg membuat Facebook untuk uang, dia pasti sudah menjualnya beberapa tahun lampau,” ujar Kirkpatrick.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dua Startup Asuransi Digital Ini Peroleh Modal! Tren Insurtech Positif?

DuniaFintech.com - Qoala dan PasarPolis menjadi dua startup layanan asuransi berbasis digital yang mendapatkan suntikan dana di tahun 2020. Qoala mendapatkan pendanaan...

Sulit Menyisihkan Uang? Inilah Cara Menabung Paling Efektif yang Sesuai dengan Kemampuan

Duniafintech.com - Tak hanya berfungsi menghindari utang karena adanya kebutuhan darurat, menabung juga bermanfaat untuk menambah pundi-pundi keuangan di masa depan. Meskipun...

Dukung Kreator Indonesia, Sony Luncurkan Kamera Seri Alpha 7S III dengan Tampilan Klasik

Duniafintech.com - Sony luncurkan kamera seri Alpha 7S III yang menjadi penerus Alpha 7S II. Sony Alpha 7S III akan segera tersedia...

E-Commerce Jadikan Permintaan Asuransi Digital Melonjak

DuniaFintech.com - Penyelenggara niaga berbasis elektronik, e-commerce menghadirkan tren positif terhadap startup asuransi berbasis digital (insurtech). Adalah 2 startup insurtech, Qoala dan...

Pandemi Bikin Wacana Grab dan Gojek Merger Kembali Menyeruak

Duniafintech.com - Kabar Grab dan Gojek merger atau melakukan penggabungan kembali santer terdengar saat pandemi melanda. Dua perusahaan raksasa ride-hailing terbesar di...
LANGUAGE