28.2 C
Jakarta
Rabu, 28 Februari, 2024

Super Apps adalah: Pahami 3 Kelebihan dan Karakteristiknya

Super Apps adalah istilah dalam dunia teknologi yang sering terdengar dalam beberapa tahun terakhir. Istilah ini pun pernah menjadi booming saat pemerintah melalui Kementerian Kominfo mewacanakan untuk mengembangkan Super Apps sebagai alat untuk mengakomodasi kebutuhan operasional pemerintahan maupun peningkatan layanan. 

Menteri Keuangan pun sebelumnya mengeluhkan banyaknya aplikasi yang dikembangkan dan menyedot banyak anggaran. Belum lagi, tiap-tiap daerah mengembangkan aplikasi sejenis dan relatif sama dan ini ditambah tiap-tiap departemen pemerintahan mengembangkan juga aplikasinya sendiri.

Berikut ini ulasan selengkapnya terkait apa itu Super Apps yang penting untuk diketahui.

Pengertian Super Apps adalah

Pada dasarnya, super apps adalah platform yang berisi banyak layanan yang dikemas dengan apik menjadi satu aplikasi saja. Meski istilah ini terasa asing, tetapi sebenarnya ia sudah sering kita gunakan, bahkan mungkin setiap hari. 

Super Apps adalah

Baca juga: Cara Bayar Tiket Kereta Api dengan Aplikasi LinkAja

Super apps adalah aplikasi all in one untuk mengakses banyak layanan sekaligus. Gabungan layanan itu diciptakan demi memenuhi kebutuhan pengguna. Setiap layanan yang tersedia di aplikasi tersebut bisa merupakan garapan dari aplikasi itu sendiri, bisa juga merupakan layanan pihak ketiga. 

Adapun jenis aplikasi gabungan semacam itu menciptakan ekosistem monopoli karena pengguna tidak perlu lagi harus berpindah aplikasi. Dengan adanya aplikasi super seperti ini membuat kamu dan semua pengguna menjadi lebih mudah dalam menemukan layanan yang dibutuhkan. 

Hal itu karena dengan mengandalkan satu aplikasi kamu bisa menghemat memori ponsel karena tidak harus menginstal banyak aplikasi untuk mendapatkan banyak layanan. Tidak hanya itu, aktivitas yang kamu lakukan juga terasa lebih efisien karena dapat melakukan beberapa hal tanpa perlu berpindah-pindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. 

Contoh super apps yang terkenal di Indonesia adalah Grab dan Gojek. Kedua aplikasi ini merupakan perusahaan pemesanan transportasi yang juga memiliki layanan jasa lainnya seperti pengiriman barang, makanan, pengecekan kesehatan, belanja, pembelian pulsa, dan lain sebagainya. 

Untuk pembayaran atas jasa yang diberikan, Gojek memiliki aplikasi dompet digital garapan sendiri yang dikenal dengan nama GoPay, sedangkan Grab bekerja sama dengan aplikasi ketiga yaitu OVO. Contoh lainnya adalah super apps Polri yang menyediakan layanan kepolisian berbasis digital seperti STNK dan SIM online, mengecek data kendaraan yang terdaftar atas nama kamu di Samsat Digital, dan lain sebagainya. 

Kelebihan Super Apps adalah

Sejalan dengan namanya, super apps adalah sebuah aplikasi yang terkesan super karena berisi banyak fitur yang kerap digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi super apps adalah sebagai berikut.

  1. Hemat Memori Ponsel

Dengan menggunakan super apps yang menyediakan banyak layanan membuat kamu bisa lebih menghemat memori ponsel karena tidak perlu download banyak aplikasi. 

  1. Satu Aplikasi Banyak Layanan

Membuka satu aplikasi super sama halnya membuka beberapa aplikasi sekaligus. Sebab, kamu bisa melakukan banyak hal di super apps.

Super Apps adalah

  1. Biaya Pengembangan Layanan Lebih Sedikit

Kelebihan super apps lainnya adalah biaya pengembangan yang harus dikeluarkan lebih rendah. Sebab, sebagian besar aplikasi jenis ini tidak mengembangkan layanan sendiri melainkan bekerja sama dengan aplikasi pihak ketiga. 

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan lewat Aplikasi Signal

Karakteristik Super Apps adalah

Sebagai aplikasi yang menyediakan banyak layanan, super app memiliki karakteristik tersendiri. Melansir dari Tech in Asia, beberapa karakteristik yang ada pada sebuah super apps adalah seperti berikut ini. 

  1. Memiliki Layanan Unggulan

Super apps memang merupakan penggabungan dari beberapa aplikasi. Meskipun demikian, aplikasi ini tetap memiliki satu atau lebih layanan yang diunggulkan. 

  1. Menjadi Tujuan Utama Pengguna

Sebuah aplikasi super yang bagus memiliki karakteristik berupa menjadi tujuan utama penggunanya di smartphone. Apapun yang ingin dilakukan, semua bisa ditemukan di aplikasi super tersebut sehingga cenderung memilih aplikasi ini dibandingkan aplikasi lainnya. 

  1. Memiliki Hubungan Secara Langsung dengan Pengguna

Sebuah super app yang andal harus memiliki hubungan langsung dengan pengguna hanya dengan sekali klik melalui thumbnail-nya.  

Super Apps adalah

  1. Terbuka dengan Perusahaan Lain

Sebuah super apps harus terbuka dan menjalin kerjasama dengan perusahaan lain sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan. 

Demikianlah ulasan terkait super apps adalah sebagai sebuah aplikasi all in one yang memudahkan kita. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca juga: Tips Bayar Tagihan tanpa Biaya Admin dan Aplikasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE