25.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

SWIFT Uji Pembayaran Lintas Negara di Asia Pasifik

Bersama berbagai bank dari Australia, Tiongkok, Singapura, dan Thailand, SWIFT akan menguji pembayaran lintas negara secara real-time menggunakan Platform Pembayaran Baru.

duniafintech.com – Jakarta, Indonesia28 Agustus 2018 /PRNewswire/ — SWIFT memulai uji coba SWIFT gpi baru, yaitu layanan pembayaran lintas negara secara instan di kawasan Asia Pasifik.

Layanan tersebut telah dirancang memiliki fleksibilitas dalam penyesuaian skala dan terintegrasi dengan sistem real-time di kawasan ini melalui anggota gpi di masing-masing sistem. Uji coba awal ini akan difokuskan pada pembayaran yang masuk ke Australia, sementara sistem real-time lainnya akan ditambahkan pada waktu yang sesuai. Dewasa ini, pembayaran masuk ke Australia yang dilakukan pada akhir hari cenderung diselesaikan pada hari berikutnya. Akan tetapi, layanan baru ini justru akan memberikan ketersediaan dana yang hampir instan – termasuk setelah berakhirnya jam kerja umum. Pemrosesan pembayaran domestik akan diaktifkan melalui New Payments Platform (NPP), sistem pembayaran real-time baru Australia, yang diluncurkan sebelumnya pada tahun ini.

Uji coba tersebut ini dilakukan setelah workshop yang diselenggarakan sebelumnya tahun ini dengan bank terkemuka dari Australia, Tiongkok, Singapura, dan Thailand*, menggunakan serangkaian peraturan yang ditetapkan melalui konsultasi dengan bank-bank tersebut. Setelah diluncurkan, layanan tersebut akan memberikan manfaat yang signifikan dan mampu menjangkau bank selain gpi, serta nasabahnya – sekaligus memungkinkan pengalaman pembayaran lintas negara yang sepenuhnya real-time, meningkatkan pengalaman nasabah, dan memungkinkan pengiriman uang P2P yang lebih cepat serta pembayaran jual beli UKM.

Eddie Haddad, Managing Director ati SWIFT, Asia Pasifik, mengatakan:

“SWIFT diposisikan secara khusus untuk memastikan nasabah dapat memanfaatkan investasi yang sudah mereka tanamkan, membakukan konektivitas di sejumlah pasar, dan untuk mendorong efisiensi dalam mendukung perdagangan lintas negara. Pendekatan yang kami ambil membantu penghematan bank agar tidak perlu berinvestasi dalam infrastruktur lintas negara, yaitu dengan memanfaatkan SWIFT gpi dan konektivitasnya dengan sistem pembayaran domestik secara instan.”

“Layanan SWIFT gpi real-time merupakan langkah penting dalam menyukseskan pembayaran lintas negara secara instan. Komitmen dan dukungan yang kami peroleh dari berbagai bank terkemuka di Asia Pasifik menunjukkan indikasi bagus bahwa mereka memahami manfaat langsung dari kemitraan bersama SWIFT, untuk mewujudkan layanan pembayaran lintas negara secara real-time, tanpa hambatan, aman, cepat, dan berskala global. Kami berencana untuk memaparkan hasil uji coba layanan tersebut di Sibos, Sydney, pada bulan Oktober.”

Sejak diluncurkan pada Januari 2017, gpi SWIFT telah diadopsi secara cepat, dengan kiriman lebih dari 100 miliar dolar Amerika dalam pesan gpi SWIFT setiap harinya. Separuh pembayaran gpi SWIFT dibukukan kepada penerima akhir dalam waktu kurang dari 30 menit, sebagian dalam hitungan detik, dan hampir 100% pembayaran gpi dibukukan dalam waktu 24 jam.

30% lebih dari seluruh pembayaran nasabah SWIFT kini dikirimkan melalui gpi, dan lebih dari 200 lembaga keuangan telah mendaftar untuk layanan tersebut. Pada akhir tahun 2020, seluruh SWIFT Community akan mengimplementasikan layanan ini secara universal – ini berarti semua dari 10.000 bank dalam jaringan global SWIFT akan menggunakan gpi untuk pembayaran lintas negara.

*Bank yang berpartisipasi dalam uji coba pembayaran real-time lintas negara adalah ANZ, Bangkok Bank, Bank of China, China Construction Bank, Commonwealth Bank, DBS, ICBC, KASIKORNBANK, NAB, Siam Commercial Bank, Standard Chartered Bank, dan United Overseas Bank. 

Kutipan bank untuk keperluan penggunaan pers:

Mr. Mark Evans, Managing Director, Transaction Banking, ANZ:

“Kemajuan gpi SWIFT dalam menghubungkan jaringan pembayaran real-time domestik semakin mengukuhkan hasil yang berorientasi pada tujuan dan berfokus pada nasabah, dan kami bangga menjadi bagian dari hal ini. Pada akhirnya, dengan menghilangkan hambatan waktu yang membatasi pembayaran lintas negara kami, nasabah akan dapat memindahkan uang mereka dengan mudah ke seluruh dunia tanpa terhalang zona waktu.”

Mr. Pongbhoka Buddhi-Baedya, Vice President, Global Payment Services Department, Bangkok Bank:

“Perubahan infrastruktural pasar baru yang menghadirkan layanan pembayaran yang lebih cepat ini akan mendorong peluang yang lebih besar bagi Bangkok Bank untuk menetapkan platform pembayaran digital baru di seluruh jaringan perbankan koresponden kami. Berada di barisan depan dalam perubahan ini adalah hal yang sangat menggembirakan bagi kami. Kami tidak sabar untuk segera terlibat dengan layanan pembayaran lintas negara instan gpi SWIFT dalam prosedur yang aman dan terautentikasi demi memberikan pilihan terbaik kepada klien kami. Sebagai mitra strategis bagi perusahaan-perusahaan Thailand untuk transaksi lintas negara di era digital ini, prakarsa ini akan membantu memberikan pengalaman yang jauh lebih baik kepada klien, dan menawarkan pembayaran yang lebih cepat dan nyaris real-time, penggunaan dana pada hari yang sama, transparansi, biaya terprediksi, serta pelacakan pembayaran end-to-end.”

Mr. Sun Shangbin, Deputy General Manager, Clearing Department, Bank of China:

“Dengan berlandaskan gpi dan pembayaran domestik secara instan, SWIFT kini bekerja secara erat dengan berbagai bank global untuk membangun layanan pembayaran lintas negara instan. Layanan ini akan jauh meningkatkan efisiensi pembayaran lintas negara, memberikan pengalaman layanan berkualitas tinggi bagi nasabah kami. Bank of Chinamerupakan salah satu bank penggagas yang terlibat dalam gerakan gpi SWIFT, dan kami berharap untuk melanjutkan keterlibatan bersama bank lain guna mendorong efisiensi pembayaran di seluruh industri, dan meningkatkan kualitas layanan. Melalui jaringan penyelesaian global BOC dari lembaga keuangan di seluruh dunia, kami akan memberikan layanan pembayaran lintas negara yang lebih baik bagi nasabah kami.”

Mr. Albert Naffah, General Manager, Business Customer Solutions Strategic Initiatives, Commonwealth Bank:

“Sebagai bank pertama di Australia yang mengimplementasikan platform perbankan inti secara real-time 24 jam penuh, dan salah satu Bank besar utama yang ikut berpartisipasi dalam NPP, menghadirkan pembayaran lintas negara sepanjang waktu bagi nasabah kami sudah menjadi hal yang semestinya dilakukan. Berpartisipasi dalam konsep yang terbukti dengan SWIFT akan membantu kami menyederhanakan pembayaran untuk perdagangan internasional dan melakukan pembayaran lintas negara yang aman, cepat, dan selalu tersedia bagi nasabah kami.”

Mr. Atul Bhuchar, Group Payments Head, Global Transaction Services, DBS:

“DBS terus berfokus dalam membentuk masa depan pembayaran. Interkoneksi antara pembayaran lintas negara dan peningkatan jejak global pembayaran domestik instan secara pesat merupakan sebuah lompatan besar dalam mengubah perjalanan pembayaran nasabah. Dengan bekerja bersama SWIFT dan bank lain yang berpartisipasi dalam prakarsa ini, kami mengambil langkah proaktif untuk membantu menentukan kerangka kerja serta aturan untuk pembayaran ini. Ini tidak hanya akan menciptakan pengalaman yang menakjubkan bagi nasabah, tetapi juga mendorong efisiensi di seluruh rantai pasokan global.”

Mr. Peng Hua, Deputy General Manager, Operation Management Department, Industrial and Commercial Bank of China:

“Integrasi infrastruktur gpi SWIFT yang sudah ada dengan sistem pembayaran instan menjadi pendorong bagi percepatan pembayaran lintas negara, yang signifikan dalam mempersingkat waktu pembayaran lintas negara menjadi hitungan menit atau detik. ICBC akan terus mempercepat pemrosesan R&D kami dan menerapkan gpi SWIFT di seluruh cabang luar negeri kami sesegera mungkin.”

Mr. K. Silawat Santivisat, Executive Vice President, KASIKORNBANK:

“Persaingan sengit antarsaluran pembayaran, biaya serta kecepatan transaksi kompetitif yang ditawarkan pendatang baru, menunjukkan bahwa layanan gpi SWIFT penting untuk mendorong pembayaran internasional. Meski pembayaran real-time adalah hal yang umum untuk transfer domestik, ini adalah inovasi dalam hal pembayaran internasional. Layanan pembayaran lintas negara instan gpi SWIFT tidak hanya akan meningkatkan kecepatan, tetapi juga memungkinkan pelacakan pembayaran end-to-end dan perincian biaya yang jelas.”

Mr. Paul Franklin, General Manager Payments, NAB: 

“Kami terus mencari peluang untuk menyajikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan bangga memainkan peran utama dalam pengembangan pembayaran lintas negara real-time. Kemampuan kliring real-time 24 jam NAB melalui NPP akan memungkinkan pemrosesan pembayaran internasional di luar jam kerja umum, dan sangat memungkinkan kami mempersingkat waktu untuk pembayaran pada hari yang sama dari berbagai zona waktu.”

Mr. Anurag Bajaj, Global Head of Correspondent Banking and Regional Head of TB Americas, Standard Chartered:

“Kami bangga dapat berpartisipasi dalam layanan pembayaran lintas negara instan gpi SWIFT dan bersama-sama membuat serangkaian peraturan dengan bank lainnya yang berpartisipasi. Penyelesaian real-time dari pembayaran lintas negara adalah peningkatan yang semestinya dan masuk akal dan perlu untuk gpi SWIFT. Terlebih dalam konteks infrastruktur pasar pembayaran langsung yang kompatibel dengan SWIFT. Sebagai sebuah komunitas, kami telah membuat peningkatan pada SLA pembayaran end-to-end melalui gpi SWIFT. Pembayaran yang lebih cepat akan semakin menyempurnakan pengelolaan modal kerja bagi klien perusahaan kami, serta berbagai bentuk pengalaman perbankan yang lebih baik.”

Ms. So Lay Hua, Managing Director, Head of Group Transaction Banking, Group Wholesale Bank, UOB:

“Di AOB, kami menghubungkan klien kami dengan berbagai peluang lintas negara dan menyediakan layanan perbankan yang mudah, cepat, dan sederhana kepada mereka. Pengembangan sistem pembayaran real-time di wilayah ini telah membuka ruang baru untuk menghadirkan proses pembayaran lintas negara yang lebih cepat dan tanpa hambatan kepada klien. Layanan pembayaran lintas negara instan SWIFT yang baru merupakan prakarsa industri yang penting dan akan melengkapi upaya kami untuk memberikan kontrol serta wawasan yang lebih baik kepada klien kami atas transaksinya. Melalui prakarsa ini, kami akan dapat membantu klien kami, yang terus mencari pasar baru untuk ekspansi, memperoleh dana mereka secara tepat waktu. Ini juga akan memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan aliran dana serta modal kerja mereka, berkat kemampuan memanfaatkan dana lintas negara yang hampir secara instan.”

Source : www.swift.com

Press Release

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE