31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Penting, Inilah Syarat Pinjaman Online agar Dana Langsung Cair

Masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat yang ingin melakukan pinjaman online adalah mereka kurang mengetahui syarat pinjaman online langsung cair. Saat ini, kebutuhan akan tersedianya uang tunai yang semakin meningkat di masyarakat juga sudah membuat lembaga peminjaman uang sangat dibutuhkan keberadaannya saat ini.

Meski demikian, sering kali masalah yang timbul adalah saat orang akan meminjam ke lembaga perbankan, tidak semua orang dapat dan mudah melakukannya. Banyak syarat yang harus dipenuhi apabila seseorang ingin meminjam ke bank.

Hal itu pun menjadi sulit dilakukan sehingga orang banyak yang beralih ke pihak peminjaman lain yang lebih mudah dalam hal syarat, misalnya pinjaman online. Jenis pinjaman ini banyak diminati sebab syarat pinjaman online mudah tanpa jaminan dan sedikit dokumen yang dibutuhkan.

Pada era kiwari, ada banyak lembaga atau jasa yang dapat meminjamkan uang secara online. Syarat pinjaman online yang diperlukan pun tidak sulit sehingga hampir semua orang sanggup memenuhinya. Hal itu kemudian membuat banyak pinjaman online laris oleh nasabah yang ingin meminjam sejumlah uang.

Lantas, apa saja syarat pinjaman online agar dana bisa langsung cair? Simak ulasan berikut ini.

  1. Data dan dokumen yang diberikan harus lengkap dan asli

Pinjaman online mensyaratkan data-data dan dokumen calon nasabah yang diperlukan sebagai dasar cairnya suatu pinjaman. Tanpa adanya identitas, tentu aja akan sulit untuk mengidentifikasi siapa dan di mana alamat dari calon nasabah.

Di samping identitas lengkap yang menyangkut data diri (KTP/SIM/paspor) ataupun data sebagai wajib pajak (NPWP), tentu saja data-data yang diserahkan itu ada dalam bentuk aslinya. Lantaran tanpa data yang asli, tentu saja identitas itu dapat disebut tidak terbukti kebenarannya atau tidak valid.

  1. Harus ada KTP, NPWP, dan slip gaji

Syarat pinjaman online agar dana langsung cair selanjutnya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang merupakan bukti identitas diri dari setiap warga negara. Tentu saja, kepemilikan KTP menjadi sesuatu yang mutlak sebab mereka yang tidak memiliki identitas diri ini merupakan pelanggaran hukum secara administrasi kependudukan.

Adapun KTP yang disertakan juga mesti KTP keluaran terbaru atau dalam bentuk KTP elektronik (KTP-el). Jika calon nasabah tidak punya KTP-el, tentu saja data kependudukannya tidak dapat disebut terbaru dan syarat pinjaman online menjadi tidak terpenuhi.

Di samping KTP-el, calon nasabah pun mesti menyertakan NPWP sebagai tanda bukti wajib pajak agar syarat pinjaman online yang dilakukan dapat terekam di database pemerintah. Adapun slip gaji pun merupakan data yang menjadi syarat pinjaman online sebab hal tersebut membuktikan calon nasabah bekerja di suatu perusahaan dan diketahui jumlah penghasilannya setiap bulan dan itu menandakan kesanggupan dalam membayar cicilan pinjaman.

KTP menjadi syarat pinjaman online penting bagi calon nasabah yang hendak meminjam lewat pinjaman online. Tanpa KTP, rasanya sulit bagi pinjaman online untuk mencairkan dana mereka.

Sekarang ini, tidak ada pinjaman online yang dapat cair tanpa KTP. Sebagai identitas dasar, KTP harus dimiliki oleh setiap warga negara untuk berbagai keperluan. Sebaliknya, ada beberapa syarat pinjaman online yang dapat langsung cair cukup dengan modal KTP. Tentu saja, terdapat syarat pinjaman online lain yang harus dipenuhi jika calon nasabah hanya memiliki KTP sebagai satu-satunya identitas yang mereka punya.

  1. Data yang dikirimkan harus di-scan dan diunggah melalui aplikasi

Agar dana bisa cepat cair, calon nasabah yang melakukan pinjaman harus memindai (scan) dan mengunggah (unggah/upload) data-data yang diminta melalui aplikasi pinjaman uang yang tersedia di smartphone sebagai syarat pinjaman.

Aplikasi itu telah menyediakan tempat atau fitur untuk menyimpan data-data calon nasabah dalam bentuk file gambar (jpg) atau file dokumen (pdf). Dalam hal ini, calon nasabah hanya perlu memindainya dengan mesin pindai atau aplikasi pindai yang juga ada di smartphone, lalu mengunggahnya dan nanti bakal diterima sebagai syarat pinjaman online.

  1. Memiliki riwayat pinjaman yang baik

Terkait hal ini, pihak pinjaman online tentu saja menginginkan calon nasabahnya menjadi nasabah yang baik dan membayar tepat waktu. Maka dari itu, suatu hal yang wajar apabila pinjaman online ingin yang meminjam uang mereka, yakni orang yang tidak memiliki riwayat tunggakan di pinjaman selanjutnya atau dengan kata lain mampu membayar pinjaman yang diberikan nantinya dengan lancar hingga lunas.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang dahulu sering menunggak cicilan, terlambat membayar atau bahkan tidak membayar, sebaiknya segera menyelesaikan agar nantinya tidak terhambat dan dana cepat cair sebagai syarat pinjaman.

  1. Tidak ada sejarah menunggak atau tidak membayar cicilan pinjaman

Syarat pinjaman online agar dana langsung cair yang berikutnya, yakni calon nasabah harus punya track record yang bersih atau dengan kata lain sejarah peminjaman yang baik jika sebelumnya pernah melakukan pinjaman dari perbankan, pembiayaan multiguna, dan lainnya.

Hal ini dapat diketahui oleh pihak pinjaman online sebab ada yang disebut tracking atau pelacakan dari status dan sejarah keuangan calon nasabah. Dalam hal ini, selain sejarah pinjaman yang tidak dibayar, bahkan sejarah pinjaman yang cicilannya terlambat dibayar pun pihak pinjaman online dapat mengetahuinya.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Hal yang satu ini tentu saja penting bagi calon nasabah sebagai syarat pinjaman online sebab pinjaman online yang berkedudukan di Indonesia biasanya hanya akan memberikan pinjaman kepada WNI yang tunduk dengan hukum dan aturan di tanah air.

  1. Sudah cukup umur

Syarat pinjaman online juga punya batasan usia dari calon nasabah yang dapat diberikan pinjaman. Batas usianya adalah jenjang usia 21 sampai dengan 55—60 tahun. Tentunya, batas usia minimal 21 tahun ini didasari pada batas usia dewasa dan cakap melakukan perbuatan sendiri secara hukum.

Sementara itu, batas usia maksimal umumnya didasarkan pada harapan hidup rata-rata rakyat Indonesia dan batas usia pensiun pegawai bekerja.

  1. Memiliki pekerjaan atau penghasilan

Pertanyaannya adalah bagaimana cara membayar cicilan pinjaman apabila seseorang tidak bekerja? Hal itulah yang menjadi titik fokus dari syarat pinjaman online ini dan otomatis menjadi syarat pinjaman online terpenting kalau dana pinjaman Anda ingin cepat cair. 

Keadaan bekerja seseorang dapat dibuktikan dengan slip gaji yang disertakan sebagai syarat pinjaman online yang harus disertakan calon nasabah di permohonan awal.

  1. Domisili atau kedudukan tempat tinggal yang berada di dalam wilayah jangkauan pelayanan

Syarat pinjaman online agar dana langsung cair lainnya adalah dengan wilayah domisili atau tempat kedudukan yang sama dengan jangkauan pelayanan pinjaman, tentu saja akan memudahkan proses pencairan dana dan segala pelayanan lain yang berkaitan dengan pinjaman calon nasabah hingga jangka waktu pelunasan nanti.

Karena itu, jika permohonan pinjaman Anda ditolak mungkin tempat tinggal Anda tidak masuk syarat pinjaman online dan cakupan wilayah pinjaman tersebut.

  1. Memiliki nomor telepon yang mudah dihubungi

Pada era kiwari, kemudahan berkomunikasi sejalan dengan berkembangnya teknologi yang kian pesat dan maju, ditambah dengan maraknya sosial media yang membuat dunia menjadi seakan tanpa batas. Oleh sebab itu pula kemudahan untuk dihubungi dengan nomor telepon menjadi sebuah keniscayaan. Jika Anda susah dihubungi lewat telepon, boleh jadi itulah penyebab syarat pinjaman online sulit untuk cair. Pasalnya, bagaimanapun, Anda mesti mudah dihubungi, disebabkan oleh Anda punya pinjaman yang harus dicicil dan dibayar lunas.

  1. Aktif dan responsif dalam menjawab pesan/telepon

Terkait poin di atas, kemudahan dihubungi lewat telepon pun berarti calon nasabah juga harus aktif dan responsif kalau suatu ketika dikontak oleh pihak pinjaman online. Keaktifan dan respons yang cepat dapat menjadi syarat pinjaman online dan menandakan calon nasabah memiliki iktikad baik dalam membayar cicilannya dan juga pihak pinjaman online akan merasa bahwa si calon nasabah merupakan orang yang terpercaya dalam meminjam uang dan membayar cicilannya.

  1. Memberikan nomor kontak lain sebagai nomor darurat

Kalau dana yang Anda ajukan ingin cepat cair, pihak pinjaman online biasanya akan menanyakan nomor kontak lain, apakah itu saudara kandung maupun rekan kerja sebagai nomor kontak darurat.

Di samping itu, nomor kontak darurat pada dasarnya diperlukan oleh pihak pinjaman online sebagai nomor untuk klarifikasi akan data-data yang diberikan oleh calon nasabah.

  1. Mengajukan jumlah pinjaman sesuai dengan kemampuan membayar

Kendati Anda sudah menyerahkan slip gaji sebagai syarat pinjaman online agar dana langsung cair, tetapi kemampuan untuk melihat ke depan nantinya apakah Anda sanggup membayar dengan lancar cicilan hutang ini tentu saja menjadi hal yang penting untuk diajukan/ditentukan.

Dengan menentukan berapa jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya, tentu saja akan membuat pihak pinjaman online juga mampu menganalisa apakah memang benar Anda punya dana untuk dibayarkan sebagai cicilan. Bahan analisisnya adalah uang gaji Anda setiap bulan dipotong dengan kebutuhan harian.

  1. Memiliki alamat email yang aktif

Di samping korespondensi atau komunikasi yang dilakukan oleh pihak pinjaman online sebagai syarat pinjaman online dengan calon nasabah menggunakan telepon, alamat email pun menjadi salah satu opsi yang harus dimiliki oleh calon nasabah.

Pada zaman ini, ketersediaan alamat email menjadi satu hal penting yang harus diisi sebagai syarat pinjaman online.

  1. Memiliki rekening bank atas nama pribadi

Nomor rekening calon nasabah menjadi sesuatu yang penting dan harus disertakan di dalam syarat pinjaman online agar dana langsung cair. Nomor rekening bank atas nama pribadi menjadi syarat mutlak yang harus dibuktikan dengan fotokopi atau hasil scan buku tabungan.

  1. Manfaatkan fitur simulasi pinjaman

Di aplikasi pinjaman online biasanya disediakan fitur simulasi pinjaman agar calon nasabah dapat mengetahui berapa cicilan yang harus dibayar dengan jumlah pinjaman tertentu. Hal itu berpengaruh pada berapa besaran pengajuan pinjaman online yang dimohonkan.

  1. Setuju untuk memberikan informasi berupa data diri kepada pihak pinjaman online

Keadaan ini umumnya akan diberikan oleh pinjaman online kepada calon nasabah kalau dana ingin segera cair. Sejatinya, cara ini otomatis akan terjadi apabila Anda mengajukan permohonan pinjaman dana secara online.

  1. Setuju untuk membayar denda bila terjadi keterlambatan pembayaran cicilan

Pembayaran denda adalah hal yang wajar diterapkan pada sistem pinjaman online sebab denda merupakan suatu hukuman atau resiko yang harus dibayar oleh calon nasabah apabila belum mampu membayar sampai tenggat waktu yang ditentukan setiap bulan.

Biasanya, besaran denda akan dihitung oleh pihak pinjaman online, dengan hitungan berdasarkan persentase tertentu. Calon nasabah harus setuju di awal proses peminjaman, mengenai besaran denda yang harus dibayar bila terjadi keterlambatan pembayaran cicilan setiap bulan.

  1. Pastikan pinjaman bisa dibayar dan tidak memberatkan

Syarat pinjaman online agar dana langsung cair ini berkaitan dengan sejumlah syarat pinjaman online di atas, di mana bagi calon nasabah, melihat kemampuan diri dalam membayar suatu cicilan pinjaman sangatlah penting.

Rumusnya dapat dihitung bahwa cicilan utang tidak boleh lebih dari 30% penghasilan setiap bulan. Sebaliknya, calon nasabah menghitung dengan cermat dan saksama jumlah penghasilan yang harus mereka alokasikan untuk membayar cicilan setelah dipotong pengeluaran dan kebutuhan bulanan.

  1. Tentukan jumlah dana yang akan dipinjam terlebih dahulu

Terakhir, syarat yang terdapat di aplikasi pinjaman online terbaik langsung cair berikutnya adalah calon nasabah sebaiknya juga menentukan jumlah dana yang rencananya akan mereka pinjam terlebih dahulu dan untuk kebutuhan apa.

Setelah ditentukan, calon nasabah dapat mensimulasikan terlebih dahulu untuk mengetahui berapa besaran biaya yang harus mereka keluarkan setiap bulan untuk pembayaran cicilan, beserta bunga yang harus dibayar. Jika telah ditentukan dan matang, maka tinggal menunggu dana dari pinjaman online untuk segera dicairkan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...
LANGUAGE