25.5 C
Jakarta
Rabu, 30 November, 2022

Teknologi Digital Conversational Application, Kunci Sukses Jalani Bisnis

JAKARTA, duniafintech.com – Teknologi digital conversational application akhir-akhir ini marak diperbincangkan dalam dunia bisnis global.

Semenjak terjadi pandemi, banyak usaha menerapkan teknologi digital conversational application dalam operasionalnya. Yang tadinya tidak banyak melibatkan teknologi digital kini mau tidak mau bisnis dituntut untuk dapat mengadopsi teknologi digital yang kreatif dan inofatif agar dapat survive dan dapat melayani pelanggan dengan maksimal ditengah persaingan yang serba digital dan online.

Baca juga: OJK Dorong Industri Pasar Modal Ikuti Perkembangan Teknologi Digital

Salah satu transformasi digital yang bisa diterapkan oleh bisnis adalah dengan mengadopsi conversational application dalam bisnis.

Sebelumnya aplikasi chat hanya bisa melakukan pengiriman pesan text dan multimedia saja. Kini dengan kemajuan teknologi, pengguna selain berkirim pesan juga bisa berbelanja dan bertransaksi melalui chatting dengan mudah.

Baca juga: Jokowi Minta TNI-Polri Pelajari Teknologi Digital hingga Blockchain

Teknologi Digital Conversational Application
Portrait of young latin woman holding credit card and using laptop to shop online at a coffee shop. Shopping online and lifestyle concept.

Apa itu Teknologi Digital Conversational Application?

Conversational application adalah sebuah teknologi digital aplikasi yang beroperasi didalam platform chatting seperti WhatsApp, Telegram dan FB Messenger. Conversational application bekerja melalui percakapan interaktif ataupun chatbot yang merespon pilihan dari pengguna.

Apa keuntungan menggunakan Conversational Application bagi bisnis?

Indonesia merupakan pengunduh WhatsApp terbesar nomor 2 di dunia di bawah India. Sebagai salah satu pengguna terbesar di dunia (kurang lebih 73 juta unduhan per Juni 2022), tentunya ini menjadi potensi market yang sangat besar bagi pemilik bisnis. Beberapa keuntungan bagi pemilik bisnis untuk menerapkan conversational application antara lain:

1. Memudahkan penetrasi market, karena konsumen tidak perlu lagi install aplikasi yang lain, cukup melalui aplikasi chat seperti WhatsApp.

2. Bisnis dapat online 24 jam, karena conversational application dapat bekerja otomatis melalui pesan interaktif maupun chatbot.

3. Penggunaan yang mudah, seperti melakukan percakapan pada umumnya melalui aplikasi chat.

4. Conversational application menawarkan end-to-end customer journey secara seamless melalui aplikasi chat.

Sebagai pengembang conversational application di Indonesia, ChatApp.id berkomitmen mendukung transformasi digital melalui conversational application agar bisnis dapat bersaing, berkembang serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Teknologi digital Conversational application dapat diterapkan disegala bidang dan industri dengan berbagai macam use case. Yang sudah ditangani oleh ChatApp.id antara lain adalah ticketing, rumah sakit, organisasi, restoran dan lainnya.

Baca jugaWaduh! UMKM di Indonesia yang Melek Teknologi Digital Hanya 20 Persen?

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis. Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan...

Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Intip Kurs-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Senin (28/11). Adapun Rupiah melemah 0,39%...

Berita Kripto Hari Ini: FTX Lanjutkan Bayar Gaji Pegawainya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas pertukaran/bursa kripto yang bangkrut, yaitu FTX, dan perusahaan afiliasinya. Pada Senin, 28 November 2022, FTX yang sudah...

Modal Usaha UMKM jadi Fokus Amartha Kolaborasi dengan eFishery

JAKARTA, duniafintech.com -  PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, menjalin kolaborasi dengan eFishery. eFishery...

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com - Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi. Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau...
LANGUAGE