23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Terbongkar Kedok Reseller MS Glow: Acara Mewah, Diiming-imingi Hadiah Besar, tapi Penjualan Kecil

JAKARTA, duniafintech.com – Pernyataan Juragan 99 terkait pencapaian MS Glow menjadi perbincangan belakangan ini. Hal itu terjadi usai suami Shandy Purnamasari yang dijuluki sebagai crazy rich Malang tersebut sebelumnya mengatakan bahwa penjualan MS Glow mencapai Rp 600 miliar per bulan.

Tak ayal, pengakuan itu pun membuat banyak netizen alias warganet terkejut. Pasalnya, penghasilan yang diungkap oleh Gilang itu dianggap tidaklah wajar.

Terlebih lagi, apabila dikomparasikan alias dibandingkan dengan dua merek kosmetik yang sudah ternama dan terbilang sukses di Indonesia seperti PT Mustika Ratu Tbk dan PT Martha Tilaar Tbk.

Sebagai informasi, MS Glow adalah perusahaan dan merek kosmetik lokal yang terbilang baru di tanah air. Di lain sisi, ramainya pernyataan ini membuat banyak orang membongkar sisi lain dari MS Glow.

Misalnya saja yang dilakukan oleh salah seorang netizen yang membongkar tentang kedok dan tingkah reseller yang membuat terkejut banyak orang. Pasalnya, sosok reseller ini disebut sering mengadakan acara mewah, tetapi produk yang dijual tidak sampai ratusan dan penjualannya kecil.

Salah satu reseller bahkan juga angkat bicara soal ini. Ia pun mengaku memilih untuk mundur lantaran barangnya tidak laku.

Akun iiin*** itu menulis, “Aku reseller MS Glow dan ga laku, gw bagi2 aja daaah trs jual murah ke tmn2 drpd expired ga balik modal boro2 untung.. nyesel wkwkwkwkw..”

Kemudian, juga ada yang menceritakan soal reseller yang sengaja diming-imingi hadiah yang besar. Menurut salah satu saudara netizen ini, bahkan dijanjikan akan diberi mobil mewah, tetapi tidak pernah sampai.

“mereka ga jual produk bagus, tapi para reseller yg di iming2i hadiah besar. temenku banyak yg jadi reseller MS glow, status caption status wa-nya pasti ‘bismillah..pajero’. tapi sampai sekarang ga dapet2 pajeronya,” tulis akun div***.

Salah seorang netizen lainnya pun menyebut bahwa dirinya merasa tingkah reseller MS Glow terlalu tidak wajar. Pasalnya, ada seorang temannya yang selalu mengadakan acara yang mewah, tetapi penjualan produknya sendiri tidak sampai ratusan.

“Temen gue ada yang jadi reseller ms glow, tiap bulan selalu bikin acara mewah padahal yang dijual gak sampai ratusan,” kata akun song***.

Lalu, juga ada seorang netizen lainnya yang membongkar bahwa pendapatan para reseller MS Glow ini sedikit.

“Ta* banget, gue dapet offering letter gajinya dikit pol,” sebut akun dark***.

Perbandingan MS Glow dengan merek terkenal lainnya

Penjualan MS Glow disebut-sebut melebihi dua produk kosmetik yang sudah lama sukses. Bahkan, apabila dibandingkan dengan kekayaan pengusaha dengan segmen bisnis sejenis, misalnya PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dan PT Martha Tilaar Tbk (MBTO), omzet MS Glow dikatakan jauh lebih tinggi dan berlipat ganda.

Dari keterbukaan informasi di BEI, Grup Martha Tilaar diketahui mencatatkan penjualan sepanjang tahun 2020 lalu sebesar Rp 297 miliar. Apabila dibagi rata 12 bulan, omzet per bulannya adalah Rp24,75 miliar.

Kemudian, selaku pesaingnya, PT Mustika Ratu Tbk diketahui mencatatkan omzet penjualan lebih besar pada tahun 2020 lalu, yaitu sebesar Rp318 miliar. Kalau dibagi rata dalam setahun, omzet per bulannya mencapai Rp26,4 miliar.

Di lain sisi, apabila MS Glow disebut punya omzet per bulan Rp600 miliar maka omzet setahun dari produk ini adalah Rp7,2 triliun. Melalui asumsi perhitungan ini, omzet penjualan MS Glow dapat disebut mencapai 24 kali lebih besar dari Martha Tilaar dan 23 kali lebih besar ketimbang Mustika Ratu.

 

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU