24.4 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

TERGODA BELI MOBIL BARU? PERTIMBANGKAN 5 KONSEKUENSI INI!

duniafintech.com – Sebelum tergiur untuk membeli mobil baru, tahukah kamu bahwa mobil membutuhkan banyak biaya operasional? Kelima biaya operasinal ini bisa menjadi pertimbangan, apakah kamu siap untuk menanggung segala konsekuensi yang menyertainya.

Beragam penawaran kredit yang kian hari kian menggiurkan, sering membuat kita tergoda untuk  memiliki kendaraan roda empat yang satu ini. Penawaran kredit yang terjangkau ditambah dengan DP yang tak lagi mahal, membuat siapa saja bisa memiliki mobil pribadi.

Setelah memiliki mobil, tak hanya cicilan saja lho yang perlu dipikirkan. Karena faktanya, mobil membutuhkan banyak biaya operasional yang tak terpikirkan sebelumnya. Inilah biaya-biaya tambahan yang harus kamu siapkan jika memiliki mobil, seperti dikutip dari Swara Tunaiku!

  • Untuk Perawatan Rutin

Perawatan secara rutin menjadi kunci agar kendaraanmu awet dan nyaman dikendarai. Perlu diketahui bahwa perawatan rutin ini cukup memakan biaya lho. Besar kecilnya biaya, tergantung dari kondisi mobil. Apakah mengalami kerusakan dan membutuhkan pergantian spare part atau tidak. Idealnya, kamu harus melakukan perawatan sesuai dengan anjuran dari bengkel resmi. Umumnya, perawatan rutin dilakukan dalam rentan waktu 3 hingga 6 bulan sekali. Dan pertahunnya, biaya perawatan bisa mencapai angka 2 hingga 4 juta rupiah. Wow, mahal juga ya?

  • Pajak Kendaraan

Setiap tahunnya, kita harus membayar pajak kendaraan. Sayangnya, pajak mobil tak bisa dikatakan murah. Apalagi jika mobil yang kamu beli adalah mobil mewah, karena pajaknya akan jauh lebih tinggi dari mobil lainnya. Sebagai gambaran, kamu harus menyiapkan dana sebesar 3 juta rupiah jika membeli mobil dengan harga 150 juta rupiah. Belum lagi, jika kamu harus ganti nama yang memakan biaya sebesar 10 persen dari harga mobil.

  • Membayar Asuransi

Seberapa pentingkah memiliki asuransi mobil? Jika terjadi pencurian, kecelakaan, dan hal lain yang tak diinginkan, asuransi bisa menjadi penyelamat. Pilihlah asuransi all-risk yang bisa meng-cover semua kejadian tak diinginkan. Nominal yang harus dibayarkan untuk asuransi jenis ini adalah sebesar 2,4 hingga 3,5 persen dari harga mobil.

  • Bahan Bakar Mobil

Bahan bakar mobil juga cukup memakan biaya nih. Konsumsi bahan bakar mobil di Indonesia rata-rata sebesar 1:11. Artinya, dalam jarak 11 kilometer, bahan bakar yang dibutuhkan sebanyak 1 liter.

Jika dihitung lebih mendetail, perbulannya kamu bisa menghabiskan biaya sebanyak 9,6 juta rupiah. Dengan catatan kamu menempuh jarak 50 kilometer perhari dan menggunakan bahan bakar Pertamax dengan harga rata-rata 8,500/liter.

  • Ongkos Parkir dan Tol

Sering diabaikan, tetapi cukup memakan biaya adalah ongkos parkir dan tol. Hitung saja pengeluaran biaya tol yang harus dianggarkan selama setahun. Perharinya, kamu harus membayar sekitar Rp 18 ribu. Maka dalam setahun bisa mencapai Rp 4,4 juta.

Dan nominal ini makin mencengangkan setelah ditambah dengan biaya parkir yang dihitung perjam. Sebagai contoh, kamu parkir selama 8 jam dengan tarif 4 ribu rupiah tiap jamnya. Maka, jangan heran jika harus mengeluarkan uang sebesar Rp 7,7 juta untuk parkir.

Masih tertarik untuk segera memiliki mobil? Pertimbangkan dulu 5 konsekuensi ini, sesudahnya baru memutuskan untuk membeli mobil atau tidak.

Written by Swara Tunaiku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE