33 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

Tips Aman Mudik Jelang Idul Fitri, Mudah dan Tanpa Ribet

JAKARTA, duniafintech.com – Pemerintah akhirnya memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1443H, setelah 2 tahun terakhir dilarang karena pandemi. 

Keputusan ini dibuat setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 yang melandai disertai tingkat realisasi vaksinasi di masyarakat yang cukup tinggi.

Melihat waktu Idul Fitri yang semakin dekat, Corporate Communication & Relation Group Head Tugu Insurance, Jonathan David, membagikan beberapa tips bagi masyarakat agar aman saat mudik dan bertemu keluarga di rumah.

  1. Segera lakukan vaksinasi booster

Satgas Covid-19 memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik dengan syarat sudah divaksinasi untuk ketiga kalinya (booster).

Beberapa moda transportasi juga mensyaratkan penumpang untuk memiliki Aplikasi Peduli Lindungi atau bukti telah melakukan vaksinasi tahap tiga, serta membawa test rapid antigen dengan hasil negatif jika belum melakukan vaksinasi booster. 

Sebelum mudik, masyarakat diimbau untuk melakukan vaksinasi hingga tahapan ke tiga. Lakukan jauh-jauh hari untuk menghindari potensi lonjakan peminat vaksinasi untuk keperluan mudik. 

“Bila perlu, tanyakan pada puskesmas dan faskes kesehatan terdekat untuk mendapatkan jadwal vaksinasi, serta jangan lupa tetap jaga kondisi fisik dan patuhi protokol kesehatan,” katanya kepada wartawan, Kamis (14/4).

  1. Pesan tiket jauh hari

Jika menggunakan transportasi umum, tiket kendaraan perlu diamankan sejak jauh hari. Potensi kehabisan tiket dan harga naik menjadi semakin tinggi ketika mendekati Idul Fitri. Oleh karena itu, tiket dan persyaratan bepergian dengan transportasi umum menjadi penting.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) misalnya, sudah membuka pembelian tiket mudik sejak H-45. Selain itu, tiket pesawat udara juga bisa dibeli melalui website dan aplikasi-aplikasi digital. Untuk itu, segera dapatkan tiket mudik untuk perjalanan sesuai jadwal yang dikehendaki.

  1. Miliki asuransi bepergian 

Selain persyaratan berpergian, perlindungan diri dan keluarga selama perjalanan juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Asuransi perjalanan mudik bisa jadi salah satu pilihan untuk tetap mendapatkan rasa aman dan nyaman selama berada diperjalanan.

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kembali dengan produk andalannya yaitu asuransi T Mudik. Asuransi ini bisa melindungi individu dan keluarga terhadap kecelakaan diri selama perjalanan dengan cakupan polis lengkap dan harga terjangkau.

Asuransi ini menanggung sejumlah biaya atas risiko dari Kematian, Cacat Tetap, Biaya Perawatan dan atau Pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh suatu kecelakaan langsung, dimulai dari usia anak umur satu tahun sampai dengan dewasa umur 59 tahun. 

Harga preminya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 32.000, dengan penambahan manfaat kebongkaran rumah, kebakaran tempat tinggal dan pembatalan tiket dan hotel akibat kejadian sakit atau kecelakaan.

Selain cakupan polis lengkap, Tugu Insurance juga memberikan pilihan yang fleksibel kepada pemegang polis. Nasabah bisa mengatur jumlah nasabah tertanggung hingga maksimal tujuh orang dan periode polis asuransi t mudik selama 7 hari, 14 hari, maupun 21 hari. 

“Dengan demikian, calon nasabah bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya selama mudik,” ucapnya.

 

Penulis: Nanda Aria

Admin: Panji A Syuhada

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU