27.8 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Tips Belanja Online Aman, Solusi agar Terhindar dari Penipuan

JAKARTA, duniafintech.com – Tips belanja online aman perlu diketahui sebagai solusi aman agar terhindar dari tindak kejahatan penipuan.

Seperti diketahui, belakangan ini masih marak lho dengan kasus penipuan online shop. Padahal, kemudahan belanja online seharusnya membuat peluang bisnis online kian meningkat.

Akan tetapi, “peluang” ini pun pada akhirnya banyak disalahgunakan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara melakukan penipuan.

Nah, supaya proses belanja online kamu berjalan lancar jaya, simak yuk beberapa tips berikut ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Cara Belanja Online di Indomaret Plus Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Belanja Online Aman

1. Pastikan Keamanan Perangkat

Saat kamu ingin berbelanja online, kamu harus memastikan keamanan dari perangkat yang digunakan untuk belanja online tersebut, di antaranya:

  • Jaringan Internet: usahakan jangan menggunakan jaringan internet umum seperti jaringan wifi publik yang ada di tempat nongkrong atau tempat kerja. Karena dengan menggunakan jaringan umum bisa memungkinkan semua informasi dalam perangkat kamu akan mudah dibobol orang.
  • Perangkat yang digunakan untuk belanja online: gunakan perangkat milik pribadi seperti gadget atau laptop milikmu sendiri. Hindari menggunakan perangkat untuk belanja online di warnet atau meminjam teman.
  • Pasang Anti virus: untuk lebih mengoptimalkan keamanan silahkan instal anti virus di perangkat kamu. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya cyber crime saat bertransaksi secara online.

2. Pilih Situs Toko Online Terpercaya

Kamu bisa menggunakan marketplace, e-commerce, dan online shop terpercaya dan terbesar khususnya di Indonesia, misalnya:

  • Lazada
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Blibli
  • Jd.id.

Daftar toko online di atas sudah punya kebijakan jual beli online yang cukup baik sehingga akan lebih terjamin keamanannya.

Di samping itu, baca juga kebijakan situs terkait penggunaan data pribadi pelanggan, pengembalian barang, dan kebijakan lainnya.

3. Lindungi Informasi Pribadi sebagai Tips Belanja Online Aman

Selanjutnya, jangan pernah membagikan kode rahasia, apa pun jenisnya, kepada siapa pun, utamanya kepada penjual.

Contohnya, saat bertransaksi online, sering kali kamu akan menggunakan kartu kredit atau debit. Dalam hal ini, simpanlah rapat-rapat informasi kartu pembayaran itu.

Kemudian, juga ada pengiriman kode verifikasi via pesan singkat atau SMS yang sifatnya rahasia. Kalau penjual meminta kode tersebut maka jangan pernah kamu berikan ya sebab hal itu akan berdampak terhadap keamanan akun kamu.

4. Pilihlah Penjual yang Memiliki Reputasi Bagus

Berikutnya, setiap melakukan belanja online, khususnya di marketplace, yang harus kamu perhatikan adalah reputasi toko penjual. Pilihlah toko penjual yang memiliki status berikut ini:

  • Star Seller
  • Top Seller
  • Verified Seller

Adapun toko yang punya status seperti di atas biasanya adalah toko yang sudah mendapat kepercayaan yang tinggi dari marketplace.

Di samping memperhatikan poin-poin di atas, kamu pun bisa memilih toko yang memiliki rating yang bagus minimal bintang 4.5.

Pastikan juga bahwa kamu sudah mengetahui identitas penjual, di antaranya nama perusahaan, alamat, kontak yang bisa dihubungi (nomor telepon dan email). Hal itu penting untuk kamu ketahui jika nantinya ada sesuatu yang tidak diinginkan.

5. Baca Deskripsi Produk

Untuk membeli setiap produk di online shop, pastikan bahwa kamu sudah membaca deskripsi produk dengan teliti. Artinya, jangan sekadar melihat gambar dan harganya.

Pasalnya, saat belanja online, kamu tidak bisa melihat barangnya secara langsung. Jadi, untuk mengetahui bahan, warna, ukuran, kualitas dan kuantitas produk, kamu pun dituntut untuk membaca deskripsi.

Hal itu nantinya bisa meminimalisasi kesalahan dalam membeli produk yang tidak sesuai.

Tips Belanja Online Aman

6. Pilih Harga yang Sesuai sebagai Tips Belanja Online Aman

Tips lainnya adalah jangan tergiur dengan harga barang yang murah. Sebaiknya, kamu bandingkan terlebih dahulu harga-harga dari toko online yang lain.

Kalau harganya terpaut jauh dari harga pasaran maka bisa dipastikan itu indikasi penipuan. Boleh jadi harga murah itu lantaran kualitas barang yang kurang baik sehingga kamu mesti berhati-hatilah dalam memilih barang.

Baca juga: Cara Membatalkan Belanja TikTok Shop: Belum dan Sudah Dibayar

7. Baca Ulasan Produk

Cara berikutnya adalah dengan membaca ulasan produk. Adapun ulasan produk ini berisi komentar dari para pembeli yang pernah membeli barang dari toko online tersebut.

Simak ulasan itu dengan saksama, apakah ada komentar negatif atau positif dari para pembeli. Dengan cara ini, kamu biasanya akan lebih yakin terhadap barang yang akan dibeli.

8. Hubungi Penjual

Usai memilih barang yang diinginkan, silakan tanyakan ketersediaan dan kelengkapan barang itu kepada penjual lewat fitur chat.

Supaya lebih yakin, kamu bisa meminta penjual untuk mengirimkan foto barang yang asli, bukan foto hasil mengambil dari situs lain.

9. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Hindarilah transfer langsung ke penjual dan sebaiknya kamu menggunakan rekening bersama, seperti metode pembayaran yang ada di berbagai marketplace terpercaya.

Metode ini pembayaran yang dilakukan pembeli tidak langsung ditransfer ke rekening penjual, tetapi akan ditahan oleh pihak marketplace.

Uang akan diterima penjual saat barang yang dibeli telah sampai kepenerimanya. Kalau barang tidak dikirim atau tidak diterima oleh pembeli maka uang tidak akan pernah ditransfer ke penjual.

Di samping itu, bisa juga menggunakan metode Cash On Delivery (COD). Pilihlah toko online yang bisa bayar ditempat (COD) agar aman.

Dengan cara ini, kamu bisa membayar barang belanjaan saat barang sudah sampai ke tujuan. Jangan lupa juga untuk menyimpan bukti transfer setiap melakukan transaksi secara online sebagai bukti saat nantinya terjadi masalah yang tidak terduga.

10. Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya sebagai Tips Belanja Online Aman

Gunakanlah ekspedisi yang profesional dan terpercaya setiap kali belanja online. Pilihlah jasa pengiriman yang memiliki fitur tracking sehingga kamu bisa melacak barang yang sedang dalam proses pengiriman.

Hal itu bisa mencegah kehilangan barang pesanan kamu. Nah, untuk melacak barang tersebut, kamu membutuhkan nomor resi pengiriman. Inilah cara menggunakannya:

  • Buka situs cek resi pengiriman
  • Isi nomor resi
  • Pilih Ekspedisi
  • Klik “Lacak“

11. Buat Video Unboxing Paket sebagai Tips Belanja Online Aman

Terakhir, kamu bisa membuat video unboxing paket saat paket sudah sampai. Jangan terburu-buru membukanya sebab akan lebih baik kamu membuat video ketika membuka barang yang dibeli.

Hal itu sangat penting dilakukan sebab kalau terjadi sesuatu terhadap barang belanjaan, misalnya adanya kerusakan atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dibeli, maka dengan video unboxing itu akan lebih mudah untuk mengajukan komplain.

Kiat-kiat dalam Mengatasi Kasus Penipuan – Tips Belanja Online Aman

  1. Hubungi Call Center Toko Online

Hal ini dapat dilakukan saat mengalami hal-hal yang tidak wajar saat belanja online di sebuah marketplace atau toko online.

Kebanyakan marketplace menyediakan layanan yang siap membantu permasalahan yang dihadapi oleh para penggunanya, khususnya dengan kasus penipuan.

Nah, layanan call center toko online ini berupa layanan 24 jam sehingga kamu bisa menggunakannya kapan dan di mana saja.

  1. Cek Rekening Penjual

Kedua, cek nomor rekening penjual sebelum melakukan transfer pembayaran belanja online. Hal itu untuk mengetahui apakah nomor rekening tersebut pernah dilaporkan atas dasar penipuan.

Nah, untuk melakukan pengecekan nomor rekening, kamu bisa langsung bukan laman cekrekening.id dari Kemenkominfo.

  1. Laporkan Kasus Penipuan

Kalau kamu menemukan kasus penipuan maka segera adukan hal tersebut kepada pihak yang berwenang, di antaranya:

  • Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat
  • Badan Perlindungan Konsumen Nasional
  • Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia
  • Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen
  • Kementerian Perdagangan melalui:
  1. Email: [email protected]
  2. Website: siswaspk.kemendag.go.id
  3. WA: 0853 1111 1010

Di samping itu, kamu pun melaporkannya secara online di situs lapor.go.id yang merupakan situs layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat.

Sekian ulasan tentang tips belanja online aman yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Belanja ShopBack via Shopee dan Keuntungannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE