31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

Tips Buka Deposito BCA untuk Investasi Jangka Panjang

JAKARTA, duniafintech.com – Tips buka deposito BCA tengah marak diperbincangkan belakangan ini, karena berinvestasi adalah langkah cerdas dalam mempersiapkan perekonomian masa depan.

Bagi pemula yang ingin memulai investasi dengan risiko kecil, tips buka deposito BCA bisa menjadi pilihan menarik.

Salah satu produk investasi yang patut dipertimbangkan adalah berinvestasi di BCA. Artikel ini menjelaskan bagaimana tips buka deposito BCA dapat menjadi sarana investasi berisiko rendah yang menguntungkan dan mengapa produk investasi BCA dapat menjadi pilihan tepat bagi pemula.

Syarat dan Ketentuan Deposito BCA

Tips buka deposito BCA tidak ribet dan hanya memerlukan beberapa syarat saja yang harus dipenuhi. Beberapa tips dan persyaratan yang harus diperhatikan saat buka deposito BCA:

  • Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan setoran BCA.
  • Lampirkan salinan tanda pengenal yang valid. Warga negara Indonesia (WNI) harus memiliki fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) atau paspor dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sementara itu, Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki fotokopi KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau paspor. Anggaran Dasar/Anggaran Dasar (AD/AP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha (SIUP), NPWP dan Surat Pernyataan Penyerahan Dokumen harus dilampirkan pada klien usaha.
  • Selesaikan setoran awal minimum yang ditentukan.

Keuntungan Deposito BCA

Tips buka deposito BCA menawarkan sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan menarik sebagai sarana investasi. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh saat membuka deposit BCA:

1. Keamanan dan Stabilitas

Deposito BCA merupakan produk investasi dengan risiko rendah. Uang yang diinvestasikan dalam simpanan Anda dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sampai batas tertentu. Selain itu, Bank BCA memiliki reputasi yang kuat dan diakui sebagai salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia, memberikan keamanan dan stabilitas investasi Anda.

2. Suku Bunga yang Kompetitif

BCA menawarkan suku bunga deposito yang kompetitif sehingga memberikan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan tabungan konvensional. Suku bunga deposito BCA biasanya lebih tinggi dibandingkan suku bunga tabungan, tergantung jumlah uang yang Anda investasikan dan jangka waktunya.

3. Fleksibilitas Jangka Waktu

Deposito BCA menawarkan beragam pilihan kepemilikan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda. Sesuai dengan preferensi Anda, Anda dapat memilih jangka waktu dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Baca jugaCara Bayar Kredit Pintar Lewat BNI: Kemudahan Gunakan Virtual Account

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaCara Bayar Cicilan Oto Finance lewat Tokopedia, Ternyata Segini Biaya Administrasinya

Cara Menghitung Bunga Deposito BCA

Anda dapat menggunakan rumus dasar bunga efektif untuk menghitung bunga deposito. Suku bunga efektif adalah bunga yang Anda peroleh jika memperhitungkan suku bunga, jangka waktu pembayaran bunga, dan frekuensi pembayaran bunga. BCA menawarkan kalkulator deposito di situs resminya yang memungkinkan Anda menghitung bunga deposito secara akurat.

Tips Buka Deposito BCA via Aplikasi myBCA

Tips buka deposito BCA via myBCA cukup mudah. Kamu sebagai nasabah dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Log in myBCA
  2. Pilih menu Deposito
  3. Pilih Pembukaan Rekening
  4. Pahami dan centang Persetujuan info Produk e-Deposito
  5. Pilih rekening sumber dana, dalam rupiah, mau dari rekening yang mana. Bukan rekening joint account maupun rekening kredit. Isi penempatan awal, mau berapa rupiah?
  6. Lalu pilih jangka waktu deposito
  7. Pilih jenis e-Depositonya: Perpanjang Pokok (ARO) saja atau Perpanjang Pokok plus bunga (ARO Plus)
  8. Selanjutnya, akan tampil rekapan e-Deposito yang sudah diisi sebelumnya, lalu melakukan persetujuan syarat dan ketentuan e-Deposito.
  9. Kemudian, Verifikasi, silakan input PIN dan akan tampil “Transaksi Berhasil.” Selanjutnya akan mendapat notifikasi yang dikirim via email
  10. Untuk melakukan inquiry dapat dilihat di “Riwayat” maupun menu “Akun saya”. Untuk inquiry e-Deposito di menu “Akun Saya” dapat dilihat di H+1 hari kalender setelah pukul 09.00 WIB

Cara Mencairkan Deposito BCA via Aplikasi myBCA

Perlu juga diketahui, proses mencairkan deposito BCA ini terbilang mudah. Akan tetapi, yang harus diingat adalah bahwa deposito merupakan simpanan dalam jangka waktu tertentu sehingga suatu saat pasti akan dicairkan sebab jatuh tempo.

Nah, kalau nasabah ingin memperpanjang deposito BCA maka harus ingat kapan jatuh temponya. Inilah cara mencairkan deposito BCA di aplikasi myBCA:

  1. Pertama, pastikan aplikasi myBCA masih ter-install di ponsel kamu
  2. Lakukan log in dan pilih menu Deposito
  3. Pada menu Deposito ada 3 pilihan: Pembukaan Rekening, Status Pencairan dan Informasi Deposito. Klik “Informasi Deposito”
  4. Jika e-Depositonya punya beberapa maka pilihlah rekening mana yang akan dicairkan. Klik icon “Cairkan”
  5. Kalau sudah yakin rekening tersebut yang akan dicairkan maka selanjutnya silakan pilih jenis pencairannya: Pencairan Segera atau Pencairan Saat Jatuh Tempo? Jika memilih Pencairan Segera maka nominal deposito akan segera cair ke rekening pencairan, tetapi bunga bulan berjalan tidak dibayarkan. Sebagai informasi, Pencairan Segera hanya dapat dilakukan pada hari kerja pada pukul 07.00 hingga 20.30 WIB
  6. Apabila memilih pencairan saat jatuh tempo maka dana akan dicairkan sesuai tanggal jatuh tempo. Pencairan saat jatuh tempo dapat dilakukan 7×24 jam. Apabila pencairan dilakukan pada tanggal jatuh tempo maka dapat memilih pencairan segera
  7. Setelah menentukan jenis pencairan, silakan klik “lanjut.”
  8. Selanjutnya, akan akan muncul layar konfirmasi dari pemilihan yang sudah dilakukan sebelumnya. Kalau sudah benar dan yakin maka silakan klik “Lanjut” dan masukkan PIN
  9. Terakhir, di layar akan muncul transaksi “Berhasil” jika pencairan segera. Untuk pencairan sesuai jatuh Tempo, muncul bukti transaksi “Dalam Proses” dan akan berubah menjadi berhasil jika sudah jatuh tempo
  10. Apabila transaksi berhasil atau gagal maka notifikasi transaksi tetap akan muncul di email. Silakan cek email kamu yang telah didaftarkan sebelumnya

Selain itu, kamu bisa cek juga melalui inquiry status di “Status Pencairan” dalam menu Deposito di aplikasi myBCA atau dapat mengecek saldo di rekening pencairan di myBCA.

Sekian ulasan tentang tips buka deposito BCA yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca jugaCara Bayar Indodana lewat BRI: ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU