30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Tips Investasi Emas Untuk Ibu Rumah Tangga, Cuan !

JAKARTA, duniafintech.com – Tips investasi emas untuk ibu rumah tangga merupakan investasi yang sangat menguntungkan. Apalagi memiliki emas baik berupa logam mulia ataupun perhiasan bisa menjadi instrumen investasi menjanjikan. 

Terlebih lagi investasi emas perhiasan yang bisa digunakan oleh ibu rumah tangga dipakai untuk mempercantik diri dan investasi diperlukan saat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau pendidikan anak. 

Tips-tips investasi emas untuk ibu rumah tangga

  1. Pelajari Kondisi Finansial Pribadi

Kamu harus memiliki perencanaan keuangan sebelum melakukan tips investasi emas. Setidaknya, kamu harus bisa menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk melakukan investasi, lakukan investasi emas sesuai dengan kondisi dan kemampuan keuangan kamu. 

Bahkan, saat ini untuk melakukan investasi emas bisa memulai dari harga Rp10 ribu saja, lho !

  1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Kamu harus memastikan tujuan melakukan investasi emas. Rata-rata orang melakukan investasi untuk tabungan pernikahan, pendidikan dan tabungan di hari tua. 

Sebab, investasi emas sifatnya bisa dilakukan jangka panjang dalam kurun waktu 5 tahun sampai 10 tahun mendatang. Sehingga kamu bisa mengetahui kapan emas tersebut bisa dijual kembali untuk kebutuhan. 

  1. Beli Emas Di Tempat Terpercaya

Membeli produk emas, kamu bisa membeli langsung onsite atau online. Jika memilih membeli emas via online, kamu harus lebih teliti platform yang resmi dan aman. Setidaknya platform tersebut harus berizin dan dibawah pengawasan pemerintah. 

Jika membeli emas dengan onsite, kamu harus memastikan tempat pembeliannya dengan aman dan berdasarkan referensi yang terpercaya. 

  1. Simpanlah Emas Dengan Aman

Saat kamu memilih untuk berinvestasi emas, kamu harus memperhati penyimpanannya agar aman dan tidak mudah untuk dicuri. 

Disarankan, kamu menyimpan emas di brankas atau safety deposit box di bank. Penyimpanan di safety deposit box, tentunya harus mengeluarkan biaya tambahan. Namun, hal itu penting tidak masalah jika mengeluarkan biaya tambahan selama emas kamu tersimpan dengan aman dan dijamin oleh bank. 

  1. Pantau Harga Emas 

Pentingnya memantau harga emas karena kamu bisa mengetahui kapan emas harus kamu beli dan kapan kamu harus menjual emas. Tentunya saat emas mengalami penurunan, momen tersebut merupakan keputusan untuk membeli.

Begitu juga saat emas mengalami peningkatan, tentunya hal itu juga merupakan momen kamu untuk menjual emas. Sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan saat melakukan investasi emas. 

  1. Bicarakan dengan Pasangan 

Terbuka dengan pasangan merupakan kunci investasi agar dapat berjalan dengan baik. Jangan sampai tanpa komunikasi dengan pasangan karena hal tersebut menyangkut uang yang digunakan. 

Untuk itu bicarakan rencana investasi emas dengan pasangan, agar seluruh proses investasi diketahui seluruhnya oleh pasangan

Alasan Ibu Rumah Tangga Cocok Untuk Investasi Emas

  1. Emas dapat digunakan untuk dana darurat;
  2. Dapat menjadi alat tukar;
  3. Sifatnya likuid atau mudah dicairkan;
  4. Relatif tahan terhadap laju inflasi;
  5. Dapat dibeli dengan nominal kecil;
  6. Resikonya rendah;
  7. Nilai emas setiap tahunnya cenderung naik. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE