33.1 C
Jakarta
Minggu, 24 Oktober, 2021

Tips Investasi Properti agar Untung Maksimal

Untuk menambah pundi-pundi kekayaan, salah satu langkah yang tepat adalah dengan memiliki properti yang disewakan. Terkait hal itu, tentu diperlukan sejumlah tips investasi properti agar untung maksimal demi mencapai tujuan tadi.

Adapun keberadaan properti pada umumnya akan membuat seseorang dapat dengan mudah memperoleh penghasilan pasif tanpa perlu sibuk atau repot bekerja setiap hari. Maka dari itu, apabila sekarang uang yang dimiliki sudah terkumpul dan memang hendak mencari properti untuk dijadikan investasi, penting untuk memperhatikan sejumlah kriteria yang membuat properti itu memiliki nilai di mata penyewa nantinya.

Properti dalam hal ini dapat beragam jenisnya, yaitu rumah, tanah, apartemen, dan ruko untuk disewakan ataupun dibeli kembali. Namun, sebelum membahas tips investasi properti agar untung maksimal, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang terkait dengan itu, mulai dari pertimbangan penting sebelum investasi properti hingga 

Pertimbangan Penting sebelum Membeli Properti

Mengetahui investasi properti secara keseluruhan terlebih dahulu akan sangat membantu untuk memulai investasi properti. Selanjutnya, kenali juga masing-masing jenis properti untuk menakar pilihan investasi di bidang ini. Adapun beberapa pertimbangan penting sebelum investasi properti adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar Properti

Jenis penyewa yang akan menyewa properti akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar properti tersebut atau lokasi sebuah properti berada. Sebagai contoh, apabila lokasi properti yang dimiliki berada di sekitar universitas atau sekolah, para mahasiswa dan siswa yang bersekolah di sekitar itu dipastikan bakal menjadi penyewa potensial.

  1. Pajak Properti yang Harus Dibayarkan

Pajak properti antara satu kawasan dengan kawasan yang lain berlainan sehingga hal itu juga penting untuk diketahui. Maka dari itu, menjadi sangat penting untuk mengetahui besaran pajak yang bakal dikeluarkan agar pendapatan sewa nantinya jangan sampai tidak cukup untuk menutup besaran pajak yang ada.

Meski demikian, jangan pula terlalu mempersoalkan pajak yang tinggi apabila properti memang terletak di kawasan strategis dan mempunyai banyak penyewa potensial.

  1. Dekat dengan Sekolah

Jika target penyewa properti yang dibidik adalah sebuah keluarga, penting untuk memperhatikan kriteria yang satu ini, yaitu lokasi properti berdekatan dengan sekolah. Pasalnya, akan menjadi percuma apabila properti yang dimiliki cukup bagus, tetapi sekolah yang berkualitas di sekitar lingkungan itu sangat minim.

  1. Tingkat Kejahatan yang Ada di Sekitar Lokasi Properti

Lokasi yang sangat rawan dengan tindakan kriminal dipastikan tidak akan menjadi pilihan siapa pun. Karena itu, properti yang dimiliki tentu tidak akan diminati oleh penyewa apabila lokasinya di daerah yang rawan bahaya.

Terkait hal itu, cara terbaik untuk mengukur tingkat kejahatan di suatu daerah, yakni dengan melihat data statistik yang biasanya tersedia di perpustakaan umum. Dalam hal ini, penting secara pasti untuk mengetahui tingkat vandalisme, kejahatan kecil, kejahatan serius, dan lain sebagainya di sekitar lokasi properti itu.

  1. Kesempatan Kerja yang Ada

Penyewa juga akan memperhatikan faktor menarik ini saat menyewa sebuah properti, yaitu ketika lokasi properti itu berdekatan dengan lokasi kerja. Apabila properti yang ditawarkan berlokasi di sekitar kawasan industri atau perusahaan, para karyawan yang bekerja di itu tentu sangat potensial untuk menjadi penyewa.

Boleh jadi pula, misalnya, ketika akan dibangun sebuah perusahaan baru di sekitar lokasi properti, hal itu akan berpengaruh terhadap keinginan para karyawan yang akan menyewa properti di sekitar lokasi itu.

  1. Fasilitas yang Ada

Berbagai hiburan dan berbagai fasilitas yang lain juga dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di sebuah daerah. Karena itu, lokasi sebuah properti dapat dikatakan strategis apabila ia berdekatan dengan pusat belanja, mal, sarana transportasi umum, bioskop, sarana kesehatan, dan sebagainya.

  1. Rencana Pengembangan di Masa Depan

Bukan hanya dilihat dari situasinya saat ini, sebuah properti dianggap bernilai ketika di situ juga rencana pengembangan di masa depan. Misalnya, apabila di daerah itu akan dibangun gedung apartemen, mal, dan sekolah berkualitas, area itu dapat berpotensi untuk memiliki pertumbuhan yang sangat baik.

Di samping itu, pengembangan di masa depan pun dapat berpotensi merugikan dan mempengaruhi daya saing properti yang dimiliki. Sebagai contoh, terdapat rencana untuk menghilangkan ruang terbuka hijau atau adanya perumahan baru, hal itu tentu berpotensi memberikan persaingan untuk properti yang dimiliki.

  1. Rata-rata Pendapatan Sewa Properti

Secara umum, pendapatan sewa properti dapat diartikan sebagai adalah potensi pendapatan pasif yang akan diterima oleh pemberi sewa properti ketika ia memiliki sebuah properti yang disewakan. Dalam hal ini, memang penting untuk mengetahui secara baik rata-rata biaya sewa yang ada di sekitar lingkungan properti yang dimiliki.

Hal itu agar jangan sampai menetapkan harga sewa yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Apabila ingin menetapkan harga sewa yang lebih tinggi dari rata-rata biaya sewa, penting juga untuk terlebih dahulu memastikan bahwa nantinya sanggup memberikan nilai tambah lain kepada penyewa.

  1. Potensi Bencana Alam

Nilai properti dan biaya yang harus dikeluarkan juga akan sangat dipengaruhi oleh lokasi properti terletak di daerah yang sangat rawan bencana, seperti tanah longsor ataupun banjir. Pasalnya, para penyewa yang mengetahui hal itu boleh jadi bakal tidak tertarik untuk menyewa properti. Mereka pun bahkan akhirnya akan beralih ke properti lain.

Di samping itu, lokasi yang rawan bencana juga mengharuskan si pemberi sewa mengeluarkan biaya tambahan untuk asuransi properti apabila suatu waktu propertinya mengalami musibah. Tentu saja biaya tambahan yang harus dikeluarkan ini akan mempengaruhi pendapatan sewa yang akan diperoleh dari properti yang dimiliki itu.

Tips Investasi Properti agar Untung Maksimal

Untuk sukses berinvestasi alias mendapatkan keuntungan maksimal, perlu untuk mengetahui beberapa tips di bawah ini:

  1. Memiliki Keyakinan Kuat

Meski tidak terlahir dari keluarga konglomerat atau dengan status sosial tinggi, tetaplah berusaha untuk tidak merasa rendah diri. Justru, kondisi itu harus menjadi kesempatan untuk mengubah kehidupan sekaligus mampu dijadikan sebagai motivasi diri. Karena itu, yakinkanlah diri untuk bisa menjadi orang kaya dan sanggup memiliki kekayaan yang besar.

Pasalnya, sebelum orang lain menjadi kaya, pada dasarnya mereka pun harus berjuang untuk sampai ke titik itu. Karena itu, gunakanlah sedikit demi sedikit uang gaji yang dimiliki untuk diinvestasikan kepada properti yang diinginkan. Kemudian, sesuaikan bangunan dengan tabungan yang dimiliki tadi.

Namun, memilih properti memang tidak gampang sebab lokasi pun akan sangat menentukan dalam hal ini. Jika suatu waktu nanti ada yang berminat untuk menyewa maupun membeli ruko yang dimiliki, tetapi saat melihat akses jalannya ternyata sangat rumit, konsumen tentu cenderung tidak akan mau membeli atau menyewanya.

  1. Menyadari Sepenuhnya Apa yang Dilakukan

Modal yang besar memang sangat diperlukan dalam menjalankan investasi properti. Oleh sebab itu, apabila merasa tidak rela untuk menggunakan uang untuk diinvestasikan, sebaiknya jangan gunakan. Pasalnya, yang terjadi nantinya justru menyesal dan menjual properti yang dimiliki itu kepada yang membutuhkannya. Padahal, nilai dari properti itu masih belum berkembang menjanjikan sehingga hasilnya pun bahkan belum sempat dinikmati.

Maka dari itu, pastikan untuk sadar dengan tindakan yang dilakukan sebab uang yang dimiliki itu bakal berubah menjadi bangunan dan baru akan berubah kembali menjadi uang apabila memang dibutuhkan.

  1. Memperhatikan Biaya Renovasi

Rumah ataupun bangunan yang diinvestasikan tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja. Dalam hal ini, perlu perawatan dan pemeliharaan yang baik. Pasalnya, kian rapi dan bersih properti yang dimiliki, tentu bakal makin tinggi pula nilai dari investasi itu.

Bahkan, properti itu pun nantinya dapat terjual dengan harga mahal atau tinggi. Akan tetapi, penting pula untuk memastikan bahwa biaya renovasi sudah sesuai dengan keuntungan yang diperoleh nantinya.

Demikianlah beberapa cara sukses berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan maksimal yang perlu diketahui. Namun, penting juga untuk memahami bahwa properti sendiri bukan hanya soal rumah, melainkan terdiri dari banyak ragam, misalnya toko, ruko, dan sebagainya. Karena itu, kenali terlebih dahulu jenis properti apa yang cocok untuk diinvestasikan dan sesuaikan dengan keuangan sebelum ikut terjun ke dalam investasi ini.

Itu tadi tips investasi properti agar untung lebih maksimal.

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Panduan Sukuk Terlengkap untuk Investasi Obligasi Syariah

Investasi obligasi belakangan ini kian diminati sehingga panduan sukuk terlengkap sangat penting untuk diketahui. Istilah sukuk yang menjadi lini investasi ini prospeknya dilirik oleh...

Bunga Bank: Hukum, Faktor yang Mempengaruhi, dan Jenisnya

Bunga bank atau bank interest adalah salah satu istilah perbankan terpopuler, yang meski seringkali didengar, tetapi masih banyak orang yang belum begitu dekat dengan...

Kenali 12 Prinsip Asuransi Syariah sesuai Syariat Islam

Sebagaimana diketahui, prinsip asuransi syariah harus sesuai dengan syariat Islam sebab jenis pertanggungan yang satu ini mendasarkan kriterianya sesuai dengan ajaran Islam. Saat ini,...

Keuntungan dan Cara Menjadikan Perusahaan Go Public

Perusahaan go public berarti perusahaan tersebut telah menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan...

Pinjaman AwanTunai, Layanan Cicilan Online tanpa Kartu Kredit

Awantunai adalah pinjaman online tanpa kartu kredit sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit dan...
LANGUAGE