26.8 C
Jakarta
Jumat, 14 Juni, 2024

Tips Menabung untuk Beli Rumah Idamanmu!

JAKARTA, duniafintech.com – Memiliki rumah idaman tentu menjadi harapan semua orang dan berikut usalan mengenai tips menabung guna mengejar untuk beli rumah impian. Rumah memang menjadi salah satu faktor penting yang harus dimiliki setiap orang. Karena rumah memiliki beragam fungsi selain untuk berteduh istirahat dan lain sebagainya.

Merasa lelah setelah kesibukan yang padat dari kantor dan pulang ke rumah idaman tentu menjadi harapan semua orang. Membeli rumah bisa dikatakan sangat sulit dan butuh jangka waktu yang lama. Namun bukan hal yang mustahil untuk bisa beli rumah, dan tim DuniaFintech sudah merangkum tips untuk kamu semua.

Tips Menabung untuk Beli Rumah

  1. Lunasi Hutang

Tips pertama sebelum memulai program menabung untuk beli rumah, pastikan Anda sudah melunasi hutang Anda. Setelah utang lunas, lebih mudah menyisihkan anggaran untuk pembelian apartemen. Bahkan melunasi hutang Anda adalah langkah pertama untuk mendapatkan rumah jika berpenghasilan rendah.

Melunasi utang, sekecil apapun, akan membuat Anda lebih fokus menabung untuk persiapan membeli rumah. Plus, beban utang Anda akan berkurang saat Anda mulai menabung untuk membeli rumah impian Anda.

  1. Rencanakan Keuangan Anda dengan Hati-hati

Membuat rencana keuangan mungkin bukan prioritas semua orang. Tetapi perencanaan keuangan yang cermat dapat membantu Anda mempersiapkan tabungan Anda dengan lebih baik. Biasanya, Anda harus membayar sekitar 5-15% dari uang muka apartemen, yang harus disisihkan untuk mendapatkannya segera. Sekarang lebih mudah menyisihkan uang dengan rencana keuangan yang cermat.

Tapi tips perencanaan menabung untuk beli rumah tanpa eksekusi akan sia-sia. Setelah Anda membuat rencana keuangan, pastikan Anda serius menerapkannya. Pastikan juga rencana yang Anda buat realistis. Misalnya, menabung 30 persen dari penghasilan Anda untuk menyiapkan uang muka apartemen tetap bisa dilakukan tanpa mengurangi anggaran harian Anda.

Baca juga: Asuransi Property All Risk Lindungi Rumahmu!

tips menabung untuk beli rumah

Baca juga: Tips Beli Rumah KPR Plus Syarat Pengajuannya bagi Pekerja Kantoran

  1. Rekening Terpisah

Beberapa orang memilih untuk menggunakan hanya satu akun untuk menganggarkan pengeluaran sehari-hari dan uang muka rumah. Namun jika memungkinkan, ada baiknya membuka rekening baru, terutama untuk menabung guna membeli rumah. Dengan dua rekening berbeda, satu rekening khusus bisa dicadangkan untuk tabungan, sedangkan rekening lainnya bisa dicadangkan untuk pengeluaran sehari-hari. Untuk memuatnya lebih sedikit, Anda bisa mencari bank yang menawarkan layanan tabungan tanpa potongan bulanan atau potongan kecil.

  1. Tetapkan Tujuan Tabungan Bulanan

Harga rumah diketahui terus naik dari waktu ke waktu. Itu sebabnya Anda perlu menetapkan tujuan tabungan Anda. Anda harus ingat bahwa setiap orang memiliki gaya menabung yang berbeda. Jadi, Anda perlu menemukan gaya menabung terbaik untuk Anda – harian, mingguan, atau bulanan? Setelah Anda memutuskan jangka waktu yang tepat untuk menabung, Anda juga harus menentukan berapa banyak yang perlu Anda tambahkan.

Contoh tips menabung untuk beli rumah yang terakhir ini misalnya, Anda adalah tipe orang yang lebih suka menabung setiap hari. Jika Anda bisa menabung hingga Rp40.000 dalam satu hari dengan konsistensi yang baik, Anda bisa mengumpulkan lebih dari Rp14.000.000 dalam satu tahun. Jumlah ini tentu cukup untuk uang muka rumah. Bagaimana guys? Cukup menjanjikan, bukan?

Demikian ulasan lengkap mengenai tips menabung untuk beli rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Menabung Untuk Beli Rumah Saat Memiliki Cicilan Kendaraan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU