26.7 C
Jakarta
Sabtu, 2 Desember, 2023

Tips Menabung untuk Beli Rumah Gaji Rp2 Juta, Mitos atau Fakta?

JAKARTA, duniafintech.com – Tips menabung untuk beli rumah dengan gaji Rp2 juta, mungkinkah? apakah mungkin terjadi, mari disimak ulasan berikut ini.

Apakah Anda ingin membeli hunian, tetapi gaji rendah menghalangi Anda? Siapa bilang itu tidak mungkin? Mungkin! Tapi bagaimana cara menabung untuk membeli apartemen dengan gaji rendah? Pertanyaan ini kerap menghantui kaum milenial yang ingin memiliki rumah sendiri, namun gajinya masih di bawah UMR.

Jangan hanya sekedar bermimpi, anda harus ingat bahwa harga rumah sedang naik daun, sehingga jika anda tidak mulai membayarnya sekarang, mimpi anda untuk memiliki rumah bisa jadi hanya sekedar omongan belaka.

Tapi jangan khawatir, tidak ada yang mustahil. Semoga kebingungan Anda hilang, berikut cara menabung untuk membeli apartemen dengan gaji bulanan Rp2 juta.

Baca jugaAsuransi Property All Risk Lindungi Rumahmu!

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaTips Beli Rumah KPR Plus Syarat Pengajuannya bagi Pekerja Kantoran

Tips Menabung untuk Beli Rumah Gaji 2 Jutaan

Perlu ditegaskan bahwa cara di bawah ini hanya bisa digunakan bagi mereka yang tidak mempunyai tanggungan.

  1. Buat Rencana Keuangan

Terdengar simple namun penting, sebab, 5-15 persen uang yang terkumpul bisa digunakan untuk uang muka rumah. Kemudian Anda harus mengalokasikan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan uang untuk tabungan. Jadi uang yang seharusnya bisa Anda tabung untuk membeli rumah tidak digunakan untuk hal lain.

  1. Lunasi Hutang sebelum Menabung

Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah melunasi seluruh utangnya. Utang sekecil apa pun bisa menjadi penghambat tabungan rumah tangga di masa depan. Setelah seluruh utang dan pembayaran lunas, Anda bisa lebih fokus menabung untuk rumah idaman. Setelah utang lunas, beban Anda pun terangkat, sehingga menabung menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

  1. Disiplin Menabung

Apakah Anda lebih ingin menabung harian, mingguan, atau bulanan? Selama Anda konsisten, menabung harian, mingguan, atau bulanan juga sama efektifnya. Misalnya saja jika Anda ingin menabung setiap hari, Anda bisa menggunakan cara menabung 20 ribu hingga 40 ribu per hari. Jika Anda gigih, uang yang terkumpul bisa mencapai sekitar 14 juta.

Dana ini cukup untuk menutupi down payment Anda. Atau Anda dapat menentukan strategi alokasi keuangan 50 : 30 : 20. 50% gaji untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% gaji ditabung untuk membeli apartemen dan 20% sisanya untuk dana darurat.

Simulasi:

  • Gaji 1 bulan : Rp. 2.000.000
  • Kehidupan Pokok: 50% X Rp. 2.000.000 = Rp. 1.000.000
  • Menabung: 30% X Rp. 2.000.000 = Rp. 600.000
  • Dana Darurat : 20% X Rp. 2.000.000 = Rp. 400.000

Jangka waktu tabungan Anda bisa lebih atau kurang dari 5 tahun, semua tergantung tujuan yang ingin Anda capai. Kuncinya adalah menghindari memberikan nilai yang tidak masuk akal pada rencana keuangan Anda, karena ini justru menjadi beban bagi Anda.

Tips menabung untuk beli rumah, Anda dapat menuliskan tujuan tabungan Anda dan menempelkannya di tempat yang mudah Anda lihat. Terbukti memotivasi dan mengingatkan Anda akan tujuan menabung.

  1. Buka Rekening Khusus

Sebagai bagian dari menabung untuk rumah, Anda dapat menyiapkan akun khusus sehingga Anda dapat menyimpan setiap periode tanpa terganggu oleh acara lain. Pastikan Anda memilih rekening tanpa potongan untuk menghemat gaji dan tidak menggunakan kartu ATM atau isi ulang mobile banking agar tidak tergoda untuk mengeluarkan uang terus-menerus. Dengan rekening kedua, Anda menghemat uang untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Menabung dengan Berinvestasi

Bagi mereka yang berpenghasilan 2 juta per bulan, memilih investasi dengan risiko rendah bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan passive income, salah satunya adalah investasi emas. Seperti yang kita ketahui, harga emas selalu meningkat setiap tahunnya. Harganya relatif stabil, tidak pernah turun.

Oleh karena itu, investasi ini sangat menjanjikan. Selain itu, bentuk investasi lain yang bisa menjadi alternatif penambahan modal untuk membeli apartemen adalah deposito. Mau investasi emas atau deposito, resiko kerugiannya tidak terlalu tinggi dan keuntungannya juga tinggi. Tapi apakah itu masih lebih baik daripada terjebak dengan uang?

Demikian informasi seputar tips menabung untuk beli rumah. Semoga berhasil ya!

Baca jugaTips Menabung Untuk Beli Rumah Saat Memiliki Cicilan Kendaraan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Jenis Cyber Crime, Perhatikan Dampak dan Cara Antisipasinya

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis Cyber Crime perhatikan dampak dan cara antisipasinya juga dikenal sebagai keamanan siber, mengacu pada kegiatan kriminal yang melibatkan penggunaan komputer,...

Cara mengajukan Asuransi Mobil Syariah yang Tepat

JAKARTA, duniafintech.com - Cara mengajukan asuransi mobil syariah tak jauh berbeda dengan pengajuan asuransi kendaraan yang menggunakan lembaga keuangan konvensional. Asuransi mobil adalah produk...

Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis Penting Diketahui Nih

JAKARTA, duniafintech.com - Dalam pengembangan bisnis, survei merupakan sarana pengumpulan informasi penting yang manfaat peranannya juga sangat penting. Dengan bantuan survei, perusahaan mendapatkan informasi...

Bunga Deposito 1 Milyar Per Bulan, Simulasi Perhitungan Bank

JAKARTA, duniafintech.com - Bunga deposito 1 milyar per bulan akan berbeda-beda tergantung pada bank dan tenor deposito. Bunga deposito untuk setiap jumlah dan periode...

Cara Cerdas Melunasi Kartu Kredit

JAKARTA, duniafintech.com - Cara cerdas lunasi kartu kredit hadir disaat kamu merasa tidak mungkin untuk melunasi semua utang tersebut, benarkah? Jangan bingung dulu. Utang...
LANGUAGE