26.7 C
Jakarta
Sabtu, 2 Desember, 2023

Tips Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini Sejahterakan Hari Tua

JAKARTA, duniafintech.com – Tips menyiapkan dana pensiun merupakan salah satu hal yang penting untuk dibahas karena menyangkut dengan keuangan pada masa depan. Pernahkah terlintas pertanyaan bahwa apakah sudah menyiapkan dana pensiun untuk dihari tua kamu nanti?

Kali ini tim DuniaFintech.com akan mengulas lebih detail mengenai tips menyiapkan dana pensiun.

Mengenal Dana Pensiun

Seperti yang diketahui setiap orang akan menganggap dana pensiu adalah dana yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam menghadapi pasca memasuki masa pensiun atau bisa dikatakan sudah tidak aktif bekerja. Masa pensiun sendiri pada umumnya berlaku setelah individu memasuki usia 55 tahun ke atas.

Mengelola Dana Pensiun

Tidak semua orang memiliki pekerjaan yang menjamin pensiun. Solusinya, sisihkan sekitar 10% dari penghasilan kamu untuk ditabung menjadi dana pensiun dalam rencana keuangan kamu.

Kamu harus dapat memastikan bahwa dana pensiun perlu ditabuung secara konsisten dan hanya boleh digunakan saat tak aktif lagi bekerja.

Baca jugaTips Investasi Emas Masa Pensiun: Intip Yuk Agar Tenang Masa Tuanya!

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaCara Perhitungan Pensiun Dini Karyawan Swasta dan Pertimbangannya

Tips Menyiapkan Dana Pensiun

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menyiapkan dana pensiun, cocok untuk kamu yang lagi berjuang menabung untuk kesejahteraan pada masa depan kelak.

  1. Tentukan Target Usia Pensiun

Usia berapa akan pensiun, alias berhenti bekerja serta tak lagi mendapat penghasilan secara rutin? ini merupakan tips pertama dan hal terpenting yang harus dipertimbangkan dalam menyiapkan dana pensiun. Seperti diketahui di Indonesia rata-rata masa pensiiun berada dalam rentang usia 55 tahun ke atas. Angka ini dapat digunakan sebagai patokan.

Semakin cepat kamu dalam mulai untuk persiapkan tabungan dana pensiun, itu artinya semakin ringan usaha yang harus dilakukan untuk menyiapkan dana untuk masa pensiun yang sejahtera. Jika saat ini usia kamu masih 25 tahun, tidak masalah. Tabungan pensiun dapat diterapkan atau dipersiapkan sejak dini.

  1. Tingkatkan Sumber Pemasukan

Tips menyiapkan dana pensiun selanjutnya adalah menyiapkan tabungan hari tua. Tabungan ini biasanya akan digunakan untuk menutupi keperluan kala menghadapi masa pensiun, dan tentu membutuhkan alokasi anggaran yang memadai untuk diinvestasikan.

Dengan meningkatkan sumber pemasukan, bukan tidak mungkin kamu akan dengan mudah memperoleh pendapatan yang memadai guna ditabungkan ke semua pos rencana keuangan tersebut. Pemasukan tambahan itu bisa didapat dengan mencari penghasilan ekstra.

Caranya bisa dengan mencari dan menjalankan side job atau pekerjaan sampingan. Contoh pekerjaan sampingan yang bisa dijalani seperti penulis, make up artis, MC kegiata, penerjemah dan lainnya, sesuai dengan kemampuan yang kamu punya.

Hal ini diharapkan dapat memberikan penghasilan yang lumayan, guna dialokasikan pada tabungan dana pensiun.

  1. Lunasi Hutang dan Cicilan

Selesaikan atau hutang dan cicilan adalah tips menyiapkan dana pensiun berikutnya. Pasalnya, seseorang bisa dikatakan merdeka secara finansial juga sudah melunasi segala biaya cicilan seperti rumah, kendaraan, maupun hutang lainnya, yang nantinya berguna untuk segera memulai mempersiapkan dana pensiun.

Dengan melakukan pelunasan cicilan tersebut, maka seseorang dapat memanfaatkan investasi barang yangdisiapkan dengan bebas sewa. Sehingga, dapat mengurangi biaya bulanan yang signifikan dan menambah alokasi dana pensiun kamu.

  1. Konsisten Terhadap Rencana Keuangan

Seseorang memerlukan konsistensi dalam berupaya menyiapkan dana pensiun demi terkumpul dengan benar dan tak digunakan untuk keperluan konsumtif. Tips menyiapkan dana pensiun berikutnya dapat dilakukan dengan menyisihkan 10 persen dari penghasilan untuk menabung.

Sebagai contoh jika memiliki penghasilan Rp5 juta tiap bulan, maka kamu akan memiliki Rp60 juta dalam setahun. Untuk itu, sisihkan 10% dari dana penghasilan ini tiap tahunnya untuk digunakan sebagai tabungan dana pensiun kamu secara konsisten.

  1. Miliki Asuransi

Memiliki asuransi juga masuk dalam tips menyiapkan dana pensiun, karena pada usia senja biasanya kondisi kesehatan semakin sensitif jika dibandingkan ketika masih muda. Untuk itu, instrumen investasi dapat dipilih sebagai proteksi kesehatan dan proteksi jiwa. Jenis asuransi yang dapat dipilih yaitu, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Mengapa Dana Pensiun dan Asuransi Penting?

Semakin tua usia, harga premi asuransi semakin mahal. Dengan memiliki asuransi ketika kondisi masih muda dan sehat, kamu lebih leluasa memilih asuransi yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan saat ini.

Baca jugaJenis Dana Pensiun, Apa Saja? Ketahui Yuk di Sini!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Jenis Cyber Crime, Perhatikan Dampak dan Cara Antisipasinya

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis Cyber Crime perhatikan dampak dan cara antisipasinya juga dikenal sebagai keamanan siber, mengacu pada kegiatan kriminal yang melibatkan penggunaan komputer,...

Cara mengajukan Asuransi Mobil Syariah yang Tepat

JAKARTA, duniafintech.com - Cara mengajukan asuransi mobil syariah tak jauh berbeda dengan pengajuan asuransi kendaraan yang menggunakan lembaga keuangan konvensional. Asuransi mobil adalah produk...

Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis Penting Diketahui Nih

JAKARTA, duniafintech.com - Dalam pengembangan bisnis, survei merupakan sarana pengumpulan informasi penting yang manfaat peranannya juga sangat penting. Dengan bantuan survei, perusahaan mendapatkan informasi...

Bunga Deposito 1 Milyar Per Bulan, Simulasi Perhitungan Bank

JAKARTA, duniafintech.com - Bunga deposito 1 milyar per bulan akan berbeda-beda tergantung pada bank dan tenor deposito. Bunga deposito untuk setiap jumlah dan periode...

Cara Cerdas Melunasi Kartu Kredit

JAKARTA, duniafintech.com - Cara cerdas lunasi kartu kredit hadir disaat kamu merasa tidak mungkin untuk melunasi semua utang tersebut, benarkah? Jangan bingung dulu. Utang...
LANGUAGE