26.1 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

Trik Menabung 20 Juta dalam Satu Tahun Ini Bisa Kamu Coba

JAKARTA, duniafintech.com – Salah satu tujuan utama mengapa kita harus bekerja adalah untuk mengumpulkan uang. Uang yang kita kumpulkan tidak lain dengan cara ditabung. Namun pernahkah anda berkeinginan untuk menabung 20 juta dalam 1 tahun? Jika iya, anda perlu mengetahui berbagai trik dan cara menabung 20 juta dalam 1 tahun yang tepat.

Menabung 20 juta dalam setahun keliatannya cukup berat bagi seorang yang belum terbiasa menabung. Anda pastinya harus menahan godaan besar akan pengeluaran ini itu yang sudah biasa anda lakukan.

Cara Menabung 20 Juta Dalam 1 Tahun

Mulai dari sini, Anda harus menahan segala hal yang membuat boros. Selain itu, anda bisa simak cara menabung 20 juta dalam 1 tahun pada pembahasan berikut.

1. Mengurangi Pengeluaran Jajan

Poin utama yang perlu anda perhatikan untuk mengumpulkan uang 20 juta dalam setahun adalah mengurangi pengeluaran jajan. Baik itu jajan makanan ataupun minuman, jika terlalu sering anda lakukan pasti perhitungan pengeluaran anda akan membengkak. Sehingga simpanan dalam dompet anda semakin hari semakin menipis.

Hal ini menjadikan peluang anda dalam menabung menjadi berkurang. Maka dari itu, kurangi segala jenis pengeluaran yang bersifat sementara. Alangkah lebih baiknya jika anda mengganti kebiasaan jajan anda dengan makan masakan sendiri di rumah. Selain terjangkau, cara ini lebih irit daripada jajan di luaran.

2. Mengumpulkan Kembalian saat Belanja

Setiap berbelanja di toko, warung ataupun di minimarket, pasti anda sering mendapat kembalian. Walaupun kembalian uang yang anda terima hanya recehan, perlu anda kumpulkan sejak dini dan masukkan dalam tabungan harian. Langkah ini sebagai awal anda mulai menabung dan hidup hemat.

Dimulai dari hal kecil seperti anda mengumpulkan uang kembalian belanja, lama-lama akan bertambah banyak. Akan tetapi, dalam menjalankan cara ini anda harus bersabar. Jangan terburu-buru membongkar celengan dalam kurun waktu yang singkat. Tunggu hingga beberapa bulan atau setahun, maka uang kembalian anda bisa menjadi tambahan tabungan.

3. Memisahkan Simpanan Tabungan dengan Simpanan Harian

Dalam menyimpan uang, ada baiknya jika anda memisahkan mana tabungan untuk simpanan dan mana tabungan untuk kebutuhan harian. Contohnya untuk simpanan tabungan anda bisa menggunakan rekening tanpa ATM, sehingga anda tidak mudah tergoda untuk mengambil uang ke ATM. Sementara untuk simpanan sehari-hari, gunakan rekening ber-ATM.

Untuk tabungan simpanan, anda bisa menyetorkan uang tunai selepas anda gajian setiap bulannya. Sehingga uang anda bisa terkumpul sesuai target yang telah anda tentukan yakni cara menabung 20 juta dalam 1 tahun. Tujuan dilakukannya hal ini adalah agar uang anda tidak tercampur aduk, penyimpanan bisa lebih teratur dan sistematis.

4. Mengaktifkan Fitur Auto Debit

Layanan perbankan saat ini memiliki fitur auto debit yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Fitur ini sangat cocok bagi anda yang ingin menabung 20 juta dalam setahun. Setiap tanggal gajian, anda bisa mengatur auto debit, dimana sebagian uang masuk ke rekening tabungan secara otomatis. Uang tabungan tersebut tidak dapat diambil dalam jangka waktu yang ditentukan.

Cara ini cukup efektif karena bisa mengendalikan pengeluaran lain-lain yang kurang penting. Namun anda juga perlu memiliki simpanan yang bersifat fleksibel dan bisa dicairkan sewaktu-waktu.

Itulah beberapa cara menabung 20 juta dalam 1 tahun yang cukup mudah dilakukan. Cara-cara diatas tidak hanya berlaku bagi yang berpenghasilan besar saja. Anda yang berpenghasilan menengah ke bawah pun masih bisa menerapkan penghematan ekstra dengan menanamkan misi utama menabung 20 juta dalam setahun.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU