25.6 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Tutorial Investasi Bitcoin bagi Pemula dan Keuntungannya, Pemula Wajib Paham!

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial investasi Bitcoin dengan mudah akan sangat penting diketahui dan dipahami oleh para trader kripto.

Aset kripto, termasuk Bitcoin, saat ini memang telah menjadi salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Investasi kripto bagi pemula pun bisa dilakukan dengan berbagai tahapan dan yang paling utama adalah dengan membuka diri untuk belajar dan memahami instrumen aset mata uang digital tersebut.

Nah, buat kamu yang penasaran ingin mengetahui tutorialnya, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Buka situs web INDODAX dan klik tombol “Daftar” untuk membuat akun baru. Isi informasi yang diperlukan, seperti nama lengkap, alamat email, kata sandi, dan nomor telepon. Setelah itu, verifikasi akun Anda melalui email yang dikirimkan oleh INDODAX.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Cs Masih di Zona Hijau, Solana Juaranya

Apa Itu Investasi Bitcoin

Investasi Bitcoin adalah proses membeli Bitcoin dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dari pergerakan harga Bitcoin di pasar.

Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto yang paling terkenal dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009. 

Sebagai aset digital, Bitcoin tidak terkait dengan bank sentral atau pemerintah manapun.

Investasi Bitcoin melibatkan pembelian Bitcoin dan menyimpannya dalam dompet digital atau platform pertukaran yang aman. 

Investor Bitcoin percaya bahwa nilainya akan meningkat di masa depan sehingga mereka membelinya dengan harapan dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dan memperoleh keuntungan.

Keuntungan investasi Bitcoin dapat berasal dari volatilitas harga yang tinggi. 

Harga Bitcoin cenderung berfluktuasi secara signifikan dalam waktu singkat sehingga memberikan peluang bagi investor untuk memperoleh keuntungan jika mereka membeli pada harga rendah dan menjualnya pada harga tinggi.

Keuntungan Investasi Bitcoin — Tutorial Investasi Bitcoin

Investasi Bitcoin memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Potensi Keuntungan Tinggi

Salah satu keuntungan utama investasi Bitcoin adalah potensi keuntungan yang tinggi.  Harga Bitcoin telah mengalami kenaikan yang signifikan sejak diluncurkan pada tahun 2009.  Beberapa investor telah mengalami pertumbuhan nilai investasi yang luar biasa dalam waktu relatif singkat.

  1. Volatilitas yang Tinggi

Harga Bitcoin cenderung sangat fluktuatif dan bergerak dengan cepat.  Volatilitas ini menciptakan peluang bagi investor yang dapat memanfaatkan perubahan harga untuk memperoleh keuntungan.  Namun, penting untuk diingat bahwa volatilitas juga dapat menyebabkan kerugian jika tidak dikelola dengan baik.

  1. Likuiditas yang Tinggi

Bitcoin memiliki pasar yang likuid, artinya Anda dapat dengan mudah membeli dan menjual Bitcoin di berbagai platform pertukaran kripto.  Ini memungkinkan investor untuk mengubah investasi mereka menjadi uang tunai dengan cepat jika diperlukan.

  1. Diversifikasi Portofolio

Investasi Bitcoin dapat digunakan sebagai sarana diversifikasi portofolio.  Dengan memiliki aset yang berbeda, seperti Bitcoin, saham, obligasi, atau properti, Anda dapat mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan dengan menyebar investasi Anda.

  1. Aksesibilitas

Investasi Bitcoin dapat diakses oleh siapa saja dengan koneksi internet.  Tidak ada batasan geografis atau persyaratan khusus untuk memulai.  Anda dapat membeli Bitcoin secara online melalui platform pertukaran atau dompet digital yang terpercaya.

Tutorial Investasi Bitcoin di INDODAX

Berikut ini adalah tutorial langkah demi langkah untuk melakukan investasi Bitcoin di INDODAX.

1. Buat Akun

Buka situs web INDODAX dan klik tombol “Daftar” untuk membuat akun baru. Isi informasi yang diperlukan, seperti nama lengkap, alamat email, kata sandi, dan nomor telepon. Setelah itu, verifikasi akun Anda melalui email yang dikirimkan oleh INDODAX.

Baca juga: Tutorial Investasi Bitcoin Cash dan Pertimbangan sebelum Berinvestasi

Tutorial Investasi Bitcoin

2. Verifikasi Identitas

Setelah membuat akun, Anda perlu melakukan verifikasi identitas untuk meningkatkan batasan transaksi dan keamanan akun Anda. Ikuti panduan verifikasi yang disediakan oleh INDODAX. Biasanya, Anda perlu mengunggah foto identitas diri, seperti KTP atau SIM, serta selfie dengan memegang kartu identitas tersebut.

  1. Deposit Rupiah ke Akun INDODAX

Sebelum dapat membeli Bitcoin, Anda perlu mendepositkan sejumlah uang Rupiah ke akun INDODAX Anda. Masuk ke akun Anda dan pilih opsi “Deposit Rupiah”. Ikuti instruksi yang diberikan untuk mentransfer uang dari rekening bank Anda ke rekening INDODAX.

  1. Menavigasi ke Pasar Bitcoin

Setelah memiliki saldo Rupiah di akun INDODAX, Anda dapat membeli Bitcoin.  Di halaman utama INDODAX, klik “Market” dan pilih “BTC/IDR” untuk memasuki pasar Bitcoin.  Anda akan melihat grafik harga Bitcoin dan daftar pesanan yang sedang berlangsung.

  1. Memasukkan Pesanan Pembelian

Pada bagian “Beli Bitcoin”, masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli atau jumlah Rupiah yang ingin Anda investasikan.  Anda juga dapat memilih harga beli yang diinginkan atau menggunakan harga pasar saat ini.  Periksa kembali detail pesanan Anda dan klik tombol “Beli Bitcoin” untuk menempatkan pesanan.

  1. Menjaga Keamanan Akun

Selalu ingat untuk menjaga keamanan akun INDODAX Anda. Gunakan kata sandi yang kuat dan tidak mengungkapkan informasi akun kepada orang lain.  Aktifkan juga otentikasi dua faktor (2FA) untuk lapisan keamanan tambahan.

  1. Menyimpan Bitcoin di Wallet yang Aman

Setelah Anda membeli Bitcoin, sebaiknya simpan Bitcoin Anda di wallet yang aman.  Anda dapat menggunakan wallet kripto eksternal yang Anda percayai, seperti wallet perangkat keras atau wallet software yang diunduh. Pastikan untuk menyimpan kunci privat dengan aman.

Baca juga: Berita Ethereum Hari Ini: Penemu Ethereum Vitalik Buterin Beri Saran Ini untuk Bitcoiner

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE