26.3 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Tutorial Investasi Bitcoin Cash dan Kelebihannya yang Wajib Diketahui Calon Investor

JAKARTA, duniafintech.com – Tutorial investasi bitcoin cash sejatinya sangat penting untuk diketahui oleh para peminat dan calon investor aset crypto.

Perlu diketahui bahwa Bitcoin Cash (BCH) adalah salah satu kriptokurensi yang telah menarik perhatian dunia keuangan sejak pemecahannya (fork) dari Bitcoin pada tahun 2017. 

Menjadi versi alternatif Bitcoin yang lebih skalabel, Bitcoin Cash menawarkan beberapa perbedaan utama dalam hal skala, kecepatan, dan biaya transaksi.

Nah, untuk lebih memahami seperti apa tutorial investasi Bitcoin Cash, simak yuk ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Ini Prospek Kuartal III 2023 usai Bitcoin Gagal Tembus Harga Rp 465 Juta

Apa Itu Investasi Bitcoin Cash

Investasi Bitcoin Cash merujuk pada kegiatan membeli, memegang, atau berdagang dengan aset digital yang dikenal sebagai Bitcoin Cash (BCH). Bitcoin Cash adalah salah satu kriptokurensi yang lahir dari pemisahan (fork) dari Bitcoin pada tahun 2017. Fork tersebut terjadi sebagai hasil dari perbedaan pendapat dalam komunitas Bitcoin mengenai skalabilitas dan ukuran blok.

Bitcoin Cash memiliki beberapa perbedaan utama dengan Bitcoin. Salah satunya adalah ukuran blok yang lebih besar, yaitu 8 MB (dibandingkan dengan 1 MB pada Bitcoin), yang memungkinkan transaksi lebih cepat dan biaya transaksi yang lebih rendah. Selain itu, Bitcoin Cash menggunakan algoritma penyesuaian kesulitan (difficulty adjustment algorithm) yang berbeda, yang memungkinkan jaringan dapat menyesuaikan kesulitan penambangan lebih cepat.

Investasi Bitcoin Cash dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara umum adalah membeli BCH melalui bursa kripto dan menyimpannya dalam dompet (wallet) kripto yang aman. Selanjutnya, Anda dapat memantau pergerakan harga dan berdagang BCH jika diperlukan. Penting untuk diingat bahwa pasar kripto sangat fluktuatif, sehingga harga Bitcoin Cash dapat mengalami perubahan yang signifikan dalam waktu singkat.

Keuntungan Investasi Bitcoin Cash

Investasi Bitcoin Cash memiliki beberapa potensi keuntungan yang dapat menjadi daya tarik bagi investor. Berikut adalah beberapa keuntungan yang terkait dengan investasi Bitcoin Cash:

  1. Potensi Pertumbuhan Nilai

Seperti halnya investasi kripto lainnya, Bitcoin Cash memiliki potensi pertumbuhan nilai yang signifikan. Harga Bitcoin Cash dapat naik secara substansial dalam jangka waktu tertentu, memberikan peluang keuntungan bagi investor yang membeli pada harga yang lebih rendah.

  1. Transaksi Cepat dan Biaya Rendah

Salah satu kelebihan Bitcoin Cash dibandingkan dengan Bitcoin adalah kapasitas blok yang lebih besar, yang memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan biaya transaksi yang lebih rendah. Ini dapat menjadi keuntungan bagi pengguna yang ingin mentransfer dana dengan cepat dan efisien.

  1. Teknologi yang Kuat

Bitcoin Cash didukung oleh teknologi blockchain yang sama dengan Bitcoin, yang merupakan teknologi terdesentralisasi dan aman. Dengan menggunakan teknologi yang teruji ini, Bitcoin Cash menawarkan keamanan dan integritas dalam setiap transaksi.

  1. Diversifikasi Portofolio

Investasi Bitcoin Cash dapat menjadi cara untuk diversifikasi portofolio Anda. Dengan menambahkan aset kripto ke dalam portofolio Anda, Anda dapat mengurangi risiko terkait dengan aset tradisional dan mendapatkan paparan terhadap pasar kripto yang berkembang.

  1. Likuiditas Tinggi

Bitcoin Cash adalah salah satu kriptokurensi yang memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. Ini berarti Anda dapat membeli atau menjual Bitcoin Cash dengan mudah di berbagai bursa kripto, memungkinkan Anda untuk masuk atau keluar dari posisi dengan cepat.

Tutorial Investasi Bitcoin Cash

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memulai investasi Bitcoin Cash:

1. Mempersiapkan Dompet Kripto

Untuk menyimpan Bitcoin Cash Anda, Anda perlu memiliki dompet kripto yang aman. Dompet kripto dapat berupa dompet perangkat keras (hardware wallet), dompet perangkat lunak (software wallet), dompet web, atau dompet ponsel. Pilihlah dompet yang sesuai dengan preferensi dan keamanan Anda.

2. Mendaftar di Bursa Kripto

Mendaftar di bursa kripto yang menyediakan layanan perdagangan Bitcoin Cash. Pilih bursa yang terpercaya, memiliki likuiditas yang baik, dan menawarkan fitur keamanan yang memadai. Beberapa bursa kripto populer yang mendukung perdagangan Bitcoin Cash, antara lain, INDODAX.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Harga Bitcoin Cs Bervariasi, Cek Daftarnya di Sini

Tutorial Investasi Bitcoin Cash

  1. Verifikasi Akun Anda

Setelah mendaftar di bursa kripto, Anda mungkin perlu melewati proses verifikasi akun untuk memenuhi persyaratan kepatuhan dan keamanan. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen identitas seperti paspor atau SIM, serta melakukan verifikasi alamat tempat tinggal.

  1. Menyetor Dana ke Akun Anda

Setelah akun Anda terverifikasi, Anda perlu menyetor dana ke akun bursa Anda. Bursa kripto umumnya menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank atau pembayaran dengan kartu kredit/debit. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh bursa untuk menyelesaikan proses setoran.

  1. Membeli Bitcoin Cash

Setelah dana Anda tersedia di akun bursa, Anda dapat membeli Bitcoin Cash. Pilih opsi “Beli” atau “Beli Bitcoin Cash” di antarmuka bursa, dan masukkan jumlah Bitcoin Cash yang ingin Anda beli. Pastikan untuk memeriksa harga saat ini dan memperhatikan biaya transaksi yang dikenakan oleh bursa.

  1. Transfer Bitcoin Cash ke Dompet Anda

Setelah Anda membeli Bitcoin Cash di bursa, disarankan untuk mentransfernya ke dompet kripto yang Anda kendalikan. Ini memberikan Anda kendali penuh atas kunci pribadi Anda dan memastikan keamanan aset Anda. Di dompet kripto, Anda akan memiliki alamat Bitcoin Cash yang dapat Anda gunakan untuk menerima transfer.

  1. Memantau dan Mengelola Investasi Anda

Setelah Anda memiliki Bitcoin Cash dalam dompet Anda, penting untuk memantau pergerakan harga dan memutuskan strategi manajemen investasi Anda. Anda dapat menggunakan fitur peringatan harga di bursa atau memanfaatkan sumber daya analisis pasar untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Harga Bitcoin Cs Bervariasi, Cek Daftarnya di Sini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE