32.1 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Uang Tabungan Kian Menipis di Kala Pandemi? Atasi dengan Cara Ini Yuk

Duniafintech.com – Banyak hal berubah selama mewabahnya virus corona, dari segi sosial maupun ekonomi. Pandemi virus corona yang mengubah kehidupan sebagian besar masyarakat di Indonesia turut berdampak pada kondisi ekonomi, termasuk uang tabungan kian menipis.

Ada orang-orang yang masih mendapatkan gaji dengan besaran normal di tengah krisis tapi ada pula yang pemasukannya berkurang drastis karena pekerjaan tertunda akibat pembatasan sosial yang membuat pola hidup akhir-akhir ini berubah.

kebanyakan orang masih bisa bertahan dengan uang pegangan antara 1-3 bulan. Setelah itu, mereka akan was-was karena uang tabungan kian menipis. Solusi pendeknya adalah berutang. Namun, ini tidak menyelesaikan masalah. Lalu yang menjadi solusi alternatifnya adalah dengan mendapatkan uang tambahan.

Jual Keperluan Saat Pandemi

Selama pandemi, banyak orang tinggal di rumah. Di sana, bermunculan hobi-hobi baru, seperti berkebun atau menghias rumah. Lalu meningkatnya kebutuhan dasar. Orang-orang memerlukan makanan dan produk kesehatan. Selama pandemi ini, kebutuhan produk kesehatan meningkat, seperti disinfektan, vitamin, dan hand sanitizer. Dikatakan bahwa jamu-jamuan dan empon-empon bisa menjadi peluang bisnis.

Baca Juga:

Manfaatkan Teknologi

Pandemi juga turut mendongkrak penggunaan teknologi. Misalnya, saat ini, banyak orang melakukan rapat digital dan melakukan acara-acara secara virtual. teknologi bisa digunakan untuk mencari cuan. Misalnya, menggunakan teknologi untuk mengajar. Atau membuat konten-konten di youtube.

Mulai Investasi

Cobalah untuk menginvestasikan uang anda. Mulai dengan yang berisiko rendah seperti emas dan tabungan berjangka.

Ambil Multi Job

Tidak peduli apa yang Anda lakukan untuk mencari nafkah, Anda selalu bisa menghasilkan lebih banyak uang dengan mengambil lebih banyak pekerjaan. Mungkin untuk Anda ini berarti bekerja beberapa jam lembur di tempat kerja atau memulai pekerjaan paruh waktu di samping jam reguler kantor. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan melalui website seperti SribuLancer atau Fiverr.

Sewakan Tempat yang Tak Terpakai

Anda bisa mendapatkan tamabahan dikala uang tabungan kian menipis saat pandemi dengan menggunakan Airbnb atau penyedia pemesanan tempat lainnya untuk menyewakan ruangan Anda. Di saat kondisi seperti ini, memang tak banyak orang yang akan menyewa tempat untuk liburan, tetapi ada juga lho beberapa yang mencari tempat untuk melakukan self-quarantine atau isolasi diri. Memang jika dilihat Anda seperti memanfaatkan keadaan genting hanya untuk uang, jika merasa seperti itu Anda bisa memberikan harga yang terjangkau untuk penyewa.

Walaupun saat ini Anda sedang berjuang untuk bisa bertahan, dan mencari dana tambahan, paling tidak sisihkan dana untuk keadaan mendesak (dana darurat). Tak harus banyak, yang penting konsisten melakukannya. Nanti, di saat keadaan sudah mulai membaik, Anda bisa memperbesar alokasi dananya.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU