28.7 C
Jakarta
Minggu, 29 Januari, 2023

UBER LUNCURKAN GIFT CARD

duniafintech.com – Uber mengumumkan peluncuran fitur pembayaran baru yang bernama Uber Gift Card belum lama ini. Fitur tersebut menjadi alternatif metode pembayaran untuk menggunakan berbagai layanan Uber, selain pembayaran dengan uang tunai dan kartu kredit yang telah bisa dimanfaatkan pengguna mereka selama ini.

Uber Gift Card sendiri sebenarnya serupa dengan fitur pembayaran non tunai yang dimiliki pesaing mereka, yaitu GoPay dan GrabPay. Ada sejumlah saldo yang secara otomatis akan terpotong setiap kali pengguna selesai melakukan perjalanan. Pengguna bisa membeli “saldo” Uber Gift Card senilai Rp10 ribu hingga Rp500 ribu lewat aplikasi Uber

Fitur pembayaran baru ini telah bisa digunakan oleh para pengguna Uber di 34 kota di Indonesia. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai layanan yang disediakan Uber, termasuk layanan kurir UberDELIVER yang baru mereka luncurkan di Surabaya.

Namun sesuai namanya, Uber Gift Card hanya bisa diberikan kepada pengguna lain. Uber tidak memungkinkan pengguna untuk melakukan “isi ulang saldo” Uber Gift Card untuk akun milik pengguna tersebut bila ia melakukan pembelian lewat aplikasi Uber.

Lalu bagaimana kalau pengguna tersebut ingin mengisi saldo di akun miliknya sendiri? Untuk soal ini, Uber menggandeng Tokopedia sebagai mitra e-commerce resmi Uber Gift Card. Pengguna bisa membeli voucer Uber Gift Card di situs dan aplikasi mobile Tokopedia untuk mengisi ulang saldo di akun mereka.

Sebelumnya, Uber dan Tokopedia dikabarkan telah menjalin kerjasama yang mencakup penggunaan dompet digital TokoCash milik Tokopedia dalam pembayaran jasa transportasi Uber. Kedua perusahaan juga mengkaji kerja sama pengiriman barang yang dibeli lewat platform marketplace Tokopedia oleh pengemudi Uber.

 Mengutip laman tokopedia.com, syarat dan ketentuan penggunaan Uber Gift Card antara lain sebagai berikut:

  • Uber Gift Card hanya dapat ditukarkan melalui aplikasi Uber dan tidak berlaku untuk Uber Rides di Tokopedia.
  • ​Uber Gift Card dapat digunakan di seluruh kota di Indonesia di mana Uber berada.
  • Uber Gift Card tidak dapat ditukarkan dan tidak dapat digunakan di luar wilayah Indonesia.
  • Pengguna harus memiliki akun Uber yang aktif dan masih berlaku untuk menggunakan Gift Card ini.
  • Gift Card tidak dapat diuangkan dan tidak dapat digabung dengan promo lain di Tokopedia/Uber.
  • Gift Card yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan, ditukar dengan uang tunai, diisi ulang dan, kecuali diminta atau diperlukan oleh hukum.

Peluncuran Gift Card ini seakan menjadi jawaban menyusul dibekukannya TokoCash yang seharusnya menjadi backbone Uber Rides di dalam aplikasi Tokopedia. Pembekuan TokoCash oleh Bank Indonesia membuat roadmap kemitraan ini tidak sesuai dengan rencana awal dan akhirnya mereka memilih memulai kemitraan melalui penjualan Gift Card.

Uber memang sejauh ini belum mempunyai dompet digital sebagai fitur pembayaran mereka. Kehadiran Uber Gift Card jelas memungkinkan pengguna mereka untuk menikmati kemudahan yang biasa dinikmati oleh pengguna GoPay maupun GrabPay Credits.

Meskipun menyajikan kemudahan, namun layanan dompet digital yang digunakan berbagai startup besar di tanah air akhir-akhir ini justru menarik perhatian Bank Indonesia (BI) sebagai regulator. Para startup diharapkan untuk bisa menonaktifkan beberapa fitur di layanan tersebut sampai mereka mendapatkan lisensi dari BI.

Written by: Sebastian Atmodjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Allianz vs Prudential, Pilih Mana? Simak Perbandingan Selengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Allianz vs Prudential, pilih mana? Sejatinya, keduanya adalah perusahaan asuransi terbesar yang ada di Indonesia. Seperti diketahui, ada banyak perusahaan asuransi global...

Malacca Trust: Profil, Produk, hingga Cara Klaim Asuransinya

JAKARTA, duniafintech.com – Malacca Trust Finance merupakan sebuah perusahaan multifinance yang memiliki berbagai macam jasa pembiayaan. Di antara pembiayaannya, yaitu produk asuransi umum yang berdiri...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Menguat Tipis, Cek Harga Kripto Hari Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya menjelang akhir pekan, Sabtu (28/1/2023). Pada perdagangan hari ini, Bitcoin cs...

Cara Beli Koin Shopee: Syarat hingga Manfaatnya bagi Customer & Seller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli koin Shopee tentu akan sangat penting diketahui, khususnya oleh seller di platform e-commerce ini. Pasalnya, koin ini bisa digunakan untuk...

Normalisasi APBN, Pemerintah tidak Tanggung Biaya Pasien Covid-19

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa seluruh belanja APBN 2023 telah dinormalisasi atau normalisasi APBN. Artinya, seluruh belanja APBN...
LANGUAGE