28.3 C
Jakarta
Jumat, 19 Juli, 2024

NAKULA, ROBOT IKONIK UNIKOM BERI UCAPAN SELAMAT PADA SBY

duniafintech.com – Bertempat di Kampus Unikom, Bandung, Sabtu (26/3) lalu, Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono menerima penghargaan “Bapak Pembangunan Pendidikan Teknologi Informasi Indonesia”.

Penghargaan kehormatan tersebut diberikan kepada SBY atas jasanya memupuk kemajuan teknologi di tanah air selama masa kepemimpinannya.

Secara khusus, SBY merasa bersyukur, bangga, dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepadanya itu.

Penghargaan ini menginspirasi atau memotivasi dan menyadarkan para pemimpin di negeri ini, bahwa bangsa ini ditentukan oleh keunggulan daya saing manusianya,” ungkapnya.

Baca juga: PINJAMAN ONLINE TANPA AGUNAN ADA DI DANABIJAK

SBY juga menyebut bahwa pada akhir abad ini, terutama 30 tahun terakhir, Indonesia sudah memasuki gelombang awal terbangunnya masyarakat informasi. Berdasarkan buku Toffler ada tiga gelombang peradaban, yaitu masyarakat agraris, masyarakat industri, dan masyarakat informasi. Ini menunjukkan sudah cukup majunya cara berpikir masyarakat Indonesia.

Mendapat Ucapan Selamat dari Robot Nakula

Ada yang spesial dari acara penganugerahan gelar kehormatan yang diberikan kepada SBY ini yakni kehadiran Robot Nakula yang memberikan ucapan selamat. Robot itu sengaja dihadirkan ke panggung untuk berjabat tangan langsung dengan SBY.

Robot Nakula merupakan salah satu robot ikonik yang dimiliki Unikom. Robot ini sengaja dihadirkan untuk menyalami SBY sebagai ungkapan terima kasih terhadap SBY atas perhatiannya pada pembangunan, pendidikan dan teknologi informasi di Unikom.

Nakula, bersalaman untuk mengucapkan terima kasih kepada beliau. Karena SBY lah, makanya Nakula bisa tercipta,” ujar Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT., Rektor Unikom.

Rodi Hartono selaku Ketua Divisi Robot Unikom mengatakan, robot Nakula seluruhnya dibuat oleh mahasiswa Unikom. Robot ini dibuat sebagai ikon Unikom, karena selama ini mereka sedang giat membangun kompetisi robot.

Baca juga: KOMPUTER TERKECIL DUNIA UNTUK BLOCKCHAIN DIRILIS IBM

Jadi robot ini memang dikembangkan untuk event-event seperti ini. Oleh sebab itu dari awal 2017 hingga akhir 2017 lalu kami membuat robot ini,” tambahnya.

Selain bersalaman, Nakula, kata Rodi memiliki kemampuan untuk bernavigasi menjelajahi area, koreografi, dan bicara. Namun untuk tipe pertama ini pengguna harus mengendalikannya dengan menggunakan remot.

Menurut Rodi, di masa depan robot ini akan bisa menjawab beberapa pertanyaan atau banyak pertanyaan yang diajukan. Selain itu juga dapat melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di di atas tanpa membutuhkan remot.

Selain Nakula ada robot ikon lainnya yang sudah mereka ciptakan seperti Sadewa yang memiliki kemampuan seperti Nakula. Kemudian Bima yang didesain untuk menyampaikan iklan, sarana interatif, game, dan berbagai kemampuan lain.

Written by: Dita Safitri

Top of Form

Bottom of Form

 

2 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU