26 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Utang Pinjaman Online Kian Menggunung? Ini Cara Tepat Agar Cepat Lunas

Duniafintech.com – Masyarakat kini semakin mudah untuk meminjam uang karena kehadiran pinjaman online atau P2P lending. Namun meminjam di pinjaman online memiliki risiko dan harus dilunasi karena bukan uang kaget. Namun bagaimana cara agar utang pinjaman online cepat lunas?

 Saat ini marak beroperasi layanan pinjaman online di tengah-tengah masyarakat. Dari sekian banyak pinjaman online, tidak semuanya legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurut data OJK, hingga akhir Januari terdapat 120 layanan pinjaman online ilegal yang beroperasi dan perlu dicermati oleh masyarakat agar tidak terjebak utang dari lembaga ilegal tersebut.

Meminjam di pinjaman online memang perlu kecermatan, baik itu meminjam di pinjaman online legal apalagi yang ilegal karena bunga yang ditetapkan untuk pinjamannya relatif tinggi, yakni 0,8% per hari. Dan pada pinjaman online ilegal bunganya bisa lebih tinggi lagi bahkan bisa sebesar 1,5% per hari. Lalu, bagaimana cara agar utang pinjaman online cepat lunas?

Hadapi dan Jangan Menghindar

Cara agar utang pinjaman online cepat lunas yang pertama adalah tunjukkan itikad baik akan membayar utang-utang tersebut. Banyak orang yang memilih menghindar atau melarikan diri ketika menghadapi tumpukan utang.

Padahal, keputusan ini tidak akan menyelesaikan masalah. Kemungkinan besar namamu justru masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga tidak bisa lagi mengajukan pinjaman atau kesulitan dalam mendapatkan akses finansial lainnya. Berkomunikasilah yang baik dengan pihak pemberi pinjaman dan tunjukkan Anda komitmenmu untuk menyelesaikan utang.

Baca Juga:

Komunikasi dengan Keluarga

Keluarga menjadi pihak yang terseret dalam masalah utang yang menumpuk. Meskipun, pihak keluarga sebenarnya tidak tahu menahu tentang utang tersebut. Hal ini justru bisa menimbulkan masalah baru. Apalagi, menanggung beban finansial sendiri bisa berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang.

Oleh karena itu, sebaiknya komunikasikanlah kondisi yang ada dengan keluarga. Siapa tahu ada solusi atau masukan yang bisa Anda dapatkan setelah berbicara dengan keluargamu. Kalaupun tidak bisa memberikan dukungan finansial, setidaknya ada dukungan moral yang bisa membantu Anda lebih bersemangat menyelesaikan utang.

Hitung Semua Aset

Lakukan pendataan atas aset-aset yang Anda miliki dan hitung berapa nilai pasarnya. Aset ini mulai dari gawai, kendaraan, emas atau simpanan lainnya, sampai tempat tinggal. Pilih dan pilah mana yang bisa Anda gadaikan atau jual untuk mendapatkan dana tambahan. Kalaupun nilainya tidak banyak, uang yang diperoleh dari aset-aset ini bisa membantumu menunjukkan itikad baik bahwa Anda memang berusaha membayar utang-utang tersebut.

Manfaatkan Pinjaman Lunak

Pinjaman lunak adalah pinjaman yang berbunga sangat rendah atau tidak memiliki bunga sama sekali. Pinjaman lunak bisa Anda peroleh dari keluarga, teman, atau lembaga keuangan lain seperti bank atau koperasi. Ini bisa menjadi solusi untuk sementara waktu.

Cari Penghasilan Tambahan

Cara agar utang pinjaman online cepat  adalah dengan mencari penghasilan lain di luar pendapatan rutin. Manfaatkan keahlian atau hobi yang Anda miliki. Anda bisa memanfaatkan keahlian fotografi dengan menjadi fotografer untuk bisnis online milik tetangga, menjadi blogger atau vlogger, membuka toko daring, menjadi pengemudi layanan transportasi online, membuka katering, atau lainnya.

Dampak tidak membayar atau memiliki utang menumpuk di pinjol tidak hanya terlihat dari isi dompet, tetapi juga menjadi beban pikiran. Oleh karena itu, satu hal yang harus dilakukan sebelum mengajukan pinjaman adalah hitung kembali kemampuan Anda membayar angsurannya. Hitung bunga yang ditetapkan oleh pinjol yang Anda tuju, jangan menganggap enteng atau merasa mampu membayar sehingga Anda mengajukan pinjaman di lebih dari satu platform.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE