27.6 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

Virtual Credit Card (VCC): 4 Rekomendasi Terbaik dan Cara Membuatnya

Virtual Credit Card (VCC) atau kartu kredit virtual merupakan alat pembayaran yang telah menjadi populer dalam transaksi online di Indonesia. Cara penggunaannya melibatkan memasukkan 16 digit nomor kartu kredit virtual atau VCC sebelum melakukan transaksi. 

Nomor tersebut berfungsi sebagai tanda otorisasi pembayaran, dengan 3 digit terakhir sebagai kode Card Verification Value (CVV). Umumnya, nomor ini berlaku selama maksimal 24 jam. Untuk transaksi berikutnya, pengguna perlu meminta nomor baru melalui prosedur yang telah ditetapkan oleh penerbit kartu virtual.

Di Indonesia, kebanyakan VCC dijual oleh agen-agen melalui situs web dan forum internet. Selain itu, beberapa bank juga menyediakan layanan kartu kredit virtual dengan sebutan virtual account atau debit online.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Virtual Credit Card beserta keuntungan yang dimilikinya, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Cara Bayar Kartu Kredit di Shopee dengan Mudah

Virtual Credit Card

Apa Itu Virtual Credit Card (VCC)?

Seperti namanya, Virtual Credit Card adalah kartu yang bersifat virtual dan tidak memiliki bentuk fisik seperti kartu kredit konvensional.

VCC menyimpan informasi yang mirip dengan kartu kredit biasa, seperti nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, nama pemilik, angka CVV, dan elemen lainnya.

Keuntungan memiliki VCC sangat beragam, termasuk untuk berbelanja online, pembelian domain website, verifikasi akun, pembayaran web hosting, pembayaran perangkat lunak, dan berbagai aktivitas online lainnya.

Banyak individu memilih menggunakan VCC sebagai cara untuk menghindari risiko kejahatan cyber. Dengan menggunakan VCC, tidak perlu mengungkapkan data pribadi dan informasi kartu kredit secara langsung.

Perhatikan Hal-hal Ini saat Memilih Virtual Credit Card

Sebelum memilih penyedia kartu kredit virtual, disarankan untuk mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat menjadi penentu kualitas penyedia tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai faktor penentu kualitas penyedia VCC meliputi:

1. Reputasi penyedia Virtual Credit Card

Pertama-tama, perhatikan reputasi saat memilih penyedia VCC. Pastikan untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Evaluasi reputasi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan lamanya perusahaan beroperasi, kinerjanya, serta ulasan atau testimoni dari pengguna layanan VCC sebelumnya.

2. Fitur yang diberikan

Selain reputasi, penting untuk mengetahui berbagai fitur yang disediakan oleh penyedia VCC. Karena banyaknya perusahaan penyedia layanan VCC, sebaiknya lakukan perbandingan fitur terlebih dahulu. Dengan melakukan perbandingan ini, kamu dapat menentukan perusahaan mana yang menyediakan fitur yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Layanan customer service

Selain reputasi dan fitur, customer service juga merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dengan baik.

Perusahaan penyedia layanan VCC yang memiliki alamat dan kontak yang jelas biasanya menyediakan layanan customer service yang baik. Customer service ini memiliki kemampuan untuk merespons pertanyaan dan keluhan dengan cepat, terutama yang terkait dengan VCC yang telah diterbitkan.

Untuk memastikan kualitas layanan customer service dari perusahaan penyedia VCC, disarankan untuk menghubungi mereka secara langsung. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menilai kualitas jawaban dan respons yang diberikan oleh customer service terhadap pertanyaanmu.

Manfaat Virtual Credit Card

Berbicara tentang manfaat, kartu kredit virtual sebenarnya memberikan banyak keuntungan. Sebelumnya, telah dijelaskan satu manfaatnya, yakni perlindungan terhadap risiko kejahatan dunia maya.

Selain keuntungan tersebut, kartu kredit virtual juga menawarkan beragam manfaat lain yang dapat dinikmati oleh pengguna, seperti:

  • Dapat digunakan untuk semua jenis transaksi online.
  • Saldo VCC dapat diisi melalui transfer dari rekening bank lokal, bank internasional, atau bahkan melalui transfer dari kartu kredit atau debit milik orang lain.
  • Kartu kredit virtual (VCC) dapat digunakan secara internasional tanpa harus memberikan data pribadi atau informasi perbankan.
  • Mampu membuat pengguna lebih hemat, karena dapat mengendalikan konsumsi belanja online melalui masa kadaluarsa yang lebih singkat dan batasan limit yang lebih rendah.
  • Bisa digunakan untuk melakukan transfer dana ke seluruh dunia.

Rekomendasi Terbaik Virtual Credit Card di Indonesia

Setelah menggali informasi pada pembahasan sebelumnya, kini kita akan menyimak daftar kartu kredit virtual di Indonesia yang dapat dijadikan opsi. Dari berbagai pilihan kartu kredit virtual yang tersedia, berikut adalah empat di antaranya yang bisa dicoba. Kartu-kartu ini merupakan produk virtual credit card dari bank-bank terkemuka di Indonesia.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Aktifkan Kartu Kredit BCA

Virtual Credit Card

1. BNI Debit Online

Kartu kredit virtual pertama yang tercantum dalam daftar ini adalah BNI Debit Online. Untuk pengetahuan lebih lanjut, BNI Debit Online sebetulnya merupakan kartu kredit virtual yang menggunakan SMS banking sebagai sarana transaksi.

Dalam melakukan transaksi online, Bank BNI akan mengirimkan nomor VCC (Virtual Credit Card) kepada Anda untuk digunakan dalam bertransaksi. Namun, untuk memanfaatkan BNI Debit Online dan menikmati fitur-fiturnya, diperlukan kepemilikan rekening bank BNI terlebih dahulu.

Proses pendaftaran dan aktivasi sangatlah sederhana. Langkah pertama melibatkan pendaftaran dan aktivasi dengan mengetik “REQ VCN” dan mengirimkannya ke nomor yang telah ditentukan. Setelah proses permintaan selesai, nomor VCN 16 digit akan dikirimkan ke nomor ponsel Anda.

Harap diperhatikan bahwa nomor VCN tersebut hanya berlaku satu kali selama dua jam sejak diterimanya nomor tersebut.

2. Mandiri Debit Online

Selanjutnya, terdapat Mandiri Debit Online, yang turut masuk ke dalam daftar kartu kredit virtual di Indonesia. Pada dasarnya, Mandiri Debit Online dan BNI Debit Online memiliki kesamaan yang cukup signifikan.

Perbedaannya terletak pada fokus VCC dari Bank Mandiri yang menggunakan One Time Password (OTP), yang juga dikenal sebagai password sekali pakai. Tidak seperti BNI Debit Online, Anda tidak akan menerima 16 digit nomor VCN dari Bank Mandiri. Hal ini karena otorisasi pembayaran VCC dari Bank Mandiri mengandalkan tiga digit nomor CVV yang terdapat pada kartu debit Mandiri.

Sementara itu, proses otentikasi dilakukan dengan menggunakan OTP yang dikirim melalui SMS. Jika Anda tertarik dengan Mandiri Debit Online, Anda dapat mengajukannya langsung ke Bank Mandiri atau melalui layanan Internet banking.

3. BCA KlikPay

Selain Bank BNI dan Mandiri, ternyata Bank BCA juga menyajikan produk kartu kredit virtual untuk kepuasan nasabahnya.

Ya, BCA KlikPay merupakan salah satu produk kartu kredit virtual (VCC) yang tergolong dalam daftar kartu kredit virtual terbaik di Indonesia.

Menariknya, pengguna VCC ini diwajibkan untuk memasukkan user ID dan password pada situs KlikPay guna melakukan transaksi. User ID dan password ini dapat diperoleh melalui proses registrasi dan aktivasi yang dilakukan melalui KlikBCA.com.

Keunikan dari kartu kredit virtual ini adalah bahwa nasabah dapat memilih sumber dana yang akan digunakan untuk KlikPay, baik dari rekening debit maupun kartu kredit BCA.

4. OctoPay

Daftar kartu kredit virtual terakhir di Indonesia adalah OctoPay. Sebagai produk dari CIMB Niaga Indonesia, OctoPay secara khusus mengincar pengguna media sosial Facebook di Indonesia.

Untuk dapat memiliki dan mendaftar OctoPay, langkah awalnya adalah membuka rekening tabungan di CIMB Niaga. Setelah rekening berhasil dibuat, Anda dapat mengunduh aplikasi OctoPay dan melakukan pendaftaran.

Setelah berhasil mendaftar, Anda dapat segera memanfaatkan aplikasi OctoPay untuk melakukan transaksi online ke seluruh dunia. Sehubungan dengan keuangan, setiap pembayaran atau transaksi yang dilakukan melalui OctoPay akan secara otomatis terdebet dari rekening tabungan CIMB Niaga.

Virtual Credit Card Gratis

Memang benar, di Indonesia terdapat banyak layanan kartu kredit virtual. Selain keempat bank terkemuka yang telah disebutkan sebelumnya, VCC juga tersedia melalui empat penyedia layanan VCC gratis terbaik, antara lain:

  • Payoneer
  • Entropay
  • Yandex Money
  • Neteller

Virtual Credit Card

Demikianlah ulasan terkait Virtual Credit Card (VCC) atau kartu kredit virtual yang penting untuk diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca juga: Keuntungan dan Manfaat dari Kartu Kredit Serta Kekurangan yang Wajib Dicermati

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE