34.5 C
Jakarta
Kamis, 30 Mei, 2024

WhatsApp CRM adalah: Definisi, Fitur, hingga Keunggulannya

JAKARTA, duniafintech.com – WhatsApp CRM adalah salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh pebisnis sebab fungsinya yang demikian banyak.

Seperti diketahui, sejauh ini, WhatsApp sudah memiliki pengguna lebih dari 2 miliar. 

Bagi pemilik bisnis yang mengintegrasikan WhatsApp dengan aplikasi CRM, pengelolaan data pelanggan tentunya dapat dilakukan dengan mudah sehingga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

Nah, untuk lebih memahami apa itu WhatsApp CRM, keunggulan, hingga fiturnya, simak yuk ulasannya berikut ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Strategi CRM untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Pelajari Selengkapnya di Sini

Apa Itu CRM dan Tujuannya

Customer Relationship Management atau CRM adalah strategi bisnis yang dipraktikkan dengan cara mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan.

Tujuan dari CRM, yaitu untuk meningkatkan dan menjaga loyalitas pelanggan, sehingga dapat meningkatkan profit jangka panjang untuk perusahaan dari hubungan yang terbangun dengan baik tersebut.

Aktivitas yang dilakukan dalam CRM adalah mengumpulkan data pelanggan, menganalisis data dan interaksi pelanggan, sehingga perusahaan dapat membuat produk dan layanan yang tepat untuk pasarnya.

Untuk melakukan aktivitas tersebut, dibutuhkan teknologi atau platform CRM yang dapat membantu mendapatkan dan mengelola data pelanggan. 

Maka dari itu, tidak mengherankan kalau saat ini banyak aplikasi CRM yang bermunculan.

Apa Itu WhatsApp CRM

WhatsApp CRM adalah sistem berkirim pesan melalui WhatsApp yang terintegrasi dengan aplikasi CRM. 

Dengan demikian, perusahaan bisa mengumpulkan data, menganalisis data dan interaksi dengan pelanggan melalui WhatsApp.

Dengan data dan analisis itu, selanjutnya perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Pasalnya, WhatsApp CRM dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis dan memberikan pengalaman lebih baik.

WhatsApp punya dua jenis versi bisnis, yakni WhatsApp Business dan WhatsApp Business API.

Keduanya adalah platform yang berbeda yang ditawarkan oleh WhatsApp untuk membantu bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

Berikut ini penjelasan terkait kedua jenis tersebut:

  1. WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis oleh bisnis dan digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp. WhatsApp Business dirancang untuk bisnis kecil dan menengah, yang memungkinkan mereka untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan file lainnya ke pelanggan mereka.
  2. WhatsApp Business API atau WhatsApp API adalah platform berbayar untuk menunjang komunikasi antara bisnis skala menengah dan besar dengan pelanggan yang dapat diintegrasikan dengan sistem perusahaan. WhatsApp API memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan secara otomatis, mengelola pesan masuk dan keluar, dan menerapkan fitur keamanan tambahan. Menurut Telemediaonline, WhatsApp Business API memiliki kesempatan estimasi dibuka 99% dan dibalas lebih dari 40%.

Berikut ini adalah perbandingan antara WhatsApp Bisnis dan WhatsApp API:

Jenis Platform: Aplikasi — Platform Khusus

Biaya: Gratis — Berbayar

Integrasi: Tidak Bisa — Bisa

Digunakan oleh: Bisnis Kecil dan Menengah — Bisnis Besar

Fitur: Pengiriman pesan teks, gambar, video, file, dll. — Pengiriman pesan otomatis, manajemen pesan masuk dan keluar, fitur keamanan tambahan, dll.

Keunggulan WhatsApp CRM

  1. Dapat Menyimpan Riwayat Obrolan

WhatsApp CRM dapat menyimpan riwayat obrolan antara pelanggan dan perusahaan. 

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Business API atau layanan WhatsApp CRM yang tersedia di pasaran.

Keuntungan dari menyimpan riwayat obrolan antara pelanggan dan perusahaan adalah dapat melihat riwayat interaksi dan masalah pelanggan, memudahkan pelaporan dan analisis kinerja customer service, hingga memudahkan pelanggan melanjutkan percalkapan sebelumnya.

  1. Dapat Mengambil Data secara Instan

WhatsApp CRM secara otomatis dapat memasukkan data pengguna ke dashboard CRM, sehingga kamu tidak perlu memasukkan datanya satu per satu.

Dengan begitu, perusahaan bisa lebih menghemat budget pengeluaran untuk pekerjaan ini.

Baca juga: Call Center BCA 24 Jam Terlengkap: Email hingga WhatsApp

  1. Terintegrasi Berbagai Saluran Komunikasi

Mayoritas sistem WhatsApp CRM sudah memiliki fitur omnichannel yang dapat terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Instagram, Facebook, Telegram dan alat pengirim pesan lainnya sehingga komunikasi dengan pelanggan hanya perlu satu platform.

WhatsApp CRM

Fitur WhatsApp CRM

  1. Auto-reply

Fitur ini memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan otomatis sebagai respons atas pesan yang diterima dari pelanggan. 

Ini membantu bisnis untuk memberikan respons yang cepat dan menghemat waktu.

  1. WhatsApp ChatBot

Chatbot WhatsApp adalah program otomatis yang dapat membantu pelanggan dengan pertanyaan dasar dan dapat memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis.

  1. Template pesan

Bisnis dapat menggunakan template pesan untuk mengirim pesan dengan format yang sudah ditentukan, yang emungkinkan untuk menghemat waktu dan memastikan konsistensi pesan yang dikirim.

  1. Integrasi dengan CRM

Integrasi dengan sistem CRM memungkinkan bisnis untuk mengelola kontak pelanggan, memperbarui status pesanan, dan mengirim pesan otomatis untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan respons.

  1. Fitur Analitik

WhatsApp CRM juga menawarkan fitur analitik yang memungkinkan bisnis untuk melacak jumlah pesan yang diterima dan dikirim, memonitor respons waktu, dan mengukur keberhasilan kampanye pemasaran.

  1. Broadcast list

Broadcast list memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan yang sama ke banyak kontak secara bersamaan. 

Hal ini memungkinkan untuk menghemat waktu dan memastikan konsistensi pesan yang disampaikan.

  1. API

WhatsApp Business API memungkinkan integrasi dengan sistem lain, seperti platform e-commerce sehingga bisnis dapat mengotomatisasi proses bisnis perusahaan.

Fitur-fitur ini membantu bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengoptimalkan proses bisnis.

Sebagai tambahan informasi, bagi kamu yang ingin belajar tentang dunia aset kripto, kamu bisa mempelajarinya di INDODAX Academy.

Baca juga: Cara Atasi KlikBCA Terblokir Termudah, Bisa Via WhatsApp!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU