33.5 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Alibaba Gelontorkan Dana US$ 2 Miliar untuk Beli Saham NetEase Inc.

duniafintech.com – Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd. besutan Jack Ma ini melebarkan sayap bisnisnya dengan mengakuisisi platform e-commerce Kaola dari perusahaan game Tiongkok NetEase Inc. yang tercatat dalam daftar bursa Nasdaq Amerika Serikat (AS) senilai US$ 2 Miliar atau sekitar Rp. 28,25 Triliun. Sebelumnya Alibaba juga berinvestasi senilai US$ 700 juta dalam platform layanan musiknya.

Melansir analis Bloomberg Intelligence Tiongkok, Vey Sern Ling dan Tiffany Tam mengatakan kesepakatan ini menjadikan Alibaba meraih pasar online China terbesar untuk merek asing. Kaola sendiri merupakan salah satu situs e-commerce China terbesar yang berfokus pada penjualan barang-barang impor. Hampir sama seperti Tmall Global milik Alibaba dan JD Worldwide-nya JD.com, perusahaan ini menjual produk impor di China yang meliputi pakaian, barang elektronik, dan aksesoris olahraga.

Baca Juga : Siap-siap Hadapi Fenomena Hari Tanpa Bayangan!

Alibaba dan kaola mengendalikan hampir 60% total transaksi pada platform berbasis di China, yang menjual merek asing selama kuartal 2 2019. Alibaba sendiri berniat mengimbangi persaingan bisnis ritel online di China, dengan membeli Kaola.

Mengutip dari CNBC, CEO dari Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan bahwa pertumbuhan pasar e-commerce impor (lintas batas) China masih dapat terus berkembang. Daniel menyatakan bahwa perusahaan yakin tentang masa depan pasar e-commerce impor China. Oleh karena itu, dengan adanya Kaola bergabung akan lebih meningkatkan layanan impor dan pengalaman bagi konsumen masyarakat Tiongkok.

Tentang Kaola :

Kaola, diluncurkan oleh NetEase pada tahun 2015, secara agresif menargetkan pembeli di Cina, dengan menawarkan produk dari merek-merek seperti Gucci, Shisheido dan Burberry.

Kaola memiliki keunggulan dibandingkan pemain e-commerce yang lebih besar karena ia berspesialisasi dalam belanja lintas batas, menurut Ker Zheng, yang melacak sektor ritel online China di konsultan Azoya.

Baca Juga : Bitrexgo, Hadirkan Solusi Pendidikan Finansial Digital

Dengan menawarkan pilihan barang-barang populer yang relatif sempit, dapat meningkatkan pembelian dalam jumlah besar dari pemasok dan menawarkan harga rendah.

Alibaba berencana untuk membiarkan aplikasi Kaola terus beroperasi secara mandiri di bawah merek saat ini, sementara Tmall impor dan ekspor general manager Alvin Liu akan menjadi CEO baru Kaola.

-Vidia Hapsari-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE