26.5 C
Jakarta
Sabtu, 19 Juni, 2021

4 Alasan Online Shop Kamu Sepi Pembeli

Berjualan online atau memiliki online shop adalah bisnis yang cukup menjanjikan di era digital. Meski begitu, tak sedikit pemilik olshop yang mengalami kesulitan dalam berjualan, hingga mendapati online shopnya sepi pembeli.  

Biasanya, pemilik online shop yang mengalami sepi transaksional disebabkan kurangnya pemahamannya dalam berdagang secara digital. Untuk itu, sebagai pemilik online shop, kamu juga harus membekali diri dengan ilmu-ilmu yang bisa membawa online shop kamu menemukan jalan terangnya.

Nah, kira-kira, apa saja sih hal yang membuat olshop sepi pembeli? Berikut ini DuniaFintech uraikan.

1. Online shop sepi karena promosi tidak maksimal

Hal pertama yang membuat online shop kamu sepi adalah promosi yang tidak maksimal atau bahkan salah. Mempromosikan online shop juga ada ilmunya. Ada banyak seminar atau pelatihan-pelatihan marketing online yang bisa kamu ikuti agar online shopmu dikunjungi banyak orang.

Baca Juga : Cara Tambah Penghasilan Saat Lebaran, Coba Bisnis Dropship

Baca Juga : Ini 3 Tips Untuk Menjadi Dropshipper Sukses, Bisa Dicoba

Salah satu tujuan promosi adalah meningkatkan awareness calon pembeli terhadap produk yang kamu jual di olshop. Selain gencar melakukan promosi, kamu juga harus memahami faktor-faktor seperti segmentasi pasarmu, wilayah atau tempat yang kemungkinan membutuhkan produkmu, minat calon pembeli, usia, dan lain sebagainya. Jangan sampai, promosi secara gencar-gencaran yang kamu lakukan itu salah sasaran.

2. Pelayanan kurang profesional

Pelayanan merupakan nadi dari online shop yang kamu miliki. Jika produk yang kamu jual adalah produk laris atau bersegmen luas, tetapi pelayanan yang kamu berikan buruk, para calon pembelimu bisa saja akan berpaling dan mencari online shop lain.

Dengan pelayanan yang baik, kamu bisa memberikan nilai yang lebih kepada calon pembelimu. Misalkan dengan membalas pesan lebih cepat dan tanggap. Anggaplah calon pembelimu seperti kerabat yang kamu hormati dan sayangi. Bisa jadi, pembeli yang puas dengan pelayanan online shop kamu akan kembali lagi, atau malah merekomendasikan toko onlinemu kepada kerabatnya.

3. Online shop karena harga tidak kompetitif

Salah satu alasan online shop kamu sepi pembeli adalah harga produk yang kamu jual tidak kompetitif. Dalam media digital, calon pembeli bisa mengunjungi satu toko ke toko lainnya dalam waktu yang bersamaan. Artinya, jika harga produkmu tidak kompetitif, maka calon pembeli akan langsung pindah ke toko lain.

Jika ingin bisnis online shop kamu berhasil, berikanlah harga yang lebih rendah atau setara dari kompetitor. Atau paling tidak, berikanlah harga miring atau diskon kepada pembelimu agar tokomu makin ramai pengunjung.

4. Online shop sepi karena tidak memiliki unique selling point

Salah satu hal yang dapat membuat online shop kamu sepi adalah karena tidak memiliki unique selling point (USP). Maksudnya, kamu harus bisa membentuk karakteristik online shop kamu untuk menjadi pembeda dari kompetitor. Terutama,  jika produk yang kamu jual tidak mampu bersaing secara harga.

Misalkan, dengan memberikan pelayanan yang super gesit, menyediakan informasi-informasi menarik seputar produk, memberikan edukasi seputar produk yang kamu jual. Hal-hal seperti akan membuat pembeli tetap membeli produkmu meski harga yang ditawarkan lebih tinggi dari yang lain. 

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2021

Buat kamu yang ingin mengetahui daftar payment gateway 2021 terbaik di Indonesia, kamu bisa cek di sini.  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang...

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online. Metode...

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh...

Danabijak, Perusahaan P2P Lending di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Danabijak adalah platform technology financial peer-to-peer lending (P2P lending) yang dari perusahaan PT Digital Micro Indonesia. Layanan pinjaman online ini bisa kamu dapatkan tanpa agunan...

Cerdas Memilih Platform Crowdfunding

Platform Crowdfunding adalah salah satu pendanaan bisnis yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul dari beberapa orang tersebut akan tersalur kepada pelaku...
LANGUAGE