26.1 C
Jakarta
Minggu, 25 Juli, 2021

5 Ide Bisnis Rumahan Jelang Lebaran Pandemi yang Bikin Cuan

Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia hari ini masih berhadapan dengan pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang berhati-hati agar tidak tertular virus. Untuk itu, kita harus pintar-pintar memilih ide bisnis rumahan jelang Lebaran dan masa pandemi agar tetap cuan dan sehat.

Aktivitas di luar rumah memang sudah boleh di era new normal, dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Namun, kebebasan beraktivitas hari ini, tentu berbeda dari tahun-tahun sebelum adanya pandemi Covid-19.

Meski demikian, kita tidak boleh pesimis jika ingin memulai usaha. Tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri menjadi peluang bagus untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Ide Bisnis Saat Lebaran Pandemi

Ada banyak ide bisnis jelang Idul Fitri atau lebaran yang bisa kamu jalankan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Berikut rekomendasi ide bisnis pasti cuan yang untuk kamu :

1. Hampers Lebaran

Larangan mudik 2021 oleh pemerintah menjadi peluang bagus untuk menggendutkan rekening kamu. Orang-orang yang belum bisa bertemu keluarganya butuh sesuatu sebagai pengganti silaturahmi. Salah satunya hampers.

Baca Juga : Ini 3 Tips Untuk Menjadi Dropshipper Sukses, Bisa Dicoba

Baca Juga : 4 Alasan Online Shop Kamu Sepi Pembeli

Misalnya, kamu membuat hampers dari kumpulan jilbab, peci, dan sarung. Banyak supplier jilbab online terpercaya yang mudah di ecommerce. Sementara contoh hampers unik, bisa kamu temui dalam berbagai unggahan di Youtube atau media sosial lainnya.

2. Dropshipper Pakaian

Sudah menjadi budaya orang Indonesia mengenakan baju baru saat lebaran Idul Fitri. Kamu bisa memulai menjualkan pakaian-pakaian yang sedang hits secara online di aplikasi Whatsapp atau media sosial lain seperti Instagram.

Tak perlu modal banyak untuk bisa jadi dropshipper pakaian, bahkan tidak memerlukan modal sama sekali. Kamu cuma butuh memastikan kuota internet tersedia agar dapat memasarkan produk secara online.

Pilih salah satu toko baju online terpercaya yang membuka jasa dropshipper. Biasanya, beberapa toko menyediakan harga khusus untuk dropshipper sehingga kamu bisa bersaing dengan penjual lainnya. Jika tidak, kamu cukup menaikan sedikit saja harga produk dari harga beli sehingga kamu tetap mendapatkan untung.

3. Renyahnya Bisnis Kue Kering

Selain baju baru, masyarakat Indonesia selalu menyediakan aneka kue kering sebagai hidangan untuk tamu yang datang. Meski tahun ini ada batasan untuk berkunjung, bukan berarti kebiasaan menyediakan kue kering di rumah ga boleh.

Bahkan di ecommerce seperti Shopee, terlihat banyak toko yang telah menjual ratusan kue nastar sejak awal bulan ramadan. Contohnya toko iechajuliea_78 yang telah menjual sebanyak 111 nastar di bulan April, terlihat dari tanggal testimoni pelanggannya di Shopee.

Jadi, jika kamu memiliki keahlian membuat kue kering, cobalah memulai penjualan online untuk tetangga di sekitar rumah. Atau tawarkan ke teman-teman kamu melalui whatsapp. Untuk kamu yang belum mahir membuat kue, tenang saja. Banyak resep di internet yang bisa kamu ikuti. Asalkan resepnya terbuat dengan benar, pasti kue kering kamu bakalan enak dan disukai orang.

4. Amplop THR Aesthetic

Untuk kamu yang memiliki keahlian membuat kerajinan tangan, coba deh kreasikan amplop THR. Meski tidak mudik, para orang tua pasti tetap butuh amplop untuk memberikan THR kepada anaknya di rumah.

Amplop THR juga menjadi banyak peminat saat lebaran. Nah, cobalah membuat amplop-amplop unik untuk menarik calon pembeli. Sebab, model bisnis ini tidak menuntut kamu memiliki modal yang besar, tapi cuan yang kamu dapatkan bisa jadi memuaskan.

5. Jasa Masak Makanan Khas Idul Fitri

Ide bisnis selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuka jasa masak makanan khas Idul Fitri. Ini juga menjadi kebiasan masyarakat kita untuk menyediakan makanan-makanan di hari pertama lebaran. Makanan khas lebaran setiap daerah tentu berbeda. Kamu dapat menyesuaikan dengan daerah di mana kamu tinggal.

Biasanya makanan khas Idul Fitri yang sering muncul adalah lontong, opor ayam, rendang, dan sate. Dari jenis makanan tersebut, kamu bisa memilih mau buka jasa membuat makanan lebaran yang mana. Atau jika mampu, buka saja jasa membuat semuanya.

Itulah beberapa ide bisnis jelang Idull Fitri saat pandemi yang bisa kamu lakukan dari rumah. Semoga bermanfaat.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Qoala Insurtech Ungkap Strategi Digital Marketing Tahun 2021

DuniaFintech.com - Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan di berbagai aspek bisnis, termasuk gaya pemasaran di setiap industri. Namun, pandemi justru memberi peluang bagi perusahaan...

Fintech Santara, Investasi di Bisnis UMKM dengan Sistem Equity Crowdfunding

DuniaFintech.com - Fintech Santara merupakan platform equity crowdfunding yang berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Equity crowdfunding itu sendiri adalah istilah untuk layanan urun...

Jenis-jenis Produk Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Sebagaimana bank-bank lainnya, Bank Syariah Indonesia atau BSI juga memiliki produk pinjaman bagi nasabahnya. Apa saja jenis pinjaman bank syariah? Perlu diketahui, Bank Syariah...

PasarPolis, Perusahaan Asuransi dengan User Experience Terbaik

PasarPolis merupakan perusahaan asuransi yang telah hadir sejak tahun 2015 untuk merevolusi industri asuransi yang selama ini cenderung sulit. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, PasarPolis...

Bareksa, Marketplace Investasi Digital Pertama di Indonesia

Bareksa merupakan marketplace investasi reksadana digital terintegrasi pertama di Indonesia. Startup financial technology (fintech) ini milik PT Bareksa Portal Investasi yang berdiri pada 17...
LANGUAGE