31.7 C
Jakarta
Senin, 28 November, 2022

4 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM INVESTASI BITCOIN

duniafintech.com – Dunia ekonomi akhir-akhir ini dibuat heboh dengan munculnya Bitcoin. Banyak orang kaya ‘mendadak’ setelah nilai tukar Bitcoin meningkat. Contohnya adalah seorang mahasiswa berumur 23 tahun bernama Charlie Shrem. Pada tahun 2013 ia membeli ribuan Bitcoin dan sekarang menjadi seorang miliarder.

Nilai tukar Bitcoin secara konsisten terus mengalami peningkatan. Fakta ini menggemparkan dunia karena munculnya miliarder-miliarder baru setelah sukses berinvestasi Bitcoin. Tercatat, nilai Bitcoin pada tahun 2013 sebesar sekitar US$ 260/BTC, di mana angka ini jauh lebih tinggi daripada nilai tukar pada tahun 2011 dan terus mengalami peningkatan. Sejarah puncak kenaikan harga Bitcoin sempat terjadi pada bulan Juni lalu, yaitu mencapai sekitar US$ 3300.

Apakah investasi Bitcoin aman? Ada beberapa yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Perhatikan masalah keamanan penyimpanan

Bitcoin disimpan dalam sebuah akun yang disebut Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet). Dompet Bitcoin dapat digunakan untuk menyimpan Bitcoin dan Anda bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play Store atau Apple Store. Terhitung ada ratusan perusahaan di dunia yang membuat Dompet Bitcoin hingga saat ini, namun demi keamanan akun Anda, disarankan untuk mencari aplikasi yang memiliki jumlah download terbanyak dan bintang review tertinggi. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan Dompet Bitcoin adalah Bitcoin Indonesia (www.bitcoin.co.id). Anda bisa pula membandingkan kelebihan dan kekurangan Dompet Bitcoin yang beredar saat ini dengan mengunjungi Bitcoin.org.

Melalui Dompet Bitcoin. Anda bisa melakukan pengiriman Bitcoin ke mana saja di dunia selama terhubung dengan internet. Cara pakainya mirip dengan Internet Banking. Perbedaannya terdapat di tingkat keamanan, di mana Bitcoin jauh lebih unggul karena transaksi terjadi langsung dari pengirim ke penerima tanpa melibatkan pihak ke tiga.

Setiap Dompet Bitcoin memiliki berbagai lapisan keamanan dan cara mengamankan yang berbeda. Namun rata-rata disediakan opsi di mana Anda bisa menambahkan 2 Factor Authentication (2FA) untuk memberi lapisan keamanan ekstra pada Dompet Bitcoin Anda. 2 FA biasanya berupa verifikasi via pin SMS yang masuk ke nomor handphone yang Anda daftarkan ketika menciptakan wallet, atau berupa pin Google Authenticator yang bisa Anda install di laptop atau di smartphone Anda. Dengan demikian setiap kali Anda login ke wallet Anda, Anda harus bisa memasukkan alamat e-mail, password dan pin SMS atau pin GA Anda untuk mengakses Dompet Bitcoin Anda.

  • Perhatikan penyebab naik turunnya harga 

Meski nilai Bitcoin menunjukkan sinyal positif dengan terus mengalami peningkatan, tidak menutup kemungkinan nilainya bisa menurun sewaktu-waktu. Isu global atau faktor fundamental bisa saja memengaruhi nilai Bitcoin. Jika beredar isu negatif, nilainya akan menurun. Begitu juga sebaliknya, jika terdapat isu positif maka nilai Bitcoin pun akan meningkat. Meskipun trading Bitcoin dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu membeli saat harga turun dan menjualnya saat harga naik, pengetahuan tentang faktor teknikal saat melakukan trading Bitcoin juga diperlukan agar lebih mematangkan analisa Anda tentang pergerakan harga.

  • Hati-hati terhadap penipuan

Jika Anda sekadar ikut-ikutan dan tidak paham seluk-beluk Bitcoin, sebaiknya Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa itu Bitcoin dan bagaimana cara memperdagangkannya. Pastikan bahwa perusahaan Digital Exchange yang Anda pilih bukanlah MLM dan bukan pula Scam. Anda perlu berhati-hati dalam menentukan pilihan kepada perusahaan Digital Exchange mana yang Anda percayakan untuk memulai investasi Bitcoin Anda.

Mungkin saja ada pihak yang mengaku sebagai pengelola Bitcoin, tetapi ternyata bisnisnya abal-abal. Jika Anda menjadi investor yang kurang paham soal Bitcoin, bisa saja terjebak dalam kasus penipuan dengan modus seperti ini.

  • Ketahui merchant yang menerima pembayaran dengan Bitcoin

Pelajari lebih lanjut merchant  mana saja di dunia yang melayani pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. Hal itu akan memudahkan Anda untuk memanfaatkan Bitcoin yang Anda miliki, misalnya untuk berbelanja atau jalan-jalan ke luar negeri. Dewasa ini ada beberapa perusahaan penerbangan yang sudah mulai menerima Bitcoin, seperti peach airlines. Di bidang teknologi, perusahaan Microsoft, Dell, Overstock, dan lain-lain juga telah menerima Bitcoin.

Di Indonesia sendiri, di kota pariwisata Bali telah banyak merchant yang menerima pembayaran dengan Bitcoin, beberapa di antaranya adalah penjual perhiasan seperti Sanur Jewellery Studio dan Tabra International. Ada pula hotel, yaitu S8 Hotel dan delMango Villa Estate yang juga menerima pembayaran dengan Bitcoin. Sementara untuk restoran yang menerima Bitcoin adalah Clear Cafe. Di sektor jasa, ada kelas yoga Pure Immersio, Bitcoin Tour Bali, dan banyak lagi.

 

 

Written by : Arina Calista Putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Target Inklusi Keuangan 90% Tahun 2024, Dana Luncurkan QRIS

JAKARTA, duniafintech.com - Penetapan target inklusi keuangan Indonesia pada tahun 2024 sebesar 90% mendorong berbagai inisiasi strategis yang mampu mengintegrasi layanan keuangan digital. Transaksi QRIS...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs di Zona Hijau, Simak Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Senin (28/11/2022). Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami...

Tips Mengembangkan UMKM Agar Tetap Eksis, Begini Caranya!

JAKARTA, duniafintech,com - Tips mengembangkan UMKM tengah marak jadi perbincangan banyak orang akhir-akhir ini, karena banyak bermunculan UMKM baru. Di era digital saat ini, banyak...

Empat Hal Unik Tentang Blockchain, Mari Kita Simak Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com - Blockchain mempunyai hal yang unik, untuk itu tim DuniaFintech.com akan mengulas khusus untuk Anda, yakni keunikan yang dimiliki Blockchain. GI (GovInsider) menjelaskan...

Utang Pemerintah Indonesia Naik Lagi! Tembus 7.496 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat posisi utang pemerintah Indonesia per 31 Oktober 2022 sebesar Rp 7.496,70 triliun. Jumlah utang pemerintah Indonesia itu naik...
LANGUAGE