29 C
Jakarta
Kamis, 19 September, 2024

Peretasan Kripto Mengguncang Agustus: Kerugian $300 Juta Lebih

JAKARTA – Menurut CertiK Alert , perkiraan kerugian dalam industri mata uang kripto mencapai sekitar $300,6 juta pada Agustus 2024.

Kerugian $300 Juta pada Bulan Agustus Akibat Insiden Peretasan Kripto

Semua kerugian ini terjadi karena serangkaian kerentanan, serangan peretas, dan penipuan. Ini adalah kerugian tertinggi kedua yang pernah tercatat sepanjang tahun ini. Untungnya, sekitar $10,3 juta telah berhasil dipulihkan.

Dari jumlah tersebut, bagian terbesar berasal dari kerentanan kontrak yang mencapai sekitar $308,8 juta. Peretasan dan eksploitasi kripto tentu tidak akan hilang dalam waktu dekat, terutama karena sektor DeFi terus menjadi pusat perhatian sebagai tempat bermain favorit bagi para penjahat dunia maya. Yang mengejutkan, tidak ada serangan yang dilaporkan terhadap perusahaan keuangan terpusat pada tahun 2024.

Di antara insiden peretasan kripto yang terjadi pada bulan Agustus, Ronin Network menjadi sorotan, yang dianggap sebagai blockchain terkemuka dalam permainan. Seorang peretas topi putih meretas jaringan dan mengambil 3.996 ETH, sekitar $10 juta saat itu. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 6 Agustus yang terkait dengan skrip penyebaran yang salah dari pemutakhiran yang telah membahayakan jembatan Ronin.

Kerugian Kripto Tahun Ini Capai $1,21 Miliar

Wawasan lebih lanjut dari laporan Immunefi Crypto Losses pada bulan Agustus 2024 menunjukkan bahwa tantangan keamanan masih ada. Laporan tersebut menunjukkan bahwa total kerugian akibat peretasan dan penipuan pada tahun 2024 mencapai $1,21 miliar dari 154 insiden peretasan kripto, naik 15,5% dari periode yang sama pada tahun 2023.

Namun, pada bulan Agustus terjadi beberapa penurunan menarik dalam kerugian bulan ke bulan: hanya $15,1 juta yang hilang dalam lima insiden peretasan kripto, turun 38% dari Agustus 2023 dan 94,5% dibandingkan bulan sebelumnya.

Disclaimer : Informasi yang diberikan di sini bukan merupakan nasihat keuangan. Selalu konsultasikan dengan penasihat keuangan profesional sebelum membuat keputusan investasi apa pun.

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU