28.3 C
Jakarta
Jumat, 19 Juli, 2024

Ada BLT Minyak Goreng Senilai Rp300 Ribu dari Jokowi, Begini Cara Cek Penerimanya

JAKARTA, dunifintech.com – Pemerintah telah mengumumkan akan memberikan BLT (bantuan langsung tunai) minyak goreng senilai Rp300.000. Bantuan yang akan disalurkan untuk bulan April, Mei, dan Juni ini diketahui bakal menyasar keluarga hingga pedagang kaki lima (PKL).

“Kami tahu, harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional. Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada konferensi pers virtual, dikutip dari Detik.com, Sabtu (2/4/2022).

Menurut Presiden, nilai bantuan itu diberikan sebesar Rp100.000/bulan. Adapun untuk skema pencairannya, nantinya bakal diberikan di depan pada April ini sekaligus untuk tiga bulan senilai Rp300.000.

“Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp100.000. Pemerintah akan memberikan bantuan itu untuk setiap bulannya. Pemerintah akan memberikan tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, Juni, yang akan dibayar di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300.000,” paparnya.

Disampaikan Jokowi lagi, bantuan tersebut bakal digelontorkan kepada sebanyak 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan,” papar mantan gubernur DKI Jakarta itu.

“Saya minta, Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI serta Polri berkoordinasi agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” tutupnya.

Cara cek penerima BLT minyak goreng

Bagi Anda yang ingin mengecek penerima BLT minyak goreng, Anda bisa memantaunya di laman cekbansos.kemensos.go.id. Hal itu karena BLT minyak goreng ini di antaranya akan diberikan kepada keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), dengan jumlah sebanyak 20,5 juta penerima.

Adapun data penerima BPNT dan PKH ini tersedia pada laman di atas. Dengan begitu, bagi mereka yang tercantum sebagai penerima BPNT atau PKH, akan secara langsung menjadi penerima BLT minyak goreng senilai Rp300 ribu tersebut.

Mengutip Tribunnews.com, inilah langkah-langkah untuk mengecek penerima BLT minyak goreng di cekbansos.kemensos.go.id.

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id atau klik tautan ini
  2. Lalu, masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
  3. Selanjutnya, masukkan nama lengkap sesuai KTP
  4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode
  5. Apabila tidak jelas huruf kode, klik icon refresh untuk mendapatkan kode baru
  6. Berikutnya, klik tombol cari data

Catatan: Sistem akan mencocokkan Nama Penerima Manfaat (PM) dan Wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database kami

Adapun data yang tersedia pada situs ini merupakan data penyaluran bantuan per Januari—Maret 2022. Dengan demikian, data ini perlu dikonfirmasi ulang untuk penerima per bulan ini.

Di samping itu, juga tidak harus kepala keluarga yang mengecek, apakah namanya terdaftar sebagai penerima bantuan. Pasalnya, pengecekan juga dapat dilakukan oleh istri/suami, anak, hingga tetangga, asalkan tahu nama lengkap orang yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat tersebut.

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU