31 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

Aksi Whale XRP: Akumulasi Besar Picu Spekulasi Kebangkitan Harga

JAKARTA, duniafintech.com – Dunia kripto kembali dihebohkan oleh manuver para “whale” XRP, sebutan bagi pemegang XRP dalam jumlah masif. Aksi borong besar-besaran yang mereka lakukan belakangan ini telah memicu gelombang spekulasi dan analisis mendalam mengenai masa depan XRP. Pertanyaannya, apakah ini pertanda kebangkitan XRP atau sekadar riak kecil di lautan kripto yang bergejolak?

Data On-Chain Mengungkap Akumulasi Masif Whale XRP

Data on-chain dari Santiment, perusahaan analisis blockchain terkemuka, menunjukkan bahwa kepemilikan XRP oleh whale (alamat yang menyimpan lebih dari 1 miliar token) telah melonjak secara signifikan. Pada pertengahan Juni, whale menguasai hampir 40% dari total pasokan XRP. Namun, angka ini meroket menjadi 42% pada saat penulisan, menunjukkan akumulasi besar-besaran dalam waktu singkat.

Whale tidak hanya membeli XRP dalam jumlah besar, tetapi mereka juga melakukannya pada saat harga XRP mengalami penurunan. Ini merupakan indikasi kuat bahwa whale melihat XRP sebagai aset yang undervalued dan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi di masa depan.

Ada beberapa motif potensial di balik aksi borong XRP oleh whale. Salah satunya adalah keyakinan kuat terhadap potensi XRP. Whale mungkin percaya bahwa XRP saat ini dinilai terlalu rendah oleh pasar dan akan mengalami apresiasi harga yang signifikan di masa mendatang.

Motif lain yang mungkin adalah strategi “buy the dip” (beli saat harga turun). Whale melihat penurunan harga XRP sebagai peluang emas untuk mengakumulasi XRP dengan harga diskon, dengan harapan dapat meraup keuntungan besar ketika harga XRP kembali naik.

Selain itu, beberapa whale mungkin juga termotivasi oleh faktor-faktor lain seperti dukungan terhadap teknologi Ripple, kepercayaan terhadap tim Ripple, atau bahkan sekadar spekulasi jangka pendek.

Dampak Aksi Whale Terhadap Harga XRP

Aksi whale XRP tidak hanya sekadar manuver keuangan belaka. Aksi mereka memiliki dampak nyata terhadap pasar XRP. Perintah beli dalam jumlah besar yang mereka lakukan dapat menciptakan tekanan beli yang signifikan, sehingga menstabilkan harga XRP atau bahkan memicu reli harga.

Saat ini, harga XRP berada di kisaran $0.43. Meskipun mengalami penurunan 6.52% dalam 24 jam terakhir, aksi whale ini dapat menjadi katalisator yang mendorong harga XRP kembali ke level $0.45 atau bahkan lebih tinggi.

Namun, penting untuk diingat bahwa akumulasi whale bukanlah jaminan bahwa harga XRP akan naik. Ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi pergerakan harga XRP, termasuk perkembangan kasus Ripple vs SEC, sentimen pasar secara keseluruhan, tingkat adopsi XRP oleh institusi keuangan, dan dinamika pasar kripto secara global.

Aksi whale XRP yang mengakumulasi XRP dalam jumlah besar telah menjadi sorotan utama di dunia kripto. Aksi mereka mencerminkan keyakinan yang kuat terhadap potensi XRP dan dapat menjadi katalisator bagi kebangkitan harga XRP di masa depan.

Namun, penting untuk diingat bahwa pasar kripto sangatlah fluktuatif dan tidak ada yang pasti. Hanya waktu yang akan menjawab apakah aksi whale ini benar-benar akan membawa XRP menuju era baru atau hanya sekadar riak kecil di lautan kripto yang luas.

Disclaimer: Artikel ini hanya bersifat informatif dan bukan merupakan saran investasi. Selalu lakukan riset sendiri sebelum membuat keputusan investasi.

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU