32.1 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

ALLAY Memudahkan Jaminan Kesehatan Karyawan

duniafintech.com – Setiap karyawan pada dasarnya ingin bekerja di tempat nyaman. Baik menilik soal gaji, jarak tempuh, atasan dan rekan kerja atau tunjangan lainnya. Memang tidak 100% harapan yang diinginkan akan tercapai. Namun paling tidak hal yang paling mendasar diutamakan, misalnya saja gaji dan jaminan kesehatan.

Persoalan gaji, biasanya berdasarkan pada kebijakan masing-masing perusahaan. Begitu pula halnya dengan fasilitas. Perusahaan dengan jumlah karyawan di atas 200 orang, tentunya akan memiliki tunjangan yang lebih untuk para stafnya. Fasilitas pun beragam, contohnya saja ada tunjangan grade, tunjangan jabatan, tunjangan hari raya, tunjangan hari tua, dan yang utama adalah tunjangan kesehatan.

Lalu bagaimana dengan perusahaan atau usaha kecil yang jumlahnya karyawannya sedikit? Mungkinkah beragam fasilitas akan didapatkan? Atau dapatkah satu tunjangan utama yaitu kesehatan, bisa diberikan dari usaha kecil kepada stafnya?

Tak hanya itu, naik turunnya harga terkadang memengaruhi biaya, khususnya asuransi. Padahal kebutuhan jaminan kesehatan amat dibutuhkan terutama bagi para pekerja di kantor. Karyawan akan merasa tenang bekerja karena kesehatannya terjamin. Sebaliknya, perusahaan juga nyaman mempekerjakan stafnya.

Kehadiran startup insurance yang bermarkas di San Francisco, yaitu Allay, perlindungan asuransi yang dikhususkan untuk para karyawan. Allay adalah startup yang dirancang untuk membantu perusahaan yang jumlah karyawannya 5 sampai dengan 500 orang dalam menyimpan uang demi perawatan kesehatan. Pada perusahaan besar, biaya perawatan lebih rendah karena menggunakan konsultan mahal untuk mengasuransikan dan menyesuaikan sendiri. Hal tersebut tentunya tidak dapat diterapkan di perusahaan kecil, karena banyak memakan waktu.

Pada Allay, usaha kecil dapat memberikan tunjangan kesehatan untuk karyawannya. Tiap bulan yang dibayarkan adalah tetap dan dapat mengumpulkan pengembalian dana (refund) yang tidak digunakan untuk klaim. Dengan begitu, jaminan kesehatan karyawan di perusahaan kecil tetap dapat diberikan.

Produk-produk yang ditawarkan oleh asuransi yang berdiri tahun 2014 ini diantaranya adalah: Group Health Insurance, Health Insurance for Small Business, dan Health Insurance for Business. Masing-masing produk dapat dijadikan pilihan untuk perusahaan maupun usaha kecil. Pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Konsep yang dirancang oleh Allay cukup unik yaitu Pay-per-Usage. Artinya adalah, pembayaran dilakukan pada yang digunakan saja. Ini amat hemat digunakan, dimana perusahaan yang memiliki jumlah karyawan di atas 200 orang. Dengan begitu, perusahaan tidak akan membayar lebih dari jumlah bulanan yang sudah ditetapkan.

Selain itu, Allay memberikan layanan produk dengan tersedianya pilihan level asuransi yang disesuaikan. Macam-macam level tersebut, diantaranya ialah Self Funded, Level Funded, Level Funding, dan Level Premium. Tingkat premi tersebut, akan menghilangkan rasa kecemasan terhadap naik turunnya harga.

Pada Level Funding, perusahaan dapat mengurangi risiko bahwa karyawan akan dikenai biaya perawatan kesehatan yang besar karena akan disesuaikan dengan riwayat kesehatan karyawan. Di Level Funded, memungkinkan perusahaan mengontrol arus kas, seperti biaya admin, stop-loss insurance dan uang tunai untuk klaim. Oleh karena itu, tanpa disadari sebenarnya perusahaan sudah dapat mengatur rencana perawatan kesehatan karyawan.

Lain lagi di Level Premium, perusahaan akan dibantu apakah di level ini merupakan pilihan yang tepat untuk perusahaan Anda, bagaimana perhitungan yang mendukung dan perencanaan untuk para karyawan. Sedangkan pada Self Funded, perusahaan akan dibantu untuk menganalisis tingkat pendanaan, sehingga tidak perlu khawatir lagi akan biaya yang besar atau klaim yang tidak terduga. Dengan demikian, tunjangan kesehatan untuk karyawan dapat dirasakan baik yang bekerja di perusahaan besar, menengah maupun kecil.

 

Source:  Allay.io

Written by: Fenni Wardhiati

 

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU