27.3 C
Jakarta
Kamis, 20 Juni, 2024

Amankan Akun Whatsapp dari Hacking Pinjol Ilegal, ini Tipsnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Amankan akun whatsapp dari hacking atau peretasan sangat wajib dilakukan apalagi untuk para customer yang menggunakan pinjaman online ilegal, pasalnya mereka bisa melakukan apa saja yang dapat mengancam keberlangsungan hidup untuk mereka yang telat dalam tempo pembayaran.

Dalam artikel sebelumnya, kami telah membahas akibat dari pinjaman online ilegal. Cara terbaik agar para kolektor tidak bisa menjangkau terlalu jauh dari privasi customer nya adalah dengan cara mengamankan akun whatsapp.

Peretasan termasuk salah satu perilaku hacking yang sangat tidak diindahkan oleh tiap kalangan manapun, karena setiap manusia wajib memiliki privasi dan itu tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun, meskipun kondisi sekarang kamu sedang terlilit hutang.

Baca juga: Kenali Resiko Pinjaman Jika Hutang Online Tidak Dilunasi, Cermati Hal Ini!

Dengan mengesampingkan kondisi personal, ada cara yang wajib dilakukan agar salah satu aplikasi yang telah dibeli oleh Mark bisa terjaga dengan baik. Penggunaan whatsapp sebagai aplikasi messenger terbesar di dunia ini telah sampai ke Indonesia, bahkan penagihan pinjaman pun sudah melalui pesan broadcast dari whatsapp.

Mengingat peran dari messenger online ini sangat penting dalam kehidupan, tentunya kamu perlu meningkatkan security yang telah disediakan oleh whatsapp. Jangan sampai saat ini kamu sudah terlilit hutang, akan ketambahan lagi jika whatsapp diretas dan peretas melakukan pinjaman dana atas nama diri kamu sendiri.

Baca jugaMengenal P2P Lending Syariah, Pinjaman Halal Tanpa Riba

Amankan Akun Whatsapp dari Hacking

Amankan Akun Whatsapp Dari Hacking

Sebenarnya ada 3 langkah yang perlu dilakukan untuk mengamankan akun whatsapp dari tindak hacker yang tidak bertanggung jawab atas perilakunya, antara lain sebagai berikut.

1. Verifikasi 2 langkah atau two step verification

Tahapan pertama yang pastinya dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan langkah two step verification, dengan fitur ini kamu tidak perlu khawatir jika kehilangan kartu SIM card atau kerusakan SIM card dalam kondisi tertentu yang tidak diinginkan, setidaknya orang lain tidak bisa menggunakan hal jahat kepada kamu.

Kalaupun ada orang yang ingin meretas akun tersebut, maka akan muncul pesan SMS atau notifikasi dengan kode rahasia. Jika ada yang mengaku ngaku menanyakan kode rahasia itu, sebaiknya tidak perlu diberikan. Karena itu merupakan salah satu fitur keamanan dari aplikasi whatsapp agar user nya dapat terjamin privasinya.

Jika ingin mengaktifkan fitur ini, silahkan buka aplikasi whatsapp, lalu pilih Akun, setelah itu pilih “verifikasi dua langkah”, selanjutnya ikuti panduan sesuai yang disarankan.

2. Face ID atau Finger print ID

Pada langkah kedua yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun adalah dengan mengaktifkan fitur fingerprint atau face id unlock, dengan adanya tambahan dari kedua keamanan tersebut, tentunya orang lain tidak akan bisa membuka whatsapp kamu, sekalipun peretas ingin membuka nya dari jarak jauh.

Tetapi, hal ini terdapat celah jika meminjamkan HP ke orang yang tidak dipercaya lalu menambahkan fingerprint nya ke dalam ponsel untuk mengakses aplikasi whatsapp. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pengecekan berkala terkait akses akun melalui face id atau finger id.

Jika kamu tertarik untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan buka kembali akun whatsapp, lalu pilih akun, kemudian pilih privasi, lalu tekan menu kunci layar. Selanjutnya adalah memilih aktifkan fitur face id atau touch id, selesai.

3. Mengaktifkan fitur privasi profile

Selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur privasi di profile, hal tersebut juga masih termasuk ke dalam cara atau langkah mengamankan akun whatsapp dari hacking, karena dengan mengaktifkan fitur ini kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profile whatsapp, story whatsapp, hingga status yang berada di profile whatsapp.

Tujuannya sangat baik, jika kedapatan orang yang menyimpan nomor kamu dan sudah memiliki niat jahat, ia tidak bisa melakukan apa-apa karena keterbatasan informasi awal mulai dari foto profil whatsapp yang digunakan.

Untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah, silahkan pergi ke menu setting atau pengaturan, lalu pilih privasi, dan pilih informasi apa saja yang bisa diakses oleh orang lain, lalu simpan.

Baca juga: Terlengkap! Ini Daftar Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah 2022

Kesimpulan

Dari beberapa poin yang telah kami sebutkan terkait cara mengamankan akun whatsapp, sudahkah kamu lakukan semuanya? Setiap kejahatan yang dilakukan seseorang karena ada celah atau peluang untuk melakukannya.

Apalagi jika kamu adalah seorang buron dari aplikasi pinjaman online ilegal yang konsep penagihan nya sudah dijelaskan sangat tidak manusiawi. Oleh sebab itu, pengamanan selanjutnya adalah melalui aplikasi whatsapp agar tidak menambah beban hutang jika ada hacker yang meminjam uang mengatasnamakan diri kamu.

Jadi, tetap ingat dan waspada. Selalu menjaga hal penting yang kamu miliki ya!

Baca juga: Awas Penipuan! Ini Daftar 105 Pinjaman Online Ilegal yang Baru Saja Diblokir OJK

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Iklan

ARTIKEL TERBARU