31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Pembiayaan Haji P2P Lending Syariah, ini Cara Mengajukannya!

JAKARTA, duniafintech.com – Bisakah pembiayaan haji melalui fintech P2P lending syariah? Jawabnya ya tentu bisa dong. Menunaikan ibadah haji salah satu kewajiban yang patut di penuhi bagi umat islam yang mampu. Jika anda sedang merencanakan pendaftaran ibadah haji, ada berbagai cara untuk mewujudkannya. Salah satunya mengajukan pembiayaan haji melalui fintech P2P lending syariah.

Sebelum itu ada baiknya anda kenali apa saja keuntungan yang didapat melalui fintech P2P lending syariah.

Baca jugaRincian Lengkap Biaya Haji 2022 dan Persyaratannya

Keuntungan Investasi P2P Lending Syariah

Berinvestasi sesuai syariah tentunya memberikan ketenangan sendiri bagi investor muslim. Hal ini karena kehalalan transaksinya serta imbal hasil yang diperhitungkan secara adil dan seimbang. Untuk mengetahui keuntungan berinvestasi di P2P lending syariah, anda bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

1. Tingkat Keamanannya Terjamin

P2P lending syariah yang aman adalah yang sudah resmi terdaftar OJK. Hal ini menjadi acuan bahwa P2P lending syariah tersebut sudah memenuhi syarat legalitas usaha. Sehingga beredarnya P2P lending syariah sebagai financial technology yang resmi, tentu akan terjamin keamanannya, baik keamanan transaksi serta keamanan data pengguna.

2. Imbal Hasil dengan Perhitungan Halal

Karena P2P lending syariah menggunakan prinsip yang berlandaskan syariat islam, maka sistem yang digunakan pun sudah ada jaminan kehalalan. Seperti penggunaan akad muamalah dalam perhitungan imbal hasil investasi yang dihitung secara adil dan menghindari adanya riba.

3. Investor Berkontribusi Mendanai UMKM

Investasi tidak hanya sekedar mencari keuntungan dari modal yang ditanamkan pada P2P lending syariah. Melainkan juga memberikan manfaat kepada borrower selaku peminjam dana pembiayaan. Dana pembiayaan tersebut berguna untuk menambah modal para pelaku UMKM dan adapula yang digunakan untuk kegiatan produktif lainnya.

4. Pendanaan Terarah Sesuai Target

Salah satu keuntungan berinvestasi pada P2P lending syariah, dana yang anda salurkan akan diarahkan sesuai target. Contohnya pada fitur marketplace, dimana anda bisa menemukan borrower pilihan anda dengan kriteria yang tepat. Misal pembiayaan yang diajukan untuk modal usaha, maka anda bisa membantu mendanai borrower tersebut.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh dari berinvestasi di P2P lending syariah. Keamanan serta kehalalan transaksi investasi sudah terjamin. Hal ini telah diatur oleh Fatwa DSN-MUI dengan pengawasan Dewan Pengawas Syariah serta perizinan dan regulasi yang dikeluarkan oleh OJK.

Baca jugaSesuai Standar Kemenag, Inilah Daftar Biaya Umroh 2022 Terbaru

Pembiayaan Haji P2P Lending Syariah

Pembiayaan Haji P2P Lending Syariah

Agar anda memperoleh porsi haji, anda harus mendaftarkan diri anda sesegera mungkin. Pembiayaan haji bisa jadi rekomendasi terbaik agar pembayaran biaya haji anda bisa lebih ringan. Cara mengajukan pembiayaan haji P2P lending syariah bisa anda ketahui pada pembahasan berikut ini.

1. Mengunduh Aplikasi P2P Lending Syariah

Karena P2P lending syariah menggunakan teknologi digital, maka untuk mengajukan pembiayaan haji anda perlu mengunduh aplikasi P2P lending syariah. Ada berbagai perusahaan P2P lending syariah resmi dan aman yang dapat anda pilih. Contohnya adalah P2P lending syariah yang sudah resmi terdaftar OJK.

2. Melakukan Registrasi dan Melengkapi Persyaratan Dokumen

Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi P2P lending syariah, anda bisa mulai melakukan registrasi akun menggunakan email, nomor hp dan password. Setelah berhasil diverifikasi, lengkapi data diri anda dan syarat-syarat dokumen yang telah ditentukan P2P lending syariah.

3. Mengisi Formulir Pengajuan Pembiayaan Haji

Selain melengkapi persyaratan dokumen, anda juga diwajibkan untuk mengisi formulir pengajuan pembiayaan haji. Formulir ini bisa diisi secara online melalui aplikasi P2P lending syariah terkait. Apabila sudah anda isi semua seluruh informasi yang diminta dalam formulir, anda bisa langsung mengirimkannya.

4. Melihat Status Pengajuan

Setelah anda sudah mengirimkan seluruh syarat dan formulir pengajuan, anda hanya perlu menunggu validasi oleh pihak P2P lending syariah. Cek setiap saat status pengajuan pembiayaan haji anda melalui aplikasi P2P lending syariah. Apabila ada pertanyaan terkait pembiayaan haji, anda bisa menghubungi helpdesk pada kontak yang tertera di P2P lending syariah.

Itulah beberapa langkah cara mengajukan pembiayaan haji melalui P2P lending syariah. Kini ibadah haji bisa terencana dengan baik bersama fintech P2P lending syariah. Besaran pembiayaan dan jangka waktu angsuran bisa dipilih sesuai penawaran dari P2P lending syariah.

Baca juga: Wajib Diketahui! ini Daftar Barang Bawaan Calon Jamaah Haji yang Bakal Kena Sita

 

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE