26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Sesuai Standar Kemenag, Inilah Daftar Biaya Umroh 2022 Terbaru

JAKARTA, duniafintech.com – Biaya umroh 2022 dan ibadah haji pada umumnya telah dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag). Sebagaimana diketahui, setelah dua tahun berlangsungnya pandemi, ibadah umroh dan haji kembali dibuka untuk jamaah asal Indonesua,

Kemenag sendiri terus berupaya memfinalisasi regulasi soal penyelenggaraan umrah di masa pandemi ini. Aturan itu khususnya terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. Namun, harga paket umrah tahun ini disebut naik lantaran adanya berbagai aturan yang harus dibatasi kapasitasnya, mulai dari bus hingga kamar hotel sehingga butuh biaya tambahan. 

Lalu, berapa sih biaya dan persyaratan untuk berangkat umrah tahun 2022 ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Biaya Umroh 2022: Apa Saja Persyaratan Umrah Tahun Ini?

Berikut ini sejumlah persyaratan yang mesti dipenuhi untuk berangkat umroh 2022, yakni:

  1. Usia jamaah yang diperbolehkan berangkat umrah sesuai ketentuan pemerintah Arab Saudi, yakni 18—60 tahun.
  2. Tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid dan wajib memenuhi ketentuan Kemenkes RI
  3. Menandatangani surat pernyataan tidak akan menuntut pihak lain atas risiko yang timbul akibat Covid-19
  4. Bukti bebas dari Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil PCR/swab test yang dikeluarkan dari rumah sakit atau laboratorium yang sudah terverifikasi Kemenkes dan berlaku 72 jam sejak pengambilan sampel hingga waktu keberangkatan atau sesuai ketentuan pemerintah Arab Saudi

Biaya Umroh 2022 Terbaru

Merangkum berbagai sumber, inilah biaya paket umrah terbaru 2022 dengan standar Kemenag RI. Berikut ini pilihan biaya paket umrah 2022 sesuai standar kemenag RI:

  1. Paket Umrah Spektakuler Bintang 4

Paket umrah spektakular bintang 4 ini sudah termasuk biaya menginap di hotel bintang 4 dan penerbangan menggunakan Etihad/Oman Airlines dengan harga paket Rp18.999.000. 

  1. Paket Umrah Spektakuler Bintang 5

Paket umrah spektakular bintang 5 sudah termasuk biaya menginap di hotel bintang 5 dan penerbangan Etihad/Oman Airlines dengan harga paket Rp 19.999.000.

  1. Paket Umrah Super Spektakuler Bintang 5 

Paket umrah super spektakular bintang 5 sudah termasuk biaya menginap di hotel bintang 5 dan penerbangan menggunakan Saudia Airlines Rp21.999.000. 

  1. Paket Umroh Bintang 5 VIP 

Paket umrah bintang 5 VIP sudah termasuk biaya menginap di hotel bintang 5 dan penerbangan VIP menggunakan Saudia Airlines Harga Rp23.999.000.

  1. Paket Saat Bulan Ramadan

Baca juga: Insya Allah Berkah, Segini Biaya Haji Plus hingga Daftar Travel ONH Plus Terbaik

Ada juga tiga paket umrah lainnya yang dilaksanakan pada bulan Ramadan, yaitu:

  • Paket umrah sambut Ramadan dengan penerbangan menggunakan Saudia Airlines dengan harga paket Rp27.999.000.
  • Paket umrah awal Ramadhan dengan penerbangan menggunakan Saudia Airlines dengan harga paket Rp29.999.000.
  • Paket umrah tengah Ramadhan dengan penerbangan Saudia Airlines dengan harga paket Rp31.999.000.

Jenis Vaksin yang Diterima untuk Keberangkatan Umrah 2022

Sebagai informasi, pemerintah Arab Saudi juga telah membatasi jenis vaksin Covid-19 yang sudah didapatkan oleh pengunjung yang masuk ke wilayahnya.

Dalam hal ini, Arab Saudi hanya mengakui pengunjung yang suah divaksin jenis Pfizer, BioNTech, Comirnaty, Oxford Astra Zenneca, Covishield, SK Bioscience, Vaxzevria, Moderna, Spike Vax, atau Jonhnson & Johnson. 

Di lain sisi, pengunjung yang mendapatkan vaksin Sinovac dan Sinopharm mesti menerima dosis tambahan.

Skema Pemulangan Jemaah Umrah

Adapun sebelum pulang, jamaah umrah wajib melakukan PCR di Arab Saudi maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan kepulangan. Setibanya di Indonesia, jamaah akan melakukan PCR (entry test). 

Sementara itu, pelaksaan karantina dilakukan di asrama haji selama 5×24 jam. Asrama haji akan menyediakan akomodasi, konsumsi, dan transportasi bagi jamaah umrah ketika kepulangan. 

Di hari ke-4, jemaah wajib melakukan PCR (exit test) dan, jika hasilnya negatif maka jemaah dapat pulang kembali ke rumah masing-masing.

Baca juga: Cara Menabung Haji dan Umroh, Insya Allah Berangkat

Tips Melakukan Perjalanan Umroh

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui estimasi biaya umroh 2022 yang harus dikeluarkan. Sekarang, saat mengetahui beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum berangkat ke Tanah Suci, yakni sebagai berikut.

  1. Pelajari Tata Cara Ibadah Umroh yang Benar

Supaya ibadah yang kamu laksanakan berlangsung khusyuk dan lancar, kamu harus terlebih dahulu mempelajari tata cara beribadah yang benar.

Cara belajar ini juga bisa kamu pilih sendiri, bisa dengan bertanya pada agen travel, membeli buku referensi, atau mengobrol dengan anggota keluarga yang sudah melaksanakan ibadah umroh.

  1. Cari Tahu Perlengkapan Umroh yang Harus Dibawa

Seperti perjalanan lainnya, kamu juga harus mempersiapkan segala perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan ibadah umroh.

Perlengkapan itu bisa berupa pakaian, pakaian ihram, alas kaki yang nyaman dan kuat, buku doa, gadget serta pengisi dayanya, masker, kacamata, serta obat-obatan.

Di samping itu, batasi juga barang yang kamu bawa jika sepulang dari umroh kamu ingin membawa banyak oleh-oleh.

  1. Siapkan Pakaian yang Diperlukan untuk Umroh

Kemudian, kamu juga perlu membawa pakaian lain selain kain ihrom saat akan melaksanakan ibadah umroh. Kamu disarankan membawa baju muslim untuk laki-laki serta gamis dan mukena atasan bagi perempuan.

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk membawa baju hangat jika kamu kebetulan melaksanakan umroh di musim dingin. Jika kamu menjalankan ibadah umroh saat musim dingin maka siapkan pula baju tipis tertutup.

Demikianlah ulasan tentang biaya umroh 2022 yang penting diketahui. Segera yuk wujudkan impian ke Tanah Suci!

Baca juga: Cara Menaikkan Haji Orang Tua dengan Gaji Rp3 Juta

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Penarikan Uang di Indodax, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com - Setelah meraih untung dalam trading kripto, cara penarikan uang di Indodax tentunya sangat penting untuk diketahui.  Ini tentunya akan bermanfaat untuk menarik...

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...
LANGUAGE