31.5 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Insya Allah Berkah, Segini Biaya Haji Plus hingga Daftar Travel ONH Plus Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Biaya haji plus masih menjadi incaran banyak orang di tanah air kendati ongkosnya lebih mahal ketimbang haji reguler. Seperti diketahui, pada tahun ini Indonesia berencana untuk kembali mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci.

Sebagai informasi, ongkos haji plus ini memang mahal lantaran fasilitasnya yang beragam dalam membantu masyarakat yang ingin ke Tanah Suci tanpa perlu menunggu lama. Pasalnya, antrian haji ONH plus memang lebih cepat ketimbang haji reguler.

Penting diingat bahwa haji plus diselenggarakan pihak swasta seperti travel agent yang biasa disebut Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), sedangkan haji reguler diselenggarakan oleh pemerintah.

Di samping itu, tidak perlu panik juga sebab penyelenggaraan haji plus alias ONH Plus ini tetap dalam pengawasan Kementerian Agama. Lebih jauh, dengan layanan haji plus, calon jemaah haji tidak perlu menunggu lama hingga 15 tahun.

Di samping biayanya yang lebih mahal, dengan haji plus, waktu berada di Tanah Suci pun menjadi lebih singkat, tepatnya sekitar 25—27 hari. Sebagai informasi, untuk haji reguler dilaksanakan di Tanah Suci sekitar 40 hari.

Baca juga: Biaya Haji Tahun Ini Disepakati Naik, Segini Besarannya

Biaya Haji Plus

Adapun kelebihan haji plus dibandingkan dengan haji reguler adalah sebagai berikut:

  • Jadwal keberangkatan lebih cepat
  • Lokasi penginapan ONH Plus umumnya aka lebih dekat, sedangkan Haji Reguler biasanya berlokasi 3—5 km dari Masjidil Haram
  • Fasilitas hotel ONH Plus lebih banyak
  • Kebutuhan akomodasi dan konsumsi jamaah Haji ONH Plus ditanggung pihak penyelenggara, sedangkan konsumsi jemaah Haji Reguler menjadi tanggungan pribadi
  • Jemaah mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif dan eksklusif

Baca juga: Apa Boleh Ngutang untuk Ibadah Haji?

Biaya Haji Plus

Biaya Haji Reguler vs Biaya Haji Plus 2022 Langsung Berangkat

Adapun tarif biaya ONH plus dan reguler juga dipengaruhi oleh lokasi asal atau daerah keberangkatan. Hal itu dipengaruhi oleh biaya embarkasi atau biaya keberangkatan menggunakan pesawat.

Pada haji reguler, menurut daerah yang paling dekat dengan Tanah Suci, Aceh diketahui punya tarif terendah ketimbang daerah lainnya, yakni Rp31.454.602, sedangkan tarif termahal adalah Makassar, yang mencapai Rp38.352.602.

Sementara itu, untuk biaya ONH 2022 Plus sendiri dipengaruhi oleh fasilitas hotel, jarak, dan jumlah orang dalam kamar yang ditawarkan oleh travel agent terkait. Untuk besarannya adalah di kisaran $11.000—$22.000 (sekitar Rp155,8  juta—Rp311,7 juta).

Perlu digarisbawahi, biaya yang besar itu telah mencakup termasuk tiket PP, visa haji, biaya suntik meningitis, manasik haji, transportasi selama di tanah suci, penggunaan tour guide, air zamzam 5 liter, asuransi perjalanan, dan biaya makan. Akan tetapi, pada umumnya biaya itu tidak termasuk pembuatan paspor, medical check up, kelebihan bagasi, dan biaya pribadi lainnya.

Biaya Haji Plus: Prosedur Pendaftarannya

Berikut ini persyaratan haji ONH Plus atau haji khusus, yakni:

  • Beragama Islam
  • Memiliki kemampuan finansial untuk membayar setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang ditetapkan Menteri
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • KTP yang masih berlaku
  • Kartu keluarga
  • Akta kelahiran atau kutipan akta nikah
  • Surat keterangan dari Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau biro perjalanan  pilihan calon jemaah
  • Pas foto berwarna dengan latar putih tampak wajah minimal 80 persen

Selanjutnya, inilah tata cara pendaftaran haji ONH Plus:

  • Calon jemaah memilih agen perjalanan yang telah mendapatkan izin dari Kemenag RI. Pastikan izin itu masih berlaku
  • Calon jemaah haji menyetor tabungan Haji Plus minimal sebesar $5.000 atau sekitar Rp70 juta untuk memperoleh nomor porsi ONH Plus. Pihak agen perjalananlah yang biasanya akan mengambil nomor porsi ONH Plus
  • Setelah mendapatkan nomor porsi ONH Plus, calon jemaah menyerahkan berkas persyaratan kepada agen perjalanan
  • Selanjutnya, calon jemaah tinggal menunggu jadwal keberangkatan sekaligus mengikuti serangkaian manasik haji yang diselenggarakan oleh pihak agen perjalanan

Adapun bagi calon jemaah yang sudah memperoleh nomor porsi, selanjutnya bisa melihat jadwal keberangkatan secara online di situs resminya. Caranya, yakni dengan memasukkan nomor porsi pada kolom yang tersedia di situs itu untuk melihat estimasi tahun keberangkatan.

Nah, usai jadwalnya diketahui, calon jemaah dalam melakukan berbagai persiapan meliputi pelunasan BPIH, persiapan pemantapan ilmu tentang manasik haji, dan persiapan menjaga daya tahan tubuh.

Kalau waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler berkisar antara enam sampai dengan belasan tahun, calon jemaah ONH Plus hanya perlu menunggu sekitar 1—3 tahun atau bahkan lebih lekas.

Di samping biaya ONH Plus yang diperlukan di atas, calon jemaah pun pada umumnya perlu menyediakan biaya syukuran sebelum berangkat maupun setelah pulang serta biaya oleh-oleh dari Tanah Suci untuk kerabat.

Baca juga: Cara Menabung Haji dan Umroh, Insya Allah Berangkat

Biaya Haji Plus

Pilihan Haji Plus Terbaik

Di bawah ini adalah deretan travel untuk ONH Plus terbaik dan terpercaya yang direkomendasikan untuk Anda.

  1. Rabbani Tour

Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Rabbani Tour memang sudah lumayan punya nama dan mengantongi izin resmi penyelenggaraan umroh dan haji dari Kementerian Agama.

Travel agent yang satu ini pun pernah menerima penghargaan tingkat nasional dan ASEAN sebagai salah satu agen travel umroh dan haji terbaik. Untuk paket ONH Plus, Rabbani Tour memiliki paket Haji Plus Furoda Arbain dan Haji Plus Furoda Non Arbain.

Biaya ONH Plus Furoda Arbain dipatok mulai dari $16.000 (Rp226,5 juta) dan untuk ONH Plus Non Arbain biaya mulai dari $15.500 atau Rp229,4 juta.

  1. Maktour

Selanjutnya, ada travel agent Maktour, yang memang telah memiliki tiga kantor besar di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Maktour pun dikenal dengan fasilitasnya yang nyaman dan serba mewah.  Untuk biaya ONH Plus, Maktour membanderol harga sekitar $28.600—$29.500 (sekitar Rp404 juta—Rp417,6 juta).

Untuk diketahui, biaya itu telah mencakup akomodasi, makan selama tiga kali sehari, perjalanan Makkah—Madinah, dan perlengkapan haji lainnya.

  1. Permata Azzumar Wisata

Travel agent ini menawarkan biaya sebesar $13.000 (sekitar Rp184 juta) untuk paket ONH Plus-nya. Di Permata Azzumar Wisata, untuk paket haji selama 28 hari itu telah termasuk biaya pesawat Etihad atau Saudia, hotel, visa haji, makan 3 kali sehari, tour guide yang dibimbing oleh ustaz, dan perlengkapan haji lainnya.

Bahkan, jarak hotel jamaah dengan masjid Nabawi dan Masjidil Haram diketahui hanya berkisar 100 meter.

  1. Khazanah Tour

Biaya Haji Plus di Khazanah Tour mulai dari  $11.000—US$16.900 (Rp155,7 juta—Rp239,2 juta). Fasilitasnya pun tidak kalah nyaman dan mewah.

Biaya tersebut juga telah termasuk pesawat, hotel bintang 5, makan 3 kali sehari, hingga perlengkapan haji.

  1. ESQ Tour

Didirikan oleh Ary Ginanjar, travel agent yang satu ini menyediakan paket ONH Plus mulai dari $11.000—US$22.000 (sekitar Rp155, 7 juta—Rp311,7 juta).

Fasilitasnya pun hampir mirip dengan travel agent yang lain, tetapi ESQ Tour memberikan paket training ESQ 4 tingkat dan program kurikulum ESQ Quantum Haji.

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Lanjutkan Penguatan Harga

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan aset kripto yang masih menguat dan menunjukkan pergerakan yang cukup signifikan.  Belakangan ini, harga Bitcoin...

Menkeu Pusing Kuota Anggaran BBM Subsidi Makin Bengkak

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) mengkhawatirkan anggaran untuk subsidi energi akan membengkak lantaran harga BBM dan volume penggunaan BBM subsidi merangkak naik. Jika mengacu...
LANGUAGE