30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Belajar Analisa Teknikal Bitcoin, Ini Elemen Pentingnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu cara agar meraih untung dalam investasi aset kripto. Saat ini, siklus empat tahunan yang menyebabkan bitcoin anjlok hingga Rp 300-an juta sedang terjadi. 

Analisa teknikal adalah metode analisis yang menggunakan indikator matematis untuk memprediksi tren masa depan suatu aset. Hal ini berdasarkan pergerakan harga sebelumnya. Prinsip dasar analisa teknikal bitcoin adalah dengan mengidentifikasi tren dan pola pergerakan sebuah aset.

Analisa teknikal ini adalah cara melihat prediksi pergerakan harga ke depan dengan melihat tren yang sudah terjadi, melalui skema candle atau chart. 

Cara sederhana adalah pola support, dimana harga kripto dari bawah yang terpantau akan mengalami naik. Atau pola sebaliknya, yaitu resisten, dimana harga akan turun dari puncak. 

Untuk lebih jelasnya lagi, investor atau trader pemula bisa mempelajari tips analisa teknikal Bitcoin dan kripto lainnya di internet. Termasuk belajar dari website Indodax.academy dan media sosial resmi Indodax yang memberikan banyak tips dan penjelasan tentang analisis teknikal. 

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Sri Mulyani Terima Pajak Rp48 M, Awalnya Ogah

Di dunia perdagangan aset keuangan Bitcoin, umumnya investor dan trader melakukan analisis untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Salah satu cara yang umumnya digunakan untuk mendapatkan harga yang terbaik saat ingin membeli dan menjual adalah analisa teknikal.

Analisa Teknikal Bitcoin

Apa itu Analisa Teknikal Bitcoin

Analisa teknikal Bitcoin merupakan sebuah cara analisis di dunia keuangan untuk memprediksi pergerakan harga suatu aset kripto. 

Prediksi tersebut dilakukan dengan melihat pergerakan harga dan volume transaksi aset bitcoin tersebut dalam beberapa waktu sebelumnya. Cara ini melibatkan proses matematika dan statistik yang disajikan dalam grafik untuk mempermudah trader atau investor menemukan harga terbaik saat membeli dan menjual aset. 

Baca jugaBiar Makin Cuan, Simak Indikator Analisa Teknikal Ini

Umumnya analisis teknikal Bitcoin dilakukan dengan melihat price action atau pergerakan harga yang menggunakan tiga langkah untuk analisis teknikal.

Berikut ini ulasan mengenai elemen penting dalam analisa teknikal. Pahami ya. 

Elemen Penting dari Analisa Teknikal Bitcoin

Berikut ini elemen penting dalam analisa teknikal Bitcoin. Di antaranya:

1. Membaca grafik harga candlestick

Grafik harga candlestick merupakan salah satu grafik yang paling sering digunakan oleh investor dan trader karena ia memberikan banyak detil informasi tentang harga aset tersebut. 

Baca juga: Prinsip Dasar Analisa Teknikal Bitcoin, Pahami Ini Biar Cuan!

Langkah pertama, kamu bisa mengubah waktu setiap grafik harga mulai dari candle menit hingga mingguan. Kamu dapat menyesuaikan waktu dalam grafik harga untuk melihat trend jangka panjang ataupun jangka pendek. Terdapat beberapa elemen penting yang perlu anda mengerti dalam grafik harga candlestick. 

2. Memahami perbedaan antara candlestick hijau dan merah

– Harga Open dan close: Harga pembuka dan penutup dalam grafik candlestick direpresentasikan dengan ‘badan’ berupa bar tebal di dalam setiap candle yang ada tersebut. 

– Harga tinggi dan rendah: Harga paling tinggi dan paling rendah dari setiap candle direpresentasikan oleh garis tipis yang biasa dinamai sebagai wick.

– Candle merah: Penurunan harga ditandai oleh candlestick yang memiliki merah. Dalam candle ini, harga penutup berada di bawah bar sementara badan candle paling atas merepresentasikan harga pembukaan.

– Candle hijau: Kenaikan harga ditandai oleh candlestick dengan warna hijau. Dalam hal ini, harga penutup berada di bar bagian atas dan sementara badan candle paling bawah menandakan harga pembuka.

Perlu diingat bahwa analisa teknikal bitcoin tetap tidak memberi jaminan bahwa 100 persen prediksi akan selalu benar. Sehingga analisis teknikal perlu disandingkan dengan manajemen risiko agar dapat bertahan lama di pasar kripto atau pasar keuangan lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai analisa teknikal Bitcoin tersebut. Langkah ini penting untuk diketahui agar Anda bisa meraih cuan dalam trading Kripto. 

Baca jugaInvestasi Aset Masa Depan, 5 Koin Metaverse Indodax Ini Cocok Dipilih

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE