Apa itu Kredit Tanpa Agunan? Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

0
368
KTA DBS Telkomsel
Ilustrasi

Ketika kamu membutuhkan dana mendesak, maka pinjaman kredit tanpa agunan  (KTA) di bank bisa jadi opsi atau alternatif yang bisa kamu pilih.

Salah satu produk dari bank ini bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal juga, seperti pengembangan bisnis, modal usaha, atau kebutuhan lainnya.

Defenisi Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA atau kredit tanpa agunan adalah produk pinjaman tanpa agunan atau jaminan dari bank. Artinya, lewat kredit pinjaman dari bank ini, kamu tidak perlu lagi memberikan agunan atau pinjaman lagi kepada bank.

Berbeda dengan produk kredit lain yang mewajibkan peminjam atau nasabah untuk menyerahkan agunan utang berupa surat-surat berharga, perhiasan, BPKB kendaraan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Terjerat Utang Pinjaman Online? Lakukan Langkah-langkah Ini

Baca Juga : Ini Cara Membedakan Fintech Legal dan Ilegal

Hebatnya, proses pencairan KTA juga lebih mudah dari produk kredit lainnya. Nah, jika kamu ingin menggunakan KTA, maka yang perlu kamu lakukan hanyalah mengunjungi bank terdekat yang mempunyai produk ini, seperti BCA, Mandiri, BRI, dan BNI.

Kelebihan dan Kekurangan KTA

Tapi sebelum kamu mencoba pinjaman KTA, ada baiknya untuk lebih tahu dulu apa saja kelebihan dan kekurangan KTA. Berikut ini DuniaFintech jelaskan kelebihan dan kekurangan KTA.

1. Kelebihan KTA

Kelebihan pertama, sudah jelas bahwa KTA tidak memerlukan agunan atau jaminan. Selain itu, proses pencairan KTA juga terbilang singkat dan sederhana. Karena itu, produk kredit ini cocok bagi kamu yang sedang membutuhkan dana mendesak.

Keunggulan KTA selanjutnya adalah biaya administrasi lebih ringan dan tenor pinjaman yang ditawarkan juga lebih lama. Terakhir, hal paling menyenangkan, adalah sudah banyak bank yang memiliki produk ini sehingga kamu tidak akan kesulitan mencari-cari bank yang menyediakannya.

2. Kekurangan KTA

Jika di atas kita membahas kelebihan KTA, kini kita akan membahas segi kekurangannya. KTA juga memiliki kekurangan-kekurangan seperti pinjaman yang akan diberikan tergantung pada profesi dan penghasilan kamu. Artinya, tidak semua orang memiliki kesempatan diterima pengajuannya.

Program KTA juga memiliki bunga yang relatif tinggi. Nah, maka dari itu, sebelum benar-benar ingin mengajukan kredit ini, ada baiknya pertimbangkan dulu tujuan kamu dalam meminjam. Kemudian, nasabah atau peminjam juga harus menjadi pemegang kartu kredit suatu bank. Terakhir, limit dari kredit ini cenderung kecil dari kredit lainnya.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here