Apa Itu NFT? Cara Baru Seniman dan Developer Dapat Uang Kripto

0
1071
Token Taxonomy picture

Apa kamu sudah mendengar istilah NFT kepanjangan dari Non-Fungible Token? Itu adalah platform baru dari ekosistem blockchain. 

Tahukah kamu, Jack Dorsey penemu Twitter menjual postingan pertama twitter di sepanjang sejarah dengan cara NFT. Postingan tersebut dibeli dengan Ethereum senilai USD2,9 juta. 

Kemudian, banyak para seniman seperti musisi Eminem yang menjual karyanya dengan NFT. Banyak pembeli kemudian yang membelinya dengan membayarnya menggunakan kripto Ethereum. 

Baca Juga : Prediksi Bitcoin Sepekan: Setelah Koreksi, Bitcoin ke Level Tertinggi

Baca Juga : Kenali Apa Itu ICO dan Cara Menghindari Kerugian

Bagaimana ini bisa terjadi? Apa itu NFT? Mari kita bahas : 

Penjelasan NFT

Non-Fungible Token atau biasa disingkat NFT adalah suatu sistem pelelangan terbuka di jaringan blockchain yang dibuat oleh suatu platform. Pembayaran tersebut akan tercatat sesuai dengan mekanismenya. 

Barang yang dilelang adalah sebuah karya baik itu karya penemuan tentang teknologi dan karya seni di mana penjual atau penciptanya menjual sebuah karya yang bukan merupakan karya asli, tetapi mendapatkan keabsahan dari sang pencipta. 

Misalnya, sebuah karya seni musik, film, animasi dan lain-lain. Ada juga sebuah penemuan teknologi seperti apa yang dilakukan oleh Jack Dorsey menjual Twit pertamanya, beberapa pekan lalu. 

Biasanya barang lelangan dibayar dengan Ethereum, atau kripto lain. Pembeli akan tercatat menjadi pemilik secara sah dengan sistem blockchain. 

Bedanya dengan lelang biasa, lelang ini terbentuk di atas jaringan blockchain dan terjadi secara terbuka, lebih efisien dan aman. Sesuai dengan prinsip dasar blockchain. 

Kegunaan dan Manfaatnya

Apa saja kegunaan NFT, mari kita bahas:

Jual Karya Lebih Mudah dan Efisien

Kamu bisa saja menjual karya seni, seperti lagu, film, animasi, fotografi di sebuah platform NFT. Kamu akan mendapatkan bayaran berupa kripto seperti Ethereum sebagai bayarannya. 

Inilah salah satu kegunaan dari NFT yang bisa kamu manfaatkan. Bagi kamu pencipta yang sulit menjual karyamu, kamu bisa melakukannya secara efisien. Tanpa bertemu dengan orang-orang, kamu bisa menjualnya.  

Jadi Penyelamat di Masa Pandemi

Kegunaan lain, NFT tentunya membantu para pekerja seni dan developer untuk menjual karyanya dengan efisien dan lebih aman di masa pandemi ini. Khususnya para seniman profesional.

Seperti yang kita ketahui, banyak pelaku seni yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan saat pandemi. Karena tidak boleh berkumpul dan melemahnya perekonomian. 

Dengan adanya sistem tersebut, para seniman tentu memiliki harapan lagi untuk mendapatkan penghasilan. Seniman profesional bisa menjual di platform NFT dan mendapatkan bayaran. 

Terjual dengan Harga Fantastis

Jack Dorsey menjual cuitan pertama di Twitter dengan harga USD2,9 juta dollar. Sebuah harga yang sangat fantastis. 

Tentu saja, kamu yang hanya memiliki hobi sebagai pencipta lagu, musik, film, animasi, fotografi dan lainnya bisa menjual dan mendapatkan keuntungan fantastis. 

Karena tidak hanya terbatas dari Indonesia saja, market NFT lebih luas dan tanpa batas. Sehingga, harga yang kamu dapatkan bisa fantastis. 

Jangan heran nanti kamu mendengar kabar ada orang yang mendapatkan banyak Ethereum hanya dari animasi yang recehan. 

Kesimpulan

Nah, itulah platform NDT yang bisa kamu manfaatkan serta tujuannya. Kamu tinggal mencari platform NFT terpercaya di google. Kemudian daftar menjadi member dan sediakan wallet Ethereum atau kripto lain. 

Kamu hanya perlu mengikuti instruksi pendaftaran dan registrasinya. Selamat mencoba. 

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here