26 C
Jakarta
Kamis, 8 Desember, 2022

Apa Itu Shopee Affiliate? Inilah Syarat dan Cara Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu Shopee Affiliate? Pada dasarnya, ini adalah salah satu strategi pemasaran produk di platform Shopee.

Program ini pun sebetulnya hampir mirip dengan TikTok affiliate program, tetapi tentunya dengan syarat, ketentuan hingga keuntungannya yang berbeda.

Berikut ini penjelasan selengkapnya, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Cara Beli Barang Grosir di Shopee: Manual hingga Pakai Filter

Mengenal Apa Itu Shopee Affiliate Program

Shopee affiliate program merupakan program pemasaran produk-produk di Shopee lewat berbagai platform media sosial, mulai dari Facebook, Youtube, Instagram, hingga TikTok.

Metode affiliate ini sebenarnya juga sudah jamak digunakan dalam dunia pemasaran dengan sebutan affiliate marketing. Oleh sebab itu, istilah ini pun muncul sebagai salah satu program pemasaran di beberapa marketplace.

Program dari Shopee ini bisa dapat diikuti oleh penjual (seller) dan juga non-penjual di Shopee. Kalau sebelumnya ada ketentuan minimum jumlah followers maka saat ini Shopee tidak mengharuskan adanya minimal followers.

Adapun kini, siapa saja yang menjadi content creator di sosial media dan memenuhi persyaratan minimumnya, ia akan berkesempatan untuk ikut program affiliate ini.

Apa itu Shopee Affiliate

Shopee Affiliate Program untuk Non-Penjual

Perlu diketahui, bagi non-penjual atau non-seller Shopee, programnya bernama Shopee KOL Affiliate Program. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Cara Kerja Shopee Affiliate Program

Cara kerjanya, yaitu dengan menyebarkan custom link produk yang ingin dipromosikan melalui sosial media yang kamu gunakan. Lantas, kalau pembeli membeli produk lewat link yang kamu bagikan dalam kurang dari 7 hari maka kamu akan mendapat komisi.

Adapun komisi sebesar Rp10.000 hingga Rp1.000.000 akan dibayarkan via ShopeePay. Sementara itu, kalau komisinya lebih dari Rp1.000.000 maka akan dikirimkan melalui transfer bank.

Sebagai informasi, komisinya akan dibayarkan setiap dua pekan sekali dengan minimal komisi Rp10.000. Kalau masih di bawah angka itu maka bisa dicairkan saat sudah memenuhi jumlah minimal.

2. Cara Daftar Shopee Affiliate Non-Seller

  • Buka situs Shopee Affiliate Program
  • Klik “Masuk” atau “Login”
  • Ikuti alur pendaftaran hingga selesai
  • Tunggu maksimal 3 hari untuk mendapat konfirmasi dari Shopee
  • Selesai! Selanjutnya, kamu bisa langsung mempromosikan produk di Shopee

Terkait lama diterimanya pendaftar ke program ini, yaitu maksimal 3 hari setelah melakukan pendaftaran. Pemberitahuan akan dikirimkan lewat email terdaftar. Kamu pun bisa memberi tahu teman kamu di Shopee program ini secara otomatis dengan cara mengaktifkan Aktivitas Teman Shopee.

3. Syarat Bergabung

  • Memiliki sosial media yang aktif
  • Media sosial bisa diakses secara umum
  • Memiliki konten yang original
  • Memiliki akun Shopee bukan seller

4. Keuntungan Menjadi Shopee Affiliate non-Penjual

  • Mendapatkan komisi Tetap
  • Komisi ekstra dari seller
  • Bonus pesanan pertama
  • Bonus komisi dari Shopee Affiliate Team
  • Tidak ada kontrak yang mengikat

Baca juga: Cara Topup ShopeePay via Blu BCA, Segini Biayanya

Shopee Affiliate Program untuk Penjual

Sebenarnya, program affiliate bagi penjual ini hampir mirip dengan program yang untuk non-penjual. Namun, bedanya ada di syarat bergabung dan keuntungan yang diperoleh. Inilah ulasan selengkapnya.

1. Cara Kerja

Cara kerja program ini bagi penjual sama dengan non-penjual. Adapun caranya adalah kamu copy link produk di Shopee, kemudian promosikan melalui akun sosial media. Saat ada yang mengeklik link itu dan melakukan pembelian barang, kamu akan mendapat komisi affiliate.

Cara jualan ini hampir sama dengan cara jualan di TikTok Shop Live, tetapi di Shopee tidak bisa otomatis muncul di sosial media kalau link-nya tidak disalin.

2. Cara Daftar untuk penjual

  • Buka aplikasi Shopee dan klik “Toko Saya”
  • Klik “Program Shopee”
  • Gulir ke bawah dan klik banner “Program Afiliasi Penjual”
  • Klik “Gabung Sekarang”
  • Pilih “Program Afiliasi Penjual”
  • Isi formnya dan selesai

3. Syarat Bergabung Shopee Affiliate Penjual

  • Memiliki akun toko di Shopee yang aktif
  • Minimal memiliki 1 produk di toko
  • Mencantumkan KTP/NPWP (bila ada).

Sebagai informasi, penting untuk mencantumkan NPWP sebab kamu akan mendapat potongan pajak yang lebih rendah daripada tidak mencantumkannya. Kalau memang tidak/belum punya maka kamu tidak perlu mencantumkan NPWP ya.

4. Keuntungan

  • Komisi hingga 20%
  • Mendapatkan gratis saldo iklan Rp50.000
  • Komisi Ekstra

Produk Shopee yang Bisa Affiliate

Untuk dipahami juga, ketentuan produk yang bisa dipasarkan di Shopee affiliate adalah produk dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, dan produknya Star+ serta Star Seller.

Di samping itu, produk berupa rokok, vape, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk palsu tidak bisa dipasarkan di program ini karena dilarang.

Sekian ulasan tentang apa itu Shopee Affiliate yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Jualan di Shopee Mall, Inilah Syarat dan Ketentuannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE